Jajanan Lokal di Bandung

5 1 5
                                    

Holaa guys, ketemu lagi sama aku, NH. Kali ini aku akan membahas sedikit tenyang Sukma Aditya. Cerita fantasi yang aku pakai berlatarkan Indonesia, dan aku berniat untuk memperkenalkan lebih lanjut tentang budayanya. Salah satu hal yang akan kita bahas di sini adalah makanan tradisional.

Sebenarnya banyak sekali makanan tradisional di berbagai daerah. Berhubung aku mengambil latar Bandung, maka aku akan fokus pada makanan seputar Bandung. Aku yakin kalian pun sudah mengenal makanan-makanan yang akan aku kenalkan sekarang. Tentunya ini sudah banyak dijual dan bahkan divariasikan. Sekarang mari kita masuk ke pembahasan. XD

1. Combro

Combro adalah sebuah akronim dengan kepanjangan Oncom di jero yang berarti ada oncom di dalamnya. Yup, itu pun memang benar. Combro ini dibuat dengan bahan dasar singkong yang diparut lalu dibentuk menjadi bulat agak pipih. Di bagian dalamnya diberikan olahan oncom, biasanya terasa manis, gurih dan pedas. Lalu digoreng dalam minyak panas sampai kecokelatan.

2. Misro

Kalau tadi combro itu oncom dijero maka misro akronim dari amis dijero. Makanan ini satu keluarga dengan combro, sama-sama terbuat dari singkong. Pembedanya, misro diisi dengan gula merah agar di dalamnya menjadi manis. Buat kalian yang gak suka pedas, bisa loh makan ini. Selain manis, dari singkongnya sendiri akan terasa jadi gurih.

3. Cireng

Kalau makan yang satu ini merupakan singkatan dari aci digoreng. Yup. Ini memang dibuat dengan bahan dasar aci ditambah garam dan sedikit terigu. Sehingga ketika dimakan, rasa cireng ini akan empuk dan kenyal. Beberapa variasi dari cireng pun bermunculan. Mulai dari cireng dengan isi beraneka macam sampai cireng rujam. Sampai yang paling terbaru Ciba alias aci ngambay.

4. Cimol

Cimol sendiri singkatan dari aci digemol atau aci yang dibuat bulat-bulat. Cimol ini biasanya digoreng dalam minyak panah dan ditambahkan bumbu. Biasanya cimol ini tidak memiliki isian sehingga bulatnya memanglah berongga.

5. Cilok (Baso Aci)

Aduh siapa sih yang gak suka Cilok. Aku sendiri sih suka pake banget. Eh, kembali ke topik. Cilok atau aci dicolok ini sahabat jauhnya baso. Biasanya mereka dibentuk bulat dan ditambahkan sesuatu di dalamnya, lalu direbus. Ada yang menggunakan kuah, ada pula yang menggunakan bumbu kacang. Sangat variatif

6. Cilor

Cilor sendiri merupakan singkatan dari cilok dan telor. Cilor biasanya dibuat dengan ditusuk lalu dilumuri telor barulah digoreng. Biasanya makanan ini ada di depan sekolah dengan harga yang sangat murah.

7. Seblak

Jajanan yang satu ini sudah beredar di mana-mana. Banyak orang yang menyukainya. Yup. Seblak. Apa sih itu? Seblak adalah makanan yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan campuran bumbu dapur seperti bawang putih, cabai dan cikur. Sekarang seblak sendiri sudah divariasikan dengan tulang, ayam, telur, atau bahkan seafood. Dan ada pula yang membuat seblak instan.

8. Bandros

Bandros adalah sebuah jajanan yang terbuat dari adonan tepung beras dan parutan kelapa yang biasanya dicetak dalam loyang setengah lingkaran. Bandros umumnya tidak menggunakan toping apa pun, kecuali gula. Untuk rasanya sendiri biasanya gurih karena adonan dan manis dari parutan kelapanya.

9. Bajigur

Bajigur adalah minuman tradisional yang paling terkenal. Bumbu utamanya adalah gula aren dan santan ditambah dengan jahe, garam dan bubuk vanili. Minuman ini memiliki khasiat untuk menghangatkan badan.

10. Gehu

Gehu ini merupakan singkatan dari tauge di dalam tahu. Cara membuatnya sendiri hanya toge yang sudah dibumbui lalu dimasukkan ke dalam tahu cokelat (tahu Sumedang) yang lalu dibalut dengan tepung terigu. Namun, sekarang gehu pun tidak hanya diisi dengan toge, bisa juga dengan bihun atau daging dan sosis.

Nah kira-kira itulah jajanan-jajanan yang paling terkenal di bandung. Aku pribadi sudah mencoba semunya. Tapi, aku cukup rindu dengan keberadaan bandros dan bajigur yang sudah jarang lewat di depan rumah. Dulu biasanya bajigur datang bersama penjual putu atau putri ayu. Masa kanak-kanak memang menyenangkan.

Ngomong-ngomong, kalau di daerahmu sendiri ada jajanan apa? Dan jajanan apa yang paling kamu sukai?

https://www.tripzilla.id/jajanan-kaki-lima-bandung-yang-murah/10645

Sekotak ImajinasiOnde histórias criam vida. Descubra agora