2. Dewandaru, Tanaman Legendaris

92 13 22
                                    

Adakah yang pernah memakan buah mungil ini?

Deze afbeelding leeft onze inhoudsrichtlijnen niet na. Verwijder de afbeelding of upload een andere om verder te gaan met publiceren.

Adakah yang pernah memakan buah mungil ini?

Sepintas buah ini mirip seperti buah ceremai. Hanya saja, warnanya akan berubah saat mendekati masa siap petik. Mulai dari hijau, kuning, oranye, hingga merah kehitaman saat matang. Mempunyai rasa asam hingga manis tergantung pada tingkat kematangan dan kultivarnya. Serta memiliki cita rasa yang khas.

Yup, buah dewandaru.

Buah dewandaru merupakan buah buni berbentuk bulat dengan permukaan berlekuk. Dewandaru merupakan tanaman pohon yang berasal dari keluarga Myrtaceae dan masih berkerabat dekat dengan tanaman jambu air.

Mengapa dikatakan buah legendaris?

Karena tumbuhan ini dulunya hanya menjadi tanaman hias atau berfungsi sebagai tanaman pagar. Sedangkan beberapa tahun belakangan, buah yang sering disebut juga ceremai londo ini dihargai ratusan ribu rupiah. Dan keberadaan buah dewandaru semakin langka.

Dulu, saat saya masih kecil, di halaman rumah dan pinggir-pinggir jalan banyak tumbuh tanaman dewandaru. Namun, sekarang ini hanya ada beberapa saja. Padahal khasiat tanaman dewandaru itu seabrek. Mulai dari buah, daun, hinga batangnya.

Tanaman dewandaru memiliki nama Latin Eugenia uniflora. Berasal dari wilayah pantai timur Amerika Selatan yang beriklim tropis dan tersebar dari Suriname, Guyana Prancis, hingga wilayah selatan Brasil, juga sebagian dari Paraguay, Argentina, Uruguay, dan negara-negara di wilayah Karibia.

Di daerah asal penyebarannya, dewandaru dikenal dengan nama pitanga, suriname cherry, brazilian cherry, cayene cherry, atau cerisier carré. Di negara lainnya dewandaru juga dikenal dengan sebutan lain. Vine (Samoa), pomikanite (Tonga), cerezo de Cayena, nagapiry, pitanga (Spanyol), menemene, venevene (Maori, Cook Islands).

Sedangkan di Indonesia, pohon dewandaru dikenal juga sebagai asem selong, belimbing londo, ceremai londo, atau cereme asam. Penyebarannya mulai dari Jawa, Sumatera, dan pulau kecil di sekitarnya. Tetapi habitat aslinya adalah di Karimunjaya.

Lalu, apa nama pohon dewandaru di daerahmu?

Kalau di daerahku namanya tetap, dewandaru.

Dewandaru adalah pohon yang lebih dikenal karena mitosnya daripada khasiatnya. Ada yang beranggapan bahwa pohon dewandaru merupakan pohon gaib. Bahkan di salah satu daerah, yaitu di Pesarehan Gunung Kawi, pohon dewandaru dikeramatkan. Ada mitos yang dipercayai, jika orang yang berada di bawah pohon dewandaru lalu kejatuhan daun atau buahnya, orang tersebut akan menjadi kaya.

Bahkan mitos ini sampai sekarang masih berkembang bahkan masyhur sampai ke luar negeri.

Ada yang pernah berkunjung ke Gunung Kawi?

Di beberapa tempat, dewandaru diyakini sebagai pohon pembawa wahyu dewa. Oleh karena itu banyak dicari karena mengandung tuah tersendiri. Kata dewandaru berasal dari bahasa Jawa yang berarti membawa pesan dari para dewa.

KonstelasiWaar verhalen tot leven komen. Ontdek het nu