13th: Overthinking

66 10 0
                                    

Selamat, kau mendapat hobi baru

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Selamat, kau mendapat hobi baru. Meski mungkin, hobi satu ini hadir tidak untuk kau sukai. Karena kegiatan ini akan membuatmu kelelahan, meski kau hanya tiduran di atas tempat tidur sembari memandangi bekas air bocor di langit-langit rumah. Kegiatan ini juga akan mengajakmu ke masa depan, bahkan jauuuuhh... ke masa depan, juga ke masa lalu, bahkan jauuuuuh... ke masa lalu.

Dia juga akan mengajakmu melewati berbagai skenario dan pengandaian, buntu di satu, coba di jalan yang lain, tak menemukan jawaban di jalan yang satu, ya coba pengandaian yang lain. Hingga kadang, kau menjadi sedih tanpa sebab, kau menjadi khawatir tanpa sebab, kau menjadi kecewa tanpa sebab, padahal sedari tadi kau hanya diam. Tidur. Sembari menatap bekas air bocor di langit-langit rumah.

Berpikir adalah kegiatan yang tentu akan kita lakukan, dengan sadar atau tidak, untuk bisa menjalani hidup setiap hari. Karena semalas-malasnya, memilih untuk bermalas-malasan tetap adalah sebuah hasil dari proses berpikir menimbang berbagai pilihan. Tapi sayangnya, berpikir berlebihan tentu tidak baik bagi diri sendiri. Meski nyatanya, dunia orang dewasa yang semakin rumit membuat kita tanpa sadar seringkali terjebak dalam overthinking.

Padahal,pikiran kita juga punya banyak bias dan sesat pikir, yang bisa saja terjadijustru ketika kita tengah berpikir keras. Hingga membuat kita akhirnya sadar, jika selainmenaklukan dunia luar, rupanya kita perlu senjata baru untuk bisa menaklukanpikiran kita sendiri.

25 Things on 25 Years Old (Completed)Where stories live. Discover now