'Mengubah' Tidak Sama Dengan 'Merubah', Bagaimana bisa?

46 3 0
                                    


Dalam berbicara, kerap kali seseorang sering mengucapkan apa yang didengarnya. Tanpa sadar itu membuatnya terbiasa dan menunangkan sesuai apa yang sering diucapkannya. Padahal, belum tentu apa yang sering diucap adalah makna sebenarnya dari kata tersebut. Lalu bagaimana cara kita untuk mengetahuinya? Periksa Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Sama halnya dengan apa yang akan dibahas kali ini, mengubah tidak sama dengan merubah. Jika digunakan dalam situasi formal, tentu yang digunakan adalah bahasa baku. Lalu mana dari dua kata tersebut yang baku? Jika dilihat dari kata dasarnya, mengubah dan merubah.

Kata dasar dari mengubah adalah ubah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, ubah berarti tukar; ganti. Sementara kata dasar dari merubah adalah rubah, ini dikarenakan tidak ada imbuhan mer- dalam PUEBI. Rubah merupakan kata tidak baku dari ubah, tetapi memiliki arti lain dalam KBBI yaitu binatang jenis anjing, bermoncong panjang, makanannya daging, ikan dan sebagainya.

Sehingga kata berubah memang benar kaidah ejaan bahasa. Berubah diambil dari ber+ubah bukan be+rubah. Namun, masih banyak orang yang menyalah artikan. Karena dari kata berubah inilah, orang lain mengira merubah pun ada.

Jika dibedakan secara arti, mengubah artinya menjadikan lain dari semula, menukar bentuk dan mengatur kembali. Menurut portal bahasa tanjabahasa.com yang dirintis oleh Ivan Lanin, kata merubah dapat dimaknai sebagai menyerupai rubah (hewan). Adapun pola katayang memiliki makna serupa, seperti membeo yang artinya menyerupai burung beo. Tentunya ini menjadi kekeliruan penggunaan Bahasa Indonesia yang selalu dianggap sepele.

Akan tetapi, jika digunakan dalam suasana non-formal, tentunya menggunakan kata merubah pun tidak akan jadi masalah. Selain itu, kata mengubah bisa menggunakan kata mengganti sebagai alternatif dalam kata tersebut. Namun dalam penulisan suatu karya ilmiah, karya sastra dan lainnya tentu perlu diperhatikan lagi dalam penggunaan kata. Untuk mencegah kekeliruan, perlu sekali membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia yang kini dapat diakses dengan daring.

Referensi :

https://www.kompasiana.com/femiardine/5518fa5a81331195729de0f5/mengubah-atau-merubah

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

------------

diajukan untuk memenuhi ujian tengah semester

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Nov 07, 2020 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Sekotak ImajinasiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang