🌼 Alimenti 🌼

48 20 26
                                    

Awal mula kuliner Italia berasal dari pengaruh kuliner Yunani Kuno, Timur Tengah dan Romawi. Bangsa Romawi yang selalu menikmati masakan lezat dan berkualitas banyak mengambil masakan-masakan dari Negara jajahannya. Penggunaan rempah-rempah dalam masakannya. Pada tahun 1533 Catherine de Medicci menikahi bangsawan Prancis, ia mempekerjakan koki Itali di istani prancis dan pempekenalkan resep pembuatan makanan dan kue-kue. Pengaruh Itali menandai dimulainya Haute Cuisine (masakan haute) di Prancis.

Makanan Italia (Cucina Italiana) adalah sejenis kuliner yang berkembang di Italia. Variasi masakan Italia beragam berdasarkan daerah masing-masing, yang membentang mulai dari bagian pegunungan Alpen sampai kawasan Mediterania yang beriklim subtropis. Bagi banyak orang di seluruh dunia, masakan Italia yang umum dikenal adalah Pizza, Spaghetti, Ravioli, Lasagna, Parmigiano-Reggiano dan Minestrone.

Sarapan pagi di Itali sangat sederhana, kopi susu panas dengan roti yang diolesi selai atau cukup dengan segelas kopi untuk sarapan pagi. Sedangkan makan siang merupakan waktu makan yang utama biasanya dimulai dengan Antipasto (appetizer) atau makanan pembuka yang bisa dimakan adalah ikan tuna, jamur yang diasinkan, pimiento, zaitun hitam, dan lobak. Makanan utama biasa yang dihidangkan ikan atau daging. Sedangkan pada saat makan malam biasa disajikan kue-kue manis atau keju dengan buah-buahan dan minuman caffe espresso. Setelah larut malam orang Italia biasanya menikmati aktivitas makan larut makan, dengan memakan menu yang ringan seperti sup, kombinasi nasi sayur-sayuran, omelet. Sajian sampingan lainnya bisa keju dan buah-buahan.

🍄 Masakan daerah

Masakan Italia sangat bervariasi berdasarkan daerah di mana setiap kota dan desa mempunyai teknik masak dan resep yang berbeda-beda.

Negara Italia selama ratusan tahun lamanya terdiri dari negeri-negeri kecil yang berdiri sendiri sehingga mereka hanya menikmati masakan khas daerah masing-masing. Pada tahun 1867 Itali disatukan, setiap daerah mulai mengenal masakan khas daerah lain, tetapi ciri khasnya masih dipertahankan.

🍄 Italia Utara

Italia utara banyak menggunakan mentega dibandingkan minyak, pasta juga jarang dimakan karena kawasan ini lebih suka mengonsumsi polenta, risotto, dan berbagai macam sup hangat yang biasa dimakan dimusim dingin.

Masakan yang popular di Italia utara adalah :

Risotto, nasi berbumbu saffon dari Milan 

Fegatto alla Veneziana, masakan hati dengan bumbu bawang putih dari Venezia

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Fegatto alla Veneziana, masakan hati dengan bumbu bawang putih dari Venezia

Fegatto alla Veneziana, masakan hati dengan bumbu bawang putih dari Venezia

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
Aqua VirgoTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang