TIPS SAINTEK

319 23 17
                                    

1. Matematika IPA
*1. Lewat aja dulu
Menurut gue, matematika IPA itu abstrak banget. Dan, waktu itu lumayan ngabisin waktu banyak. Gue cuma bisa ngerjain 5 nomer awal gitu.
*2. Pahami konsep dasar
Buat lo yang masih kuat belajar matematika IPA, gue saranin banyak latihan soal aja. Bagian yang gak bisa, baru buka buku materinya. Biasanya sih yang sering keluar itu kayak lingkaran, trigonometri, limit.

O, ya, karena ada yang request untuk gue bagikan gimana cara gue belajar matematika selama ini, jadi gue akan jelasin.

Kalo di kelas, gue biasanya dengerin aja gurunya. Jangan sibuk nyatet, karena catetan bisa belakangan, yang penting ngerti dulu. Jangan asal menghapal rumus. Gue lebih suka ngulik soal dari awal daripada harus pake rumus instan.

Terus setiap PR pasti gue kerjain sendiri. Ini tuh melatih otak kalian dalam menyelesaikan permasalahan. Gitu aja sih. Gue juga bingung apalagi. Intinya, jangan antipati sama matematika.

2. Fisika
*1. Lewat aja dulu
Fisika juga abstrak nih soalnya. Gue cuma bisa ngerjain kalo tentang kinematika gerak gitu. Itu juga kalo gak ada katrol sama gaya gesek gak jelas itu. Fisika tuh seringnya keluar yang kayak gaya-gaya, gerak vertikal, jatuh bebas, termodinamika.

*2. Banyak latihan soal, pahami konsep dasar
Gue sangat merekomendasikan channel youtube Si Bejoo Jadaa. Om yang satu ini kalo ngejelasin tuh manteb banget dan gue suka belajar dari youtube dia.

3. Kimia
PERJUANGIN WOY! APAPUN YANG KALIAN LAKUKAN, GUE SARANIN KALIAN BELAJAR KIMIA!

Kimia tuh sangat amat bisa dipelajari. Stoikiometri, deret volta dkk, koligatif. Soalnya gak bakal abstrak, kayak SMA, kok.

4. Biologi
Jangan terlalu lama di Biologi. Kalo bisa 5 menit beres deh. Supaya lebih banyak waktu buat yang lain. Biologi menurut gue abstrak juga. Soalnya soal olimpiade. Kalo menurut gue jangan buang-buang waktu kalian buat belajar Biologi, nanti sakit hati. Yang dipelajari apa, yang keluar apa.

INTINYA, belajar apa yang kalian suka dulu, baru yang lain.

SBMPTNWhere stories live. Discover now