BADAI PENGUMUMAN SBMPTN

401 31 9
                                    

Setelah tanggal 8 Mei 2018 menguras otak mengerjakan SBMPTN, gue ngerasa beban gue udah lepas gitu. Meskipun gue gak yakin hasilnya bakal keterima atau enggak, setidaknya gue udah mencoba untuk berusaha sekuat tenaga dan kemampuan gue. Gue mencoba pasrah sekaligus optimis dengan tanggal 3 Juli alias pengumuman nanti. Gue gak ada niatan untuk ikut tes di univ swasta atau ikut jalur mandiri gitu.

Emang nekat gue tuh :'v.

Di saat temen-temen gue sibuk ikut ujian swasta, ujian mandiri, dan ujian STAN, etc, gue dengan pedenya berlibur sepuas mungkin. Itung-itung membayar libur yang telah dihabiskan untuk belajar SBMPTN.

Dua bulan berlalu, satu minggu sebelum pengumuman. Gue baru deg-degannya di minggu itu tuh. Pikiran-pikiran negatif mulai memenuhi dan menjajah kepala gue.

Gimana kalo gak keterima?
Apa gue harus ikut jalur mandiri UPI dan balik ke cita-cita awal gue jadi guru?
Atau maksain ikut ujian mandiri gelombang 3 UNPAR dan rela membobol duit orang tua buat bayar uang kuliah yang muahal itu?
Atau ambil gap-year? Alias cuti setahun untul ikut SBMPTN lagi taun depan?

Woy, jantung gue literally hampir dipompa semaksimal mungkin selama lebih dari 24 jam nonstop.

PLIS ITU LEBAY.

Hari pengumuman itu tiba. Gue deg-degan parah, ditambah dengan website SBMPTN yang sudah menunjukkan count down. Rasanya kaya ngeliat limit menuju kematian.

Jadi, rencana gue tuh gini. Karena pengumumannya jam 5 sore, gue rencananya mau mandi dan menenangkan diri dulu sebelum jam 5. Sekitar jam 5.30 sore baru gue buka tuh website. Soalnya pasti server-nya down karena dari Sabang sampe Merauke bersaing membuka website tercinta yang satu itu.

Sekitar jam 3 sore, gue buka hape untuk liat countdown di website. Biar jantung gue lebih terpacu gitu.

Aneh.

Pas jam 3, kok, loading-nya lama banget, yak. Padahal line gue masih lancar-lancar aja. Berarti bukan salah di koneksi internet gue, tapi emang dari sononya.

Pas gue buka line, entah kenapa temen gue pada heboh.

Eh. Taunya.

PENGUMUMANNYA DIMAJUIN JAM 3 SORE DONG!!!

Gue saat itu belum ready mental beserta batin. Gue gemeteran kayak mau pingsan gak jelas. Tangan gue basah, kayanya keringet dingin. Dan akhirnya gue nangis karena saking takutnya.

Belum apa-apa ni bocah udah nangis.

Hari itu adalah pertama kalinya gue nangis karena takut. Parah bet si.

Gue memberanikan diri buka website SBMPTN tapi GA BERANI NGINPUT TANGGAL LAHIR GUE SAMA NOMER PESERTA GUE!

Temen-temen gue pada gak keterima lagi. Gue makin takut oy. Tapi mereka ngedesek gue untuk segera buka karena mereka penasaran sama hasil yang gue. AAAA TAPI GUE KAGAK BERANIIII!!!!

Akhirnya gue mutusin buat nenangin diri dulu. Gue dengerin lagu-lagu rohani gitu, doa. Setelah gue agak tenang, gue memberanikan diri untuk mengetik tanggal lahir dan nomor peserta gue. Saat itu sekitar jam 15.30-an lah.

JENG JENG.

Jadi gue tuh buka di hape gitu. Dan... Halamannya langsung ke loading... Ya ampun internet gue mendadak kenceng gini yes.

Gue yang tadinya udah nangis kejer, NAMBAH KEJER LAGI! Sambil teriak-teriak pula! WOYYYY INI SERIUSS???? Untung waktu itu gue lagi sendiri di rumah, jadi paling tetangga yang keganggu

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Gue yang tadinya udah nangis kejer, NAMBAH KEJER LAGI! Sambil teriak-teriak pula! WOYYYY INI SERIUSS???? Untung waktu itu gue lagi sendiri di rumah, jadi paling tetangga yang keganggu.

Gue bener-bener ngucap syukur banget sama Tuhan gue yang bener-bener udah ngewujudin impian gue untuk masuk ITB. WAGELASEH! GAK ADA HASIL YANG MENGKHIANATI USAHANYA IS REALLLLLL!!!!!

Eh, tunggu.

Setelah nangis dan teriak-teriak mengeluarkan semua rasa seneng, gue liat hape gue lagi, siapa tahu salah liat. Bayangin aja, gue dapet pilihan tiga aja udah sukur banget, lah ini bisa pilihan satu. MIMPI APA WOY GUEEE!!!!

Hari itu, gue ngerasain dua rasa nangis yang berbeda. Satu, nangis karena takut parah. Dua, nangis karena seneng parah. Gue akhirnya tau perasaan yang dirasakan oleh pemenang ajang pencarian bakat. Mungkin kalo bisa sujud di panggung, gue sujud dah.

Rasa terima kasih terbesar gue panjatkan pada the one and only Tuhan gue, Tuhan yang udah bener-bener baik, karena Dia pasti nyertain dan nguatin gue apapun yang terjadi. Dia gak pernah ninggalin gue. Buat orangtua gue, yang support pilihan gila gue ini, sekaligus bayar biaya pendaftaran SBMPTN 200 ribu plus beliin buku latihan soal SBMTPN yang hampir 200 ribu juga. Buat sahabat-sahabat gue yang ngebangkitin semangat gue waktu gagal SNMPTN, buat sahabat gue yang senantiasa nyediain kupingnya buat denger keluh kesah gue, dan yang terpenting bagi-bagi soal bimbel buat gue ikut latihan. DAN, MAKASIH BUAT TIM KING EDUKA YANG UDAH NERBITIN BUKU SBMPTN YANG TELAH MENJEMBATANI GUE DENGAN KAMPUS GANESHAAAA!!!!

Mungkin kalo kating-kating denger gue gini mungkin gue diketawain. Cuma masuk aja seneng luar biasa, belum tau nanti perjuangan kuliahnya gimana. Tapi, gue cuma mau bilang ke kalian, apapun yang kalian mau, mimpi apapun yang mau kalian capai, semuanya gak pernah terlalu tinggi dan terlalu sulit untuk digapai. SEMANGAT!

To be continued...
Selanjutnya bakal dibahas TIPS EMAS yang sudah kalian tunggu-tunggu!

SBMPTNWhere stories live. Discover now