BADAI SBMPTN

466 24 2
                                    

Sampailah pada bagian terdahsyat dari bacotan geje ini! Jadi nanti tuh gue bakal ringkasin lagi tips-tipsnya. Tapi sebelumnya gue ceritain dulu yak pengalaman gue.

Pas 17 April dan gue gak lulus SNMPTN, gue langsung daftar SBMPTN. Di sini timbul masalah. Gue harus nentuin pilihan dua dan pilihan tiga. Gue gak mungkin pake otak bodo pas SNMPTN yang dengan pedenya cuma ngisi pilihan satu. Intinya, gue harus lolos SBMPTN dan gak boleh gak kuliah tahun ini. Tapi, gue masih ragu-ragu dengan pilihan gue, dan gue butuh waktu untuk nentuin pilihan sekitar seminggu lamanya.

Akhirnya gue menjatuhkan pilihan. Pilihan satu of course FTI ITB kampus Ganesha. Pilihan kedua SITH-S ITB (Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati program Sains). Pilihan ketiga Matematika Universtitas Padjajaran Bandung (Unpad).

Kenapa gue pilih FTI ITB? Karena itu yang gue pengen dan passing gradenya paling tinggi alias paling susah lolos.

Kenapa gue pilih SITH-S? Jadi SITH-S itu belajarnya Biologi dan Mikrobiologi. Gue kan benci biologi, aneh emang. Tapi kenapa gue pilih SITH-S? Karena gue pengen banget lepas dari kerja kantoran yang cuma di dalem gedung dan di depan komputer. Gue pengen "kerja bareng alam" gitu. Selain itu, pilihan gue ini juga asalnya dari psikotes gue yang bilang kalo gue cocok di bio/mikrobiologi. Selain itu, jurusan ini gue pilih karena passing grade jurusan ini paling rendah di ITB. Jadi, asal masuk ITB. Plis jangan gebuk gue, gue tau gue kurang ajar.

Kenapa gue pilih Mat Unpad? Karena matematika masih menjadi bagian dari diri gue dan gue harus kuliah di Bandung. Jadi, begitulah.

Lanjut.

Gue langsung gas yang namanya belajar tuh. Terhitung tanggal 18 April 2018, gue fokus belajar. Gak pagi, gak siang, gak malem, gue belajar. Jadi gue buat target belajar. Menuju tanggal 8 Mei 2018 alias SBMPTN, gue punya waktu 20 hari. Gue sisain 1 hari yaitu 7 Mei 2018 buat menyiapkan mental dan finishing belajar. Jadi total 19 hari gue harus pake buat belajar seambis mungkin.

Gue gak bimbel. Gue belajar dari buku ini. Bukan promosi, tapi buku inilah yang telah membangun jembatan antara gue dan kampus gajah bandung tercinta.

Jadi di buku itu gue tiap hari minimal 1 kali latihan soal (TKPA + SAINTEK). Setiap ngerjain, gue seolah-olah lagi ngerjain SBMPTN beneran. Jadi gue kunci kamar gue, tanpa gangguan, dan set timer waktu selesainya (105 menit untuk TKPA dan 105 menit untuk SAINTEK. Selain itu, gue juga print lembar jawaban persis kayak SBMPTN. Kayak gini:


Abisnya yang ada filenya cuma itu. Tapi emang mirip kok sama lembar jawaban yang sebenernya nanti pas SBMPTN. Intinya gue berlatih kayak SBMPTN beneran, supaya nantinya gak panik dan gak takut lagi.

Tiap hari gue ngerjain soal, terus liat pembahasannya dan cek berapa nilai yang gue dapet.  Cek nilai kamu apakah udah melampaui passing grade jurusanSetelah itu gue buka buku SMA dan internet untuk bantu gue ngertiin lagi materi-materi yang gue belum paham.

Emang susah, sih, ngejalaninnya. Apalagi untuk tetap tekun dan setiap hari ketemu soal lagi, ketemu soal lagi. Tapi, liat di depan sana, gerbang universitas yang kalian pengen gak lari menjauh kok, jadi plis berjuang untuk jalan mendekat ke gerbang itu.

Gue jenuh kok dengan semua itu. Supaya gak jenuh, gue sih bisa sambil belajar sambil denger musik ato ngemil. Pokoknya jangan anggep belajar itu cuma sebuah penyiksaan, tapi anggep aja kita belajar untuk mendaftarkan nama di univ terbaik bangsa. Ea. Enjoy aja pokoknya.

Perjalanan gue belajar kebut SBMPTN gak mulus kok. Pas awal-awal, skor yang gue dapet itu masih sekitar 50 bahkan 60 persen-an. Tapi, di tengah-tengah skor gue turun sampe 40 persenan. Ya ampun... Anak kayak gini mau FTI ITB apa gak mimpi?

SBMPTNWhere stories live. Discover now