Programmer, Kerjaannya Apa Sih?

4 1 3
                                    


Halo kembali lagi dengan NH. Kali ini aku ingin menulis sebuah riset tentang pekerjaan. Sebagaimana yang kita tahu, di zaman sekarang sudah banyak aplikasi pada ponsel dan komputer dalam membantu meringankan pekerjaan kita. Seperti halnya platform Wattpad tempat aku menuliskan semua riset yang kubutuhkan. Namun, sebelum menjadi aplikasi pasti ada orang-orang yang sudah berjasa. Salah satunya Programmer.

Seorang ahli program biasanya bekerja secara freelance. Karena pekerjaannya yang tidak terikat kontrak tetap, mereka bisa mengerjakan banyak proyek dari berbagai perusahaan Start up hingga perusahaan besar. Gaji yang mereka dapatkan bisa mencapai ratusan juta, tetapi itu memang setimpal dengan apa yang mereka lakukan.

Membuat program itu tidak semudah yang kita bayangkan. Sangat sulit untuk menciptakan sebuah aplikasi. Bahkan seorang ahli program harus bisa mencari letak kesalahan dari program yang dibuatnya sendiri, untuk menghindari kerusakan-kerusakan mendatang. Hal itu juga yang menyebabkan kita harus memperbarui aplikasi. Terkadang mereka meningkatkan fitur tetapi ada juga yang hanya berperan untuk memperbaiki kerusakan saja. Jadi jika kamu masih beranggapan membuat aplikasi/program itu mudah, coba saja kamu gantikan posisi mereka.

Jujur, aku sih kagum sama para ahli program. Dalam dunia perngodingan yang pernah aku rasakan saat sekolah, luar biasa itu susah. Bagaimana tidak? Banyak bahasa asing yang harus dipahami bukan dihapal. Mulai dengan Bahasa C, Pyhon, HTML dan lainnya. Tidak hanya itu banyak juga software yang digunakan dengan fungsi berbeda-beda.

Kembali ke pekerjaan ahli program, selain membuat aplikasi, ada berbagai macam pekerjaan yang bisa mereka lakukan lho.

1. Web Developer

Web Developer atau pengembang website adalah salah satu perkerjaan sampingan yang dapat mereka lakukan. Umumnya pekerjaan ini dibagi menjadi tiga jenis : front-end developer, back-end developer dan full-stack developer. Ketiga pekerjaan ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda.

Front-end Develover biasanya menentukan desain atau tampilan sebuah web dengan menggunakan bahasa pemprograman seperti Java, HTML, CSS. Ahli program biasanya bertugas untuk mengimplementasikan fungsi web agar lebih interaktif.

Back-end Developer lebih bertanggung jawab dengan apa yang terjadi ketika situs mulai bekarja.

Full-stack Developer bertanggung jawab atas kedua bidang di atas.

2. Membuat aplikasi untuk PC

3. Mengembangkan Aplikasi Smartphone

4. Menjadi Tech Support

Posisi techinocal support atau pengembang membuat ahli program harus mengetahui apa=apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen. Memahami program dan jenis masalah apa saja yang akan terjadi pada software. Pekerjaan ini memang sangat dibutuhkan sampai sekarang. Mendapatkan seorang tech support itu tidak mudah.

Dalam pembuat permainan pada PC ataupun ponsel, keberadaan Programme sangat berperan penting. Mereka adalah jantung dari aplikasi tersebut, jika tidak ada mereka ... tidak akan ada permainan yang bisa dimainkan oleh kita. Oh ya aku juga ingin membahas sesuatu nih, hal yang berkaitan juga dengan game.

Di zaman sekarang, cheat sudah tidak lagi asing didengar, kan? Tapi tahu gak sih kenapa game developer membuat sebuah cheat jika tahu itu akan mengganggu keseimbangan permainan?

Mereka sengaja membuat cheat untuk membantu para Programmer bekerja. Mereka memanfaatkan cheat untuk mencari letak kesalahan-kesalahan yang nantinya akan mengganggu jalannya permainan. Jadi sejujurnya cheat ini baik jika memang berada di tangan yang tepat. Namun tetap saja, bagi pengguna yang salah, mereka akan memanfaatkannya agar terlihat hebat.

Ya, sekian dulu riset hari ini. Jadi bagaimana tanggapan kalian kepada seorang Programmer? Adakah yang berminat untuk menjadi salah satu dari mereka?

https://fastwork.id/blog/kerja-programmer/

Sekotak ImajinasiNơi câu chuyện tồn tại. Hãy khám phá bây giờ