15. Tokoh Idola

18 1 0
                                    


John Evelyn

John Evelyn merupakan warga negara Inggris yang bertugas di komisi dan dewan kerajaan bawah Raja Charles II. Ia seorang pemuda yang gemar berkebun. Merancang taman pertamanya pada usia 22 tahun.

John Evelyn lahir di Wotton, Surrey pada 31 Oktober 1620 dan meninggal di Dover Street, London 27 Februari 1706 dalam usia 85 tahun. John Evelyn adalah seorang penulis Inggris. Ia juga seorang pelayan publik seumur hidup dan seorang tukang kebun yang rajin. Dia juga terkenal sebagai teman keluarga kerajaan dan merupakan orang terpelajar.

John Evelyn hidup selama masa-masa yang menakjubkan. Menyaksikan kebakaran London Besar, Revolusi Inggris dan pemerintahan Oliver Cromwell, Pemulihan, dan pemerintahan Charles II.

Pada tahun 1640, ayahnya meninggal dan John menyebrang ke Belanda

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Pada tahun 1640, ayahnya meninggal dan John menyebrang ke Belanda. Terfatar sebagai sukarelawan dan emudian berkemah di depan Genep, di sungai Waal. Tetapi kehidupan militernya terbatas enam hari kehidupan kamp. Lalu ia kembali dan menemukan Inggris di ambang perang saudara.

Pada tahun 1644, Evelyn mengunjungi reruntuhan Romawi di Frejus, Provence, sebelum melanjutkan perjalanan ke Italia. Ia menghadiri kuliash anatomi di Padua pada 1646 dan mengirim tabel Evelyn kembali ke London. Ia diangagp sebagai preparat anatomi tertua yang masih ada di Eropa. Evelyn kemudian memberikannya ke Royal Society, dan mereka sekarang berada di museum Hunterian.

Pada tahun 1647, Evelyn menikahi Marry Browne, putri Sir Richard Browne, duta besar Inggris di Paris. Pada tahun 1660, dia menjadi anggota kelompok yang mendirikan Roal Society.

Tahun berikutnya, Evelyn menulis Fumifugium (atau The Inconveniencie of the Aer and Smoak of London Dissipated), buku pertama yang ditulis tentang masalah polusi udara yang berkembang di London.

John evelyn dikenal karena pengetahuannya tentang pepohonan. Ia memiliki teman serta korespondes, Philip Dumaresq, yang "mengabdikan sebagian besar waktunya untuk berkebun, berbuah, dan membudidayakan pohon.

Bukunya yang terkenal dan diterjemahkan ke berbagai bahasa adalah Sylva, atau A Discourse of Forest-Trees yang diterbitkan tahun 1664. Buku ini ditulis sebagai dorongan bagi pemilik tanah untuk menanam pohon. Yaitu digunakan untuk menyediakan kayu bagi angkatan laut Inggris yang sedang berkemabng.

Edisi berikutnya terbit pada tahun 1670 dan 1679

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Edisi berikutnya terbit pada tahun 1670 dan 1679. Edisi keempat pada 1706 terbit tepat setelah kematiannya. Dalam buku ini, ditampilkan ukiran Evelyn. Meskipun ukiran itu dibuat lebih dari 50 tahun sebelumnya oleh Robert Nanteuil pada tahun 1651 di Paris. Berbagia edisi lain terbit pada abad ke-18 dan ke-19. Menampilkan potret Evelyn yang tidak akurat yang dibuat oleh Francesco Bartolozzi.

Evelyn adalah seorang penulis yang produktif. Ia menghasilkan buku-buku tentang beragam topik. Seperti teologi, numismatik, politik, hortikultura, arsitektur, dan vegetarianisme. Ia juga membangun hubungan baik dengan orang-orang sezaman di seluruh spektrum kehidupan politik dan budaya Stuart.

John Evelyn adalah seorang bibliofil seumur hidup. setalah kematiannya, ditemukan perpustakaannya yang berisi 3.859 buku dan 822 pamflet. Banyak yang secara seragam terikat dalam cita rasa Perancis dan memiliki motto penjelajahan Omnia; meliora; retinete. Yang artinya "jeajahi segalanya; jaga yang lebih baik".

Berikut beberapa karya-karya John Evelyn:

- Tukang Kebun Prancis: mengintruksikan Cara Menumbuhkan Semua Jenis Pohon Buah dan Herbal Untuk Taman (1658), diterjemahkan dari bahasa Prancis oleh Nicolas de Bonnefons.

- Fimifugium: atau The Inconvenience of The Aer and Smoak of London Dissipated (1661), di mana dia menyarankan agar pohon yang berbau harum harus ditanam di London untuk menjernihkan udara.

- Instruksi Mengenai Pendirian Perpustakaan ... (1661), dari bahasa Prancis Gabriel Naude

- Sylva, atau Wacana tentang Pohon Hutan dan Perbanyakan Kayu dalam Kerajaan Mulia yang dianeksasi Pomona ... Juga Kalendarium Hortense ... (1664); adalah bukunya yang paling terkenal, berisi tentang permohonan untuk reboisasi yang ditujukan kepada pemilik tanah.

- A Parallel of Antient Architecture with the Modern (1664), dari bahasa Prancis Roland Freart, yang ditambahkan Rekening Arsitek dan Arsitektur dari pena Evely sendiri.

- Ide tantang Kesempurnaan Lukisan: Didemonstrasikan Dari Prinsip Seni, dan oleh Contoh (1668), terjemahan dari karya lain oleh Roland Freart.

- Sejarah tiga penipu terkenal, yaitu Padre, Ottomano, Mahomed Bei, dan Sabatei Sevi ... (1669)

- A Philosophical Discourse of Earth ... (1676), sebuah risalah tentang hortikultura, yang lebih dikenal dengan judul Terra; The Compleat Gardener (1693), dari bahasa Prancis J. De la Quintinie.

- Acetaria: A Discourse of Sallets ... (1699), buku pertama yang tercatat tentang salad.

Serta beberapa di antaranya dicetak ulang dalam The Miscellaneous Writings of John Evelyn, diedit (1825) oleh William Upcott.

Banyak makalah lain dan surat dari Evelyn tentang subjek ilmiah dan masalah kepentingan publik disimpan, termasuk kumpulan surat dan makalah pribadi dan resmi (1642-1712) oleh atau dialamatkan kepada, Sir Richard Browne dan menantu lelakinya, sekarang dipegang oleh British Library (Add. MSS. 15857 dan 15858).

Menurut penulis biografinya di Encyclopaedia Britannica Eleventh Edition, di samping karya paling berharga Diary Evelyn adalah Sylva. Evelyn percaya bahwa negara dengan cepat kehabisan kayu oleh industri seperti pabrik kaca dan tungku besi, sementara tidak ada upaya yang dilakukan untuk mengganti kerusakan dengan penanaman.

Dalam "Sylva", Evelyn memohon penghijauan dan menegaskan dalam kata pengantarnya kepada raja bahwa dia telah membujuk pemilik tanah untuk menanam jutaan pohon.



Sumber:

https://www.mongabay.co.id/2016/09/22/ini-lima-tokoh-konservasi-dunia-yang-semestinya-kita-ketahui-siapa-sajakah/amp

https://www.britannica.com/art/English-literature/Locke#ref308370

https://panteek.com/Evelyn/&usg=ALkJrhinEt8O9n0dcmndW-HN_SzRIcjZNw

https://en.m.wikipedia.org/wiki/John_Evelyn&usg=ALkJrhhonSzcal_I0SX3IomFZwj6tljxA

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Nov 30, 2020 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

KonstelasiWhere stories live. Discover now