IPD - Sindrom Metabolik (part 2)

1.8K 168 25
                                    


Rendang, bakso, soto babat, gulai kambing, sate daging, opor ayam. Deretan menu kuning-cokelat yang menggiurkan, menjadi alarm bagi ibu-ibu untuk mengingatkan sang suami. 

"Ingat ..., kolesterol!"

"Pilih yang ayam aja, kambing pantang lho, Pa!"

"Abis makan langsung minum obat ya!"

"Jangan ambil kuahnya, santan kan tinggi kolesterol. Tapi daging juga ada lemaknya tuh, jangan deh." Akhirnya, bapak ini cuma ambil lauk bawang goreng. "Eh bawangnya kan digoreng, pake minyak, ih." Tersisalah nasi putih di piring.


Sebetulnya bener nggak sih kak, kolesterol itu buruk bagi kesehatan?

Ya, tetapi tidak sesimpel itu.


Sebelum ke kolesterol dalam tubuh, kita bahas dulu mengenai lemak dalam makanan. Satu kasta dengan karbohidrat, lemak adalah molekul besar, yang mana tubuh harus memecahnya menjadi gugus rantai yang lebih kecil. Satuan paling kecil dari lemak adalah asam lemak (kalau karbohidrat kemarin kan glukosa). Asam lemak ini yang bisa masuk ke jalur glukoneogenesis bersama kawan-kawannya, membentuk ATP dan energi.

 Asam lemak ini yang bisa masuk ke jalur glukoneogenesis bersama kawan-kawannya, membentuk ATP dan energi

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.


Ketika asam lemak tidak terpakai untuk membentuk energi, berkat ketersediaan karbohidrat yang melimpah dalam makanan manusia, dari masa ke masa, tubuh akan lebih memilih jalur karbohidrat, karena dirasa lebih gampang dan aman.

Kalau begitu, bagusan mana, karbo sama lemak buat jadi sumber energi?

Di atas adalah tumpeng gizi seimbang yang saya ambil dari website Pergizi (Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia)

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Di atas adalah tumpeng gizi seimbang yang saya ambil dari website Pergizi (Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia). Kontennya sama, yang kemarin itu saya ambil dari antah-berantah karena alasan ada penjelasannya, hehehehe. Kalau menurut para ahli gizi, makanan yang baik, komposisinya adalah lebih banyak karbohidrat dan serat daripada lemak. Bahkan lemak tambahan seperti minyak sangat dikurangi. Sehingga lemak paling banyak kita dapatkan dari lauk-pauk. Permenkes no. 41 Tahun 2014 tentang pedoman gizi seimbang, membagi lauk-pauk menjadi tiga berdasarkan tinggi rendahnya kandungan lemak. Kalau penasaran silakan langsung cek ke website dan download pdfnya.

Et Medicina | Seputar Medis yang Perlu Kamu TahuWhere stories live. Discover now