❬ 5 ❭ Cerita Horor Itu Harus Bagaimana?

194 40 1
                                    

Assalamualaikum gaes!!!

Gimana kabarnya semua? Kali ini Admin Nop yang mandu kalian untuk kelas hari ini ya. Sebelum itu siapin gelas kosong dulu gaes biar ketampung semua ilmunya hehe.

Tema kali ini agak sedikit nyentil adrenalin ya ... Jeng jeng jeng!

Malam ini special horor ya gaes👏👏

Gak mau basi-basi lagi, baca dan pahami, ya, Wattpaders ^^

*****

Cerita horor memang memiliki daya tariknya sendiri. Baik dari para penyukanya ataupun pembencinya. Orang-orang selalu akan penasaran dengan cerita-cerita tersebut, meski berujung pada ketakutan. Namun, tahu gak kamu caranya supaya ceritamu benar-benar terasa seramnya?

11 Tips supaya cerita horormu lebih terlihat seram

1. Tahap Pertama, bacalah cerita-cerita horor lain terlebih dahulu.

Pahami dulu model-model cerita horor dengan membaca cerita-cerita serupa.

2. Setelah memahami model ceritanya, pikirkan pengalaman terburukmu atau orang lain.

Misalkan kalau kamu punya pengalaman horor, coba bangkitkan lagi ingatan-ingatan itu. Kalau tidak punya, tanyakan pada temanmu. Dari sana mulai tulis poin-poin pentingnya. Gunakan pengalaman itu sebagai dasar ceritamu.

3. Kemudian, gunakan deskripsi-deskripsi yang dekat dengan banyak orang.

Pakai deskripsi yang banyak orang lain secara sadar pasti lakukan. Misalkan, "Bersama temanku, malam itu kami iseng untuk mengunjungi rumah kosong itu. Kami hanya bermodal nekat." Penggunaan deskripsi yang familier akan membuat pembacamu lebih mudah masuk dalam dimensi cerita. Contoh lain banyak bertebaran di google ya.

4. Setelah deskripsi, tambahkan dengan detil penggambaran situasi untuk menunjukkan kengeriannya.

Misalkan saja kamu bisa menggambarkan karakter setan atau pembunuh yang menjadi karakter terkuatnya. "Wanita itu hanya berdiri, terdiam dengan rambut panjangnya. Dia menangis tersendu-sendu, tapi ada yang aneh. Terlihat tetes demi tetes darah pun jatuh dari wajahnya. Sampai tiba-tiba dia mengangkat kepalanya dan melihatku dengan mata merah menyala itu."

5. Gunakan gambar-gambar yang sesuai dengan situasi cerita.

Visual akan lebih membuat pembacamu kaget, meningkatkan adrenalin mereka dan akhirnya menimbulkan rasa was-was dan takut

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Visual akan lebih membuat pembacamu kaget, meningkatkan adrenalin mereka dan akhirnya menimbulkan rasa was-was dan takut. Gambar-gambar yang kuat akan membuat plot dan deskripsi yang kamu tulis semakin 'merasuki' pembaca.

6. Berikan tensi melalui plot.

Tensi tinggi yang terbentuk melalui rangkaian kata itu akan membuat pembaca semakin tertarik. Mulai dari menarik perhatian sang pembaca dengan plot berupa kesalahan konyol atau fatal yang dilakukan oleh korban. Buat pembaca terus membaca sampai kamu berikan klimaks yang mengejutkan.

7. Bila membuat cerita yang panjang, berikan teror singkat, tapi dalam jumlah banyak.

Buat pembaca beberapa kali kaget dan syok dengan kengerian dari detilmu. Misalkan, menjelang seperempat cerita, tunjukkan detil horor yang akan mulai menaikkan kengerian pembaca. Kemudian, berikan lagi hal serupa di setengah jalan cerita.

8. Bila kamu buat cerita singkat, naikkan teror dari awal sampai akhir.

Buat teror dengan detil-detil serta deskripsi yang membuat pembacamu merinding. Singkat, tapi meninggalkan bekas.

9. Jelang akhir, berikan klimaks 'menanjak'.

Tunjukkan situasi menegangkan, menyeramkan, sampai kompleks yang terjadi pada karakter korban saat berhadapan dengan ketakutannya. Buat pembaca semakin berdebar setiap kalimat atau paragrafmu. Biasanya, di bagian ini banyak banget yang terus setia baca cerita kamu, jadi buat klimaks yang wuahhh ya.

10. Buat klimaks yang menggantung.

Klimaks bisa ditempatkan dalam akhir cerita. Maka, bila menggunakan plot menggantung, maka jantung pembaca akan terus berdebar seiring dengan meningkatkan keseraman cerita. Nah, saat itu berilah plot gantung, tapi jangan antiklimaks, untuk membuat pembaca tetap berdebar sambil memikirkan, "Apa sih itu sebenarnya?"

Biasanya nih ya banyak tuh yang sering nonton horor tapi ngegantung filmnya gimana menurut kalian gaes?

11. Atau buat klimaks yang mengejutkan.

Buat klimaks yang membuat pembaca tertegun dan terus berdebar. Gunakan cara yang sama dengan poin sebelumnya, tapi pada akhirnya buat twist yang menunjukkan bahwa apa yang mereka kira baik ternyata buruk, ataupun sebaliknya. Hmm bagian ini nih yang kadang suka gak nyambung kalo di Wattpad, suka tiba-tina aneh gitu, 'kan?

Nah, tips-tips di atas bisa coba kamu praktikkan lho, biar ceritamu lebih menarik dan menyeramkan.

Sooo gimana Wattpaders? Ini materi ringan sebetulnya kalo kita bisa nangkep point pentingnya pasti ceritanya uwaahh




Salam Hay Tayo!!!!!🚗
Admin Nopnop dan seluruh admin.

Recette de CreaWiLiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang