TIPS SNMPTN

288 22 16
                                    

Kali ini gue mau kasih tips sama kalian terutama adek-adek yang SMP. Yang SMA juga sih, terutama yang masih kelas 10.

SNMPTN itu sangat mementingkan indeks sekolah kalian. Jadi kalo sekolah kalian dinilai layak sama pemerintah, pastilah besar kemungkinan kalian untuk diterima. Kalo istilah gue sih, sekolahnya famous gitu.

SNMPTN sangat melihat nilai rapor kalian, termasuk di dalamnya nilai KKM sekolah kalian. Biasanya kalau KKM-nya tinggi, berarti anak-anak murid bisa mencapai nilai tersebut, artinya pendidikan di sekolah itu berhasil dengan baik. Nilai yang bertaburan 90 juga sangat mendukung. Nilai rapor yang stabil juga sangat amat menentukan.

SNMPTN juga melihat prestasi kalian selama sekolah. Juara olimpiade, OSN, menang lomba tingkat nasional, itu akan sangat amat menentukan.

SNMPTN juga melihat alumni sekolah kalian yang berkuliah di universitas yang kalian inginkan. Kalo ada kakak kelas kalian yang berkuliah di jurusan yang sama dan prestasinya baik, inipun akan sangat menentukan.

SNMPTN juga melihat anak-anak alias teman-teman seangkatan kalian. Kalo ada yang pilihan jurusannya sama, pastilah dipilih yang nilainya lebih baik.

Karena gue gak masuk SNMPTN, gue cuma bisa kasih TIPS GAK MASUK SNMPTN. Jadi, tips ini jangan ditiru, supaya kalian bisa lolos.

1. Salah input data
Gue gak tau sih ini pengaruh besar ato gak. Jadi gue waktu itu salah input  nilai uang SPP sekolah gue. Nah, supaya gak salah, cari info dari kepsek kalian dan jangan finalisasi dulu sampe semua informasi pasti.

Gue juga waktu itu upload fotonya gak jelas. Karena mager, pas foto yang udah gue cetak, gue foto pake kamera hape, terus gue upload. Ga tau sih ini ngaruh apa engga. Pokoknya foto harus jelas (jangan tiru gue).

2. Indeks sekolah tidak terpandang
Gue sekolah di salah satu SMA swasta di Bandung. Gak begitu terkenal, KKM-nya rendah, dan kuota masuk ITB dari tahun ke tahun menurun.

3. Ranking dan nilai kurang tinggi
Gue cuma ranking 11 paralel, kalah deh sama kaum-kaum jenius lainnya. Selain itu nilai rapor gue gak bagus-bagus amat dan gak stabil. Kadang turun naik gitu nilai gue.

4. Kurang prestasi
Gue sendiri paling mentok cuma ikut lomba di dalem sekolah dan ikut OSN tapi cuma peserta doang. Baru seleksi tingkat kota aja kagak masuk.

Setelag gue kenal temen-ten satu fakultas, woyyy! Kebanyakan adalah anak-anak OSN pemegang sejuta piagam kejuaraan.

Okedeh, pantes gue kagak lolos.

5. Gak ada alumni
Alumni sekolah gue belom ada yang pernah masuk kuliah ke FTI ITB.

6. Kalah sama temen sendiri
Temen gue ada yang nilainya lebih bagus dari gue, pilihan kita sama. Jadi, tentulah dia yang dipilih untuk lolos.

7. Jurusan favorit
Jurusan FTI ITB itu sangat amat favorit, jadi gue kagak diterima deh.

Yak, jadi sekian tips dari gue. Sorry gak bisa cerita banyak, karena sampe saat ini masih sakit hati sama yang namanya SNMPTN.

IDIH LEBAY.

SBMPTNDonde viven las historias. Descúbrelo ahora