KEBAHAGIAAN HIDUP MANUSIA

9 0 0
                                    

**

_oleh : Rendy Saputra_

*Subscribe* >> http://bit.ly/gabungkrbn

**********

Mungkin ini Studi terpanjang tentang kehidupan manusia. Harvard University memulai program penelitian tentang "kebahagiaan hidup manusia". Mereka memulainya di tahun 1938 dan melakukan riset atas 724 pria. 60 orang masih hidup hingga saat ini dengan usia 90 tahunan.

Dari tahun ke tahun, tim peneliti terus melakukan monitoring pada pertumbuhan kehidupan mereka. Bagaimana keluarganya, tingkat ekonominya, kesehatan hingga hal mendetail dalam hidupnya.

Robert Waldinger yang merupakan direktur ke-4 dari proyek penelitian ini kemudian menemukan sebuah simpulan sederhana : bahwa manusia yang memiki hubungan yang baik antar sesama manusia, memiliki kesehatan dan pencapaian kehidupan yang lebih baik daripada yang tidak.

Seseorang yang merasa berbahagia dengan pernikahannya, ternyata hidup lebih panjang dan sehat ketimbang yang menyesali hubungannya.

Seseorang yang memiliki hubungan sosial dengan komunitasnya, ternyata memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi daripada yang menyendiri dan anti-sosial.

Relationship, menjadi salah satu kunci dalam kualitas hidup manusia. Saya menyarankan sahabat sekalian menonton Ted-Ex Robert Waldinger, dengan topik : "What makes a good life? Lessons from the longest study on happiness."

*****

Terkait bisnis, nampaknya kita harus memikirkan ini lebih mendalam, bahwa kita harus menghadirkan kerja bisnis yang meningkatkan kualitas hubungan kita antar sesama manusia, bukan malah sebaliknya.

Para sahabat yang aktif bersosialisasi di komunitas, mereka lebih memiliki ketahanan mental dalam menghadapi hal-hal yang sekiranya kurang nyaman untuk mereka hadapi. Mungkin ini terkait dengan apa yang diutarakan oleh Mr Robert.

*****

Hubungan pertemanan, pernikahan, persahabatan, kemitraan, sungguh amat teramat mahal harganya. 1000 jejaring pertemanan tidaklah cukup, 1 kali putusnya persahabatan sudah lebih jauh dari cukup.

Semoga dapat dimaknai....

*KR Business Notes*
_Rabu, 17 April 2019_

**********

_Silakan forward tulisan ini ke linimasa Anda, atau sahabat terkasih Anda._

_Bagi yang ingin berlangganan tulisan bisnis Kang Rendy, silakan klik ---> http://bit.ly/gabungkrbn , terima kasih_

Dapatkan video terbatas materi Kang Rendy dengan topik *_"Sustain dalam Bisnis"_* berdurasi 40 menit dengan klik bit.ly/SustainingBusiness

Business NotesWo Geschichten leben. Entdecke jetzt