Mitologi Di Indonesia

51 10 19
                                    

Hai! Kembali lagi di Sekotak Imajinasi. Kali ini aku ingin membahas tentang mitos. Wah? Horor gak nih? Pastinya enggak. Wkwk. Karena diriku ini tidak begitu suka dengan cerita horor. Yuk kita langsung aja cek.

Kalau baca cerita fantasi, kita lebih sering bertemu dengan makhluk-makhluk mitos atau disebut juga mitologi. Kalian pastinya sudah tidak asing dengan peri dalam serial tinkerbell, warewolf dan vampire dalam serial twillight, atau bahkan penyihir seperti Harry Potter. Itu semua adalah sebagian kecil dari mitologi yang paling populer.

Menurut kalian ... Indonesia juga punya gak sih? Karena para penyihir, peri, elf, vampire, itu kan dari luar negeri.

Ya, jawabannya ada. Bahkan banyak banget dan kemungkinan besar pada gak sadar lagi kalau yang aku tulis adalah makhluk mitos dari Indonesia. Eiiits, pasti udah mikir soal hantu-hantu lagi nih. Haha, gak salah kok. Itu juga termasuk, tapi kita bahas yang lain ya.

MITOLOGI DI INDONESIA

1. Ahool

Ahool adalah sesosok kelelawar raksasa namun dia memiliki kepala seperti kera dengan mata dan cakar yang bersar. Seluruh tubuhnya ditutupi bulu berwarna abu-abu, tingginya kira-kira mencapai 1,3 meter dan sayapnya memiliki lebar sampai 3 meter. Konon katanya Ahool menempati hutan tropis di Pulau Jawa.

Ketika Ahool memangsa korbannya, dia akan meluncur dari puncak pohon menuju ke arah mangsa dengan rahang yang terbuka lebar. Ahool biasanya langsung membunuh mangsa mereka.

Menurut artikel, Ahool pertama kali dilihat oleh Dr. Ernest Bartels. Seorang peneliti dan ahli ilmu burung pada tahun 1925 di salah satu lereng gunung salak. Dr. Ernerst tidak sengaja melihat kelelawar raksasa terbang di atas kepalanya. Menurut Dr. Ernest suara Ahool seperti tangisan yang jelas dan seperti mengucapkan "Uhuuul!"

Gimana-gimana? Baru tahukah kalian? Lanjut yuk ke hewan mitologi kedua.

2. Ebu Gogo

Ebu Gogo adalah sekelompok makhluk yang menyerupai manusia. Menurut bahasa yang digunakan oleh suku Nage, Ebu Gogo memiliki arti "Nenek yang memakan apa pun."

Digambarkan oleh penduduk suku Nage di Flores, Ebu Gogo memiliki tinggi 1,5 metr dengan hidung lebar dan datar, wajah lebar dengan mulut besar, dan tubuh dipenuhi bulu. Bahasa yang mereka gunakan cukup unik. Ya, mereka cukup bergumam atau berbisik dan bisa mengulangir perkataan yang dikatakan pada mereka seperti burung kakatua.

Penduduk suku Nage percaya bahwa Ebu Gogo masih hidup saat kedatangan kapal perdagangan milik Portugis pada abad ke-17. Tapi ada juga yang berpendapat jika Ebu Gogo masih hidup sampai abad ke-20. Hayo lho ...

Sebenarnya ada satu kisah dari Suku Nage di Flores Tengah, mereka menuturkan pada abad ke-18 Suku Nage memusnahkan Ebu Gogo dengan cara menipu mereka. Ketika Ebu Gogo menerima hadiah, para penduduk desa melemparkan puntung berapi---semacam potongan kayu yang terbakar.

3. Cindaku

Kalau Cindaku, pasti pernah denger dong nama ini. Bahkan kalian udah gak asing lagi kan?

Cindaku digambarkan sama dengan Warewolf. Mereka merupakan perwujudan dari manusia yang dapat berubah wujud menjadi bentu setengah harimau.

Menurut legenda, cindaku sendiri adalah sebuah kekuatan, seseorang yang memiliki sebuah ilmu magis dan didapatkan dari warisan nenek moyang.

Legenda itu juga menyebutkan jika yang memiliki kemampuan untuk berubah menjadi cindaku hanyalah mereka yang memiliki bakat spiritual dan berdarah murni.

Kisah cindaku sendiri

Gimana-gimana dari tiga hal di atas apa kalian pernah mengenali salah satunya? Mungkin untuk cindaku, kalian bisa mengingat serial TV yang judulnya 7 Manusia Harimau. Mereka menceritakan sedikit soal itu.

Sejujurnya masih banyak banget mitologi di Indonesia. Ada juga soal Garuda, Jatayu dan Sempati. Tiga burung yang juga disebutkan dalam cerita ramayana. Sayangnya aku tidak bisa memberitahu soal itu, mungkin di artikel selanjutnya yaa.

Nah balik lagi soal mitos di Indonesia yang sangat banyak ini, baik aku atau mungkin kalian juga. Masih jarang banget ada cerita fantasi yang mengangkat kearifan lokal. Bukannya mengejek, karena aku pribadi pun masih sering menulis cerita fantasi yang berbau mitologi barat.

Nah buat temen-temen, bisa nih komen di line ini tentang cerita-cerita fantasi yang bernuansa Indonesia. Juga bisa share pendapat kalian tentang artikel ini yaa.

https://www.indozone.id/fakta-dan-mitos/V6sQjx/ahool-makhluk-misterius-berbentuk-kelelawar-raksasa-berkepala-kera/read-all

https://kumparan.com/creeps/makhluk-mitologi-cindaku

Sekotak ImajinasiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang