❬ 29 ❭ Tahu, Nggak, Resensi Buku?

181 26 0
                                    

Assalamuaalaikum gays. Selamat malam!

Di malam sabtu kali ini, aku bakalan memberikan kalian materi yang sebenarnya sudah pernah sering kita temui saat masa-masa sekolah.

Resensi Buku.

Yap. Kalian nggak merasa asing, kan, dengan materi ini? Kita mengenal materi ini saat duduk dibangku SMP dan SMA. Mungkin, masih ada yang kalian kurang paham dari materi ini.

Oke, langsung kita mulai aja materinya.

Resensi buku adalah sebuah tulisan yang berisi tentang ulasan suatu buku. Kayak kita kasih testimoni gitu loh, gays. Kata resensi asalnya dari bahasa Latin, yakni recensere yang artinya "melihat kembali", "menimbang", atau "menilai". Ya, intinya kita kasih penilaian gitu lah ke sebuah buku. Kalian pasti udah belajar di sekolah tentang ini.

A. Unsur-unsur Resensi
diantaranya;

1. Judul

Judul harus punya kesinambungan sama isi resensi. Nyambung. Selain itu, judul yang menarik juga bakal bikin nilai lebih tersendiri. Misalnya; Karya Terbaru Tere Liye yang Paling Ditunggu.

2. Data Buku Isinya :

a. Judul buku, udah dibahas di atas tadi kan, ya.
b. Pengarang atau penulis buku.
c. Penerbit
d. Tahun terbit beserta cetakannya
e. Tebal buku atau jumlah halaman
f. Harga buku

3. Pembukaan Resensi (lead)
Kayak gini contohnya;

Buku ke-16 dari Tere Liye ini merupakan hasil bla bla bla dan seterusnya. Intinya sih, bebas mau opening gimana. Wkwk

4. Isi Resensi Buku

Bagian ini berisi sinopsis, yaitu ulasan singkat buku dengan kutipan, keunggulan serta kelemahan buku, rumusan kerangka buku dan bahasa yang digunakan. Jadi apa yang kalian nilai gitu, loh. Entah penggunaan bahasanya. Sifat tokoh utama. Atau yang spesial. Dan bisa jadi hal yang kalian 'sayangkan' dari topik yang diangkat.

5. Penutup Resensi Buku

Apa, yah. Mungkin tentang saran buat para pembaca resensi kalian. Mau menyarankan, merekomendasikan, atau terkesan sama penulis, atau sebagainya. Aku kasih contoh dikit aja, ya.

Misal:

Buku ini wajib dibaca bagi yang menyukai genre fantasi. Karena alurnya sangat menakjubkan dan spesial sekali. Pasti sulit untuk menebak kenapa ceritanya harus 'pergi ke sana, kenapa tidak seperti ini saja'....

B. Struktur teks resensi

1. Identitas dalam resensi buku mencakup judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku. Bagian ini mungkin nggak dinyatakan secara langsung, seperti yang tampak pada teks ulasan film dan lagu.

2. Orientasi. Bagian ini biasanya ada di paragraf pertama, yakni penjelasan tentang kelebihan buku seperti penghargaan yang pernah didapatkan oleh buku yang diresensi.

3. Sinopsis, berupa ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.

4. Analisis, berupa paparan tentang keberadaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur.

5. Evaluasi, berupa paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya.




C. Jenis-Jenis Resensi
Resensi dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu:

Recette de CreaWiLiHikayelerin yaşadığı yer. Şimdi keşfedin