Badai SNMPTN

421 27 10
                                    

Jadi gue memutuskan untuk pasrah dan optimis bakal lolos di SNMPTN. Di otak gue cuma ada satu statement:
Keterima SNMPTN di FTI ITB kampus Ganesha.

SNMPTN itu sekitar bulan... apa, ya, lupa... Kayanya Februari. Jadi pokoknya langkah pertama itu, sekolah lo masukin nilai-nilai lo di website SNMPTN. Abis itu, lo ngecekin nilai lo yang udah diinput itu. Kalo ada kesalahan, sabi nih protes ke kepsek masing-masing. Nah setelah itu harus nunggu, apakah nilai kita itu cukup atau layak untuk dipertandingkan di SNMPTN nanti.

Gue gak begitu takut sih kalo gue bakal gak lolos di tahap pertama ini, alias gue optimis abis bisa keterima.

Akhirnya, gue lolos di tahap ini dan bisa nentuin jurusan yang gue pengen di SNMPTN nanti. Gue seneng sekaligus sedih karena temen-temen gue yang lolos tahap pertama ini cuma sekitar 15 orangan. But, gue percaya, ada pintu lain yang menunggu mereka di depan sana.

Nah, sekarang dilema nih. Di SNMPTN, kita bisa milih paling banyak tiga pilihan jurusan di dua universitas yang kita pengen. Untuk syarat-syarat gimana-gimananya, cari aja di website SNMPTN pasti ada, kok.

Dilemanya, tuh, gini. Ada yang bilang di SNMPTN itu, universitas punya rasa cemburu yang besar. Artinya, gak ada satupun yang mau dinomorduakan, apalagi dinomortigakan. Jadi, pandangan ini tuh pengen bilang kalo kita hanya memilih satu jurusan di SNMPTN, maka peluang kita lolos akan semakin besar.

Pandangan kedua malah sebaliknya. Karena kita bisa pilih tiga jurusan, maka masukanlah ketiga-tiganya. Logikanya, kalau tidak keterima pilihan pertama, masih ada pilihan kedua dan ketiga. So, peluang kamu untuk lolos semakin besar.

Sebagian besar orang-orang di sekitar gue, temen-temen, dan guru, menganut pandangan yang pertama. Jadi aja gue ngikut mereka untuk hanya pilih satu jurusan (kalo di ITB sih pilih fakultas).

Jadi gue cuma ngisi pilihan pertama, FTI (Fakultas Teknologi Industri) di ITB kampus Ganesha.

Pede bener dah ni anak. Anak siapa nih ngaku?!

Sebenernya, gue juga gak tau mau masukin jurusan apalagi. Karena, kalian pada taulah. Di otak gue cuma ada teknik industri.

Matematikalah... Gurulah... Udah gue buang dari pikiran gue.

Pokoknya, saat-saat SNMPTN itu beriringan dengan momen-momen indah di SMA (baca: pra ujian, ujian praktek, dll). Jadi gue selain pasrah nunggu hasil pengumuman juga gak 100% mikirin SNMPTN, di mana gue menggantungkan nasib gue sepenuhnya di sana.

Sebenernya gak pasrah sih. Mengingat chapter sebelumnya gue punya insting bahwa kemungkinan lolosnya kecil karena kekalahan  indeks sekolah gue itu, gue memutuskan untuk jaga-jaga persiapan SBMPTN. Jadi dari semester 1 akhir kelas 12, gue mulai latihan dan coba cari-cari soal SBMPTN tahun lalu. Gue juga sering ngeliatin materi plus soal-soal dari bimbel temen gue. Ditambah lagi, gue dibeliin buku latihan SBMPTN sama papa gue.

Jadi sebenernya, pas proses SNMPTN itu gue seenggaknya udah mengenali jenis soal dan tingkat kesulian SBMPTN (padahal buku SBMPTN itu baru gue kerjain 3 paket soal dari total 20-an soal).

Emang nyari mati kamu, nak!

17 April 2018. Hari yang saaaanggaaattt sakral bagi gue. Hari itu adalah hari pengumuman SNMPTN. Sejujurnya gue udah deg-degan dari seminggu sebelum tanggal 17 itu. Makan kepikiran, mau tidur kepikiran, udah kayak ngeliat tingkah doi yang seolah-olah ngasih harapan. Ea.

Akhirnya gue memberanikan diri untuk liat hasilnya di website. Kalo gak salah, waktu itu di snmptn.ac.id atau apapun itu. Tangan gue gemeter buka laptop dan nyambungin internetnya ke hotspot hape gue.

Jeng jeng.

Pas gue ketik (nomor peserta sama tanggal lahir, atau apapunlahyang perlu diinput), satu halaman web muncul. Awalnya gue gak ngerti itu maksudnya apa, soalnya layar yang ada di depan gue cuma nunjukin data gue (nama, asal sekolah, dll). Tapi... Pas di-scroll... Gue pengen ngelabrak panitia SNMPTN rasanya...

WOY GUE RED-TEAM WOYYYYY!!!! TERUS GIMANAA!!!!

Gak sih waktu itu gue kalem aja. Tepatnya berusaha kalem. Abis itu gue langsung move on dan buka website pendaftaran SBMPTN dan minta papa gue transfer 200 ribu buat biaya pendaftaran. Di situ gue dimarahin karena gak lolos. Di situ gue dimarahin karena kebodohan gue cuma milih satu jurusan. Ketika gue buka line gue, isinya semua nanyain apa gue lolos apa engga. Ketika gue buka line gue, isinya semua ngucapin selamat ke temen-temen gue yang lolos di SNMPTN.

Gue rasanya di situ semakin terintimidasi, seakan-akan sama kebodohan gue sendiri. Harusnya gue sadar, untuk masuk universitas dan kuliah, seharusnya gak gue anggep enteng dan terlalu pede. Gue pengen nangis, ngeliat temen-temen jenius seperjuangan gue pada lolos, kok gue engga?

Gue pengen nangis tapi gue anggep itu cara yang terlalu lemah. Masih ada jalan lain, it's not okay to cry. Apalagi gue hari besoknya harus ke sekolah, dan gue gak boleh namanga nunjukin mata sembab gue itu ke temen-temen.

Pas di sekolah, semua pada nanyain gue. Gue makin pengen nangis di situ tapi gue tahan dan berusaha ketawa-ketawa aja. Tapi ketahuilah, sesampainya gue di rumah, gue masuk kamar, ngunci pintunya, dan nangis sejadi-jadinya. Gue gak peduli gue dibilang lemah ato gimana. Yang penting gue bisa luapin semua kesedihan gue sehingga nantinya gak akan mengganggu proses gue dalam belajar buat SBMPTN. Jadi, hari h pengumuman SBMPTN, gue baru ngerancangin belajar. Sementara, waktu itu tinggal 19 hari lagi menuju SBMPTN.

Selamat datang di BADAI SBMPTN!

To be continued...

SBMPTNWhere stories live. Discover now