Tipe OA sekolah

1.4K 140 35
                                    

1. OA OSIS & MPK sekolah

Nah, ini emang wajib buat di-add karena sering memuat info soal sekolah atau kegiatan-kegiatan yang telah diselenggarakan. Biasanya menyiarkan info dari OA eskul atau dari pihak sekolah atau dari OSIS & MPK-nya sendiri. Ada juga yang OA OSIS & MPK itu misah karena ada sekolah yang dimana pengurus OSIS & MPK-nya sama banyak.

Fauzan, Wakil Ketua MPK : "Tapi angkatan gue, 'kan, MPK-nya secuil...."

Tapi kalau ada, biasanya OA MPK buat penyaluran aspirasi dari siswa ke sekolah. Namun, untuk kasus yang OA digabung, pengurus OA (dan medsos OSIS & MPK lainnya) dikendalikan oleh sekbid yang menamakan dirinya sebagai Seksi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. 

Sasarannya ada seluruh siswa dan guru (jika mereka nge-add OA ini), tetapi ada juga alumni yang masih memantau perkembangan sekolah lamanya seperti apa. Kali aja ada yang....

Wakwaw, Alumni : "OSIS MANA INI OSIS MASAK GUE UDAH LULUS LANGSUNG SEMUA KELAS DIPASANG AC, SIH...."

Tapi, ya gitu, orang suka salah sasaran kalau mau ngasih aspirasi buat pihak sekolah. OSIS mah ga urusan soal AC apalagi renovasi kamar mandi. Gaurusan.

2. OA eskul keagamaan (Rohis, Rokris, etc)

Biasanya OA ini dikelola sama anggota eskulnya yang sama-sama dibidang TIK (kalau ada divisinya) dan mereka sering ngeshare tentang kegiatan keagamaan, quotes, khutbah, ayat dari kitab, dan sebagainya. Untuk soal penyebaran infonya juga dibantu sama OSIS & MPK lewat OA-nya (karena enggak semua siswa mau ngeadd OA seperti ini, beneran)

3. OA eskul lainnya (Pramuka, PMR, Padus, etc)

Sama seperti OA nomor 2, namun jarang ada yang menjarah. Kadang ngeshare foto lomba, prestasi, atau kegiatannya untuk promosi saat demo eskul bahkan kalau bingung mau daftar eskul apa bisa dilihat disini. Dan memang yang ngeadd OA ini juga gabanyak, hehe. 

4. OA jurnalistik

Ini tergantung di sekolah ada atau tidak hal seperti ini. Ada sebuah sekolah di Jakarta (bukan sekolah gue) yang dimana (kata orang) kegiatan jurnalistiknya lebih mentereng daripada OSIS & MPK-nya. Tapi bagus dan entah ini eskul atau mitra sejajar-nya OSIS & MPK sekolah. Kegiatannya pasti ngeshare hasil liputan, menyebarkan aspirasi siswa lewat media tulisan, dan momentum-momentum penting. Kadang bisa jadi tempat curhat, menyebarkan karya, hingga surleng, loh. Biasanya OA-OA kayak gini rame pada saat tertentu, hmmm.

Bagaimana dengan OA sekolah kalian?

Indonesian SHS ProblemsWhere stories live. Discover now