Badai Milih Universitas

474 27 8
                                    

Bagi yang nanya, "Woy, ini tips SBMPTN-nya kapan?"

Sabar, ya :v. Gue tuh orangnya suka cerita dulu sejarahnya...

____

Ketika gue berpikir bahwa menemukan jurusan kuliah yang gue pengen, ternyata itu belum membuat semuanya beres. Milih jurusan harusnya sepaket dengan milih universitasnya juga. Nah, gue miss di bagian yang ini. Mungkin kalian sempet perhatiin dari chapter pertama kalo gue pengen banget kuliah di ITB. Namun, ternyata dinding realitas gue mendorong dan menarik gue ke sana ke mari.

Sekolah gue adalah sekolah swasta yang cukup terkenal di Bandung. Rata-rata orang yang gue kenal tau sekolah gue. Ternyata cukup terkenal. Alumni sekolah gue banyak yang kuliah di Unpar, Marnat, ITHB, NHI. Kalau universitas negerinya itu rata-rata ITB dan Unpad, walau ada juga yang di Unair dan UPI.

Unpar alias Universitas Parahyangan Bandung merupakan univ yang paling laku di kalangan temen-temen gue. Ibaratnya, dari SMA gue ke Unpar itu cuma kayak naik kelas. Eits walaupun begitu, tes masuk Unpar tergolong sulit, lho, dan peminatnya juga dari seluruh Indonesia. Jadi kalau gue masuk Unpar, lingkungan pergaulan gue gak bakal jauh berbeda daripada waktu SMA.

ITB alias Institut Teknologi Bandung adalah univ yang paling digandrungi, terutama anak-anak beasiswa di sekolah gue. Tiap tahun, kakak-kakak kelas gue yang jenius-jenius pasti pada masuk sana, baik lewat jalur SNMPTN maupun SBMPTN.

Dari awal kelas 12, gue memang ngincer ITB. Mulai dari orangtua, sahabat, guru serta temen-temen gue emang mendukung gue untuk masuk ITB. Terutama temen-temen gue yang emang ngincer Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yang waktu itu mulai berbondong-bondong belajar intensif di lembaga bimbel (bimbingan belajar).

Gue yang waktu itu termasuk kategori anak beasiswa calon penghuni SNMPTN alias jalus undangan alias non tes untuk masuk ITB mulai membangun kepercayaan diri.

Oke, gue pasti keterima jalur undangan. Tinggal masukin nilai rapor. Pasti keterima.

Itu tadi kata dinding optimis gue.

Lain halnya dengan dinding realitas gue. Gue mulai membuka mata. Dari tahun ke tahun, jumlah siswa yang keterima jalur undangan untuk ke ITB dari sekolah gue semakin menurun. Tiga tahun lalu masih 10 orang, dua tahun lalu masih 8 orang, tahun lalu masih 7 orang.

Gue membuka mata lebih lebar lagi. Di ranking angkatan, gue cuma paling mentok ranking 9. Kalo lagi turun malah bisa ranking 11 ke atas. Jadi untuk masuk di jalur undangan, gue harus ngalahin 2-4 orang temen gue yang gak tau makannya apa tapi kok pinter banget.

Kenapa kok sedikit banget? Ini pengaruh indeks sekolah, termasuk KKM. Jadi KKM itu nilai minimum. Jadi kalo nilai lo dibawah KKM, artinya nilai lo merah. Taulah ya, kalian. FYI, KKM di sekolah gue emang rendah. Cuma 75. Sementara sekolah lain bisa mencapai angka 80-90.

Keliatannya, untuk mencapai 75 itu murid-murid di sekolah gue udah gak sanggup. Tapi, gak sanggupnya tuh bukan karena anaknya bodo-bodo! Itu karena tingkat kesulitan soal di sekolah gue itu tinggi dan guru-gurunya pelit nilai! Sayangnya, pemerintah maupun sekolah lain gak ada yang tahu hal ini.

Sekolah gue anak-anaknya berkualitas, karena dibekali dengan pembelajaran yang sulit a.k.a berkualitas pula. Walaupun, jatohnya jadi indeks sekolah gue kalah saing sama sekolah lain dan akhirnya memengaruhi persaingan nilai rapor di SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Jadi gitu, deh, di sekolah gue pinter aja gak cukup karena alasan kalahnya indeks sekolah.

Karena berpihak pada dinding realitas, gue memutuskan untuk membuang mimpi untuk kuliah di ITB. Mustahil rasanya anak kaya gue yang prestasinya gak ada apa-apanya untuk kuliah di FTI (Fakultas Teknologi Industri) ITB. Selain kalah sama temen-temen jenius di sekolah sendiri, gue 1000 kali lebih kalah dari anak-anak se-Indonesia yang pengen kuliah di ITB.

Nilai rapor gak selalu naik dan kalah sama temen-temen yang lain membuat gue buang jauh mimpi jalur undangan ITB. Biar temen-temen gue aja yang masuk ITB. Gue ngalah.

Hal ini membawa gue pada rutinitas waktu itu lagi. Nangis di kamar plus kamar mandi. Entah kenapa. Padahal gue lebih cenderung plegmatis daripada melankolis. Tapi kok gini :'v.

Gue menjatuhkan pilihan pada Unpar. Jurusan teknik industri Unpar. Di Unpar pun ada jalur undangan. Namanya PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan). Tinggal masukin nilai rapor dan... CLING! Selamat Anda diterimaaa!!!

Gue saat itu berpikir bahwa PMDK Unpar adalah jalur terlurus dan termudah bagi gue untuk duduk di bangku perkuliahan. Gue optimis 100% bisa diterima di Unpar lewat PMDK.

Tidak halnya dengan papa gue. Papa gue menunjukkan gerak-gerik gak ikhlas gue masuk Unpar. Papa gue maunya gue masuk ITB sama kayak dia dulu. Sementara itu, mama gue bilang coba aja dulu PMDK Unpar, terus kalo nanti diterima, bayar aja uang kuliahnya. Buat cadangan kalau nanti amit-amit gak keterima di SNMPTN ke ITB.

Ini keputusan gila, sih. Pertama, karena PMDK itu jalur undangan. Univ yang ngundang lo. Masa lo cuma jadiin cadangan? Terus nanti kalo diterima di ITB, Unparnya lo buang gitu? Woy, plis.

Kedua, Unpar tu tipe univ yang kalo udah bayar dan lo gak jadi ngambil, uangnya, tuh, gak balik alias hangus. WOY ITU TIGA PULUH JETONG ANGUS AJA GETOH? Nyari duit gak gampang keleus :'v.

Mama... Mama... Ckckck...

Tapi walaupun begitu, mama gue tipenya mau gue amanlah, ada cadangan. Jadi ga gagal kuliah gitu.

Jadinya gue bimbang. Apakah bakal 100% ngelepas kemungkinan diterima di SNMPTN ITB dan milih jalur PMDK Unpar.

Saat itu keputusan gue milih Unpar. Walaupun papa gue kayak menentang gitu gelagatnya. Yang penting gue aman pikir gue.

Jadi pas itu gue udah ke Jonas buat pas foto. Gue juga udah mulai ngisi form online-nya Unpar. Gue udah legalisir rapor buat nanti di-upload. Gue udah minta surat keterangan jurusan ke tata usaha sekolah. Pokoknya semua udah lengkap buat daftar.

Tapi, ada bagian dari diri gue yang nolak. Gue ngerasa gak damai aja ngurusin pendaftaran ini. Kayak... Apa, ya...

Pertama, gue kayak ngerasa dikejar-kejar waktu banget buat daftar. Belum bikin esai yang harus ditulis tangan (kalau mau ngajuin beasiswa) sementara itu yang namanya kelas 12 udah sibuk.

Kedua, papa gue yang ngasih penolakan secara laten gitu. Dia maunya gue prioritasin ITB. ITB harga mati gitu.

Ketiga, guru gue. Guru fisika gue. Dia bilang gue terlalu sayang kalo cuma di Unpar. No offense, ya. Ini guru gue yang ngomong.

Keempat, prinsip gue yang gak mau ngebebanin orangtua dengan uang kuliah univ swasta yang...

Dan... kira-kira tiga hari sebelum penutupan pendaftaran... Gue gak jadi daftar!

Gue malah ngerasa lebih kayak plong dan gak ada beban.

Dan lebih parahnya lagi, gue nekat menggantungkan nasib gue pada...

SNMPTN...
Eh, maksudnya... BADAI SNMPTN!

To be continued...

SBMPTNWhere stories live. Discover now