TIPS EMAS SBMPTN

446 33 13
                                    

Setelah ngebacot panjang dan mata kalian pedih baca cerita gue yang penuh haru, gue akan ringkas tips SBMPTN yang berguna buat kalian tahun 2019 nanti!

***

1. Cari Sumber Kekuatan
Sebaik-baiknya pejuang, akan lebih baik orang yang punya kekuatan besar di baliknya, daripada hanya usaha tak henti-hentinya. Sebelum sibuk mencari tips, langkah pertama adalah mencari sumber kekuatan.

Sumber kekuatan dari mana sih? Tentunya doa. Apapun yang lo lakukan, usahakan dilandaskan dengan doa. Apapun yang telah Tuhan restui, pasti lobisa ngelewatinnya dengan penuh kekuatan. Jangan lupa berdoa sebelum kamu belajar, sebelum lo ngisi dan milih jurusan, dan nantinya pas mau ujian benerannya.

Kekuatan kedua bisa lo dapet dari sekeliling lo. Orangtua lo yang pengen lo kuliah di tempat terbaik, temen-temen seperjuangan SBMPTN, semuanya itu bakal menciptakan atmosfer belajar lo yang kuat.

2. Ciptakan atmosfer belajar

Kekuatan selanjutnya adalah motivasi dan ketekunan. Tempel kata-kata motivasi di meja belajar lo. Ciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Kamar yang sepi, kursi dan meja yang nyaman, bisa juga setel musik atau sambil ngemil biar belajar lo lebih niat.

3. Siapkan bahan pembelajaran
Bagi gue, yang sangat efektif itu latihan soal. Bagi lo yang belajar dari sekarang, dan karena masih sibuk sekolah juga, menurut gue setidaknya seminggu sekali lo kerjain soal SBMPTN. Bisa dari buku, dari bimbel, dari internet juga banyak. Kerjain dengan waktu dan teknis sesuai dengan SBMPTN yang benernya. Setelah ngerjain soal, bahas semuanya. Pelajari lagi materi yang sulit dan lo belum paham. Pelajari konsep dasarnya ya. Nanti bakal gue bahas TIPS BELAJAR SAINTEK dan TIPS BELAJAR TKPA secara khusus.

Banyak banget yang nanya, perlu gak sih bimbel? Kalo lo tanya gue, gue akan bilang kalo bimbel gak perlu. Kenapa? Karena cara belajar gue tidak dengan berdiskusi dengan orang lain. Gue lebih suka menyepi dan belajar sendiri. Sekali lagi, penting atau tidaknya bimbel tergantung pada cara belajar dan kemampuan finansial kalian.

4. Jadwal dan Target

Satu lagi, buat jadwal belajar. Cari waktu-waktu di mana lo lagi fokus-fokusnya belajar. Menurut penelitian sih jam 5 sore gitu, tapi gue sendiri malah lebih suka malem gitu.

Karena waktu masih banyak, gue sangat menyarankan lo belajar dari sekarang. Perdalam semua materi. Waktu masih sangat cukup untuk itu.

Karena gue waktu itu cuma punya waktu 20 hari, jadi gue bisa belajar hampir 24 jam sehari, cuma dipotong mandi, makan, dan tidur. 12 jam sehari lah minimal.

5. Tentuin jurusan
Tentuin jurusan harusnya dilakuin pertama sih. Wkwkwk. Karena, ini akan nentuin berapa skor minimum yang harus lo capai supaya lolos di jurusan yang diinginkan.

Jangan takut dibilang mimpi ketinggian, jangan pernah terintimidasi sama orang-orang yang bilang bahwa lo gak bakal bisa. Orang-orang bilang pilihan gue susah pake banget, tapi gue bisa lolos kok.

Kalo gue boleh saran, isilah pilihan ketiga-tiganya, jangan motong peluang lo untuk kuliah di PTN. Pilihan pertama, isilah dengan jurusan yang lo inginkan. Pilihan kedua, isilah dengan pilihan jurusan yang passing grade-nya lebih bisa lo gapai alias rata-rata skor yang lo bisa gapai pas lagi latihan ngerjain soal SBMPTN.

Kalo gue sih gini. Jadi, setelah latihan soal 20 kali, rata-rata passing grade yang gue dapet itu 55%. Pilihan pertama gue FTI ITB, passing grade-nya 62,5%. Pilihan kedua SITH-S ITB passing grade 50% gitu, beda-beda tiap website. Pilihan ketiga Matematika Unpad, passing grade 40%-an. Jadi keliatanlah ya strateginya.

6. Strategi pengerjaan
Strategi ini sebenernya tergantung kalian. Tp kalo gue saranin, kayanya mending kerjain 10 soal tiap bagiannya. 10 Mat IPA, 10 Fis, 10 Kim, 10 Bio, 10 verbal, 10 numerik, 10 figural, 10 Mat Das, 10 BI, 10 B.ing. Jadi total lu udah ngerjain 100 soal. Nah, 62,5% sih pasti tembus. Pokoknya atur-atur aja. Kalo bisa, kejar betul-betul dan jangan ngeremehin TKPA. Malah saran gue, mending belajar TKPA yang lebih fokus. Karena... Saintek biasanya menghancurkan harapan. Pokoknya kerjain apa yang lo bisa. Jangan lama-lama di Biologi. Sisain waktu buat bahasa Inggris. Kencengin itu namanya Mat Das dan numeral, vigural, verbal.

7. Teknis
Isi data pendaftaran dengan sangat teliti.
Print lembar pendaftaran.
Cek lokasi tempat lo tes.
Jangan lupa bawa surat keterangan lulus.
Jangan pake jam tangan.
Pake pakaian rapi dari atas sampe bawah.
Tidur cukup semalam sebelum tes, jangan belajar.
Bawa papan alas +pensil 2B lebih, rautan, dan penghapus.
Just relax, jangan lupa doa dulu.

Semoga sukses, gue mendoakan kalian.

SBMPTNWo Geschichten leben. Entdecke jetzt