6 : Goceng dapat peluk

4.3K 509 183
                                    

Suara klakson mobil saling bersahut-sahutan. Supir angkot dengan kuasanya, seenak nenek moyangnya ngetem di sepanjang trotoar. Pintu gerbang besar berwarna hijau, penuh anak-anak dengan seragam putih abu-abu merupakan kejadian yang sudah biasa. Soalnya sudah jam pulang sekolah.

Di samping sekolah mulai berjajar abang-abang cilung dan semacamnya, anak-anak bergerumun, ada yang beli atau hanya sekedar ngobrol sebelum pulang. Di sebrang sekolah ada mini market, yang buat para pengendara menekan klakson mereka berkali-kali, karena anak-anak SMA itu dengan seenaknya bolak-balik buat nyebrang.

Deretan angkot berwarna merah, menambah kacau lalu lintas di sekitar sekolah. Mereka ngetem, menunggu angkotnya penuh. Sedangkan yang buat penuh kan anak-anak pulang sekolah yang masih pada ngobrol tidak mau cepat-cepat pulang dan berpisah dengan temannya. Bapak satpam berteriak-teriak mengatur mereka agar lebih tertib, biar kondisi jalanan tidak terlalu macet karena ulah SMA mereka.

Tapi, apa sih yang ditakutin anak SMA macem mereka? Remedial mtk? Ketangkep nyontek? Ketangkep BK karena seragam dikecilin? Duh, udah khatam deh. Makanya omelan pak satpampun tidak mereka gubris.

"Onik goblok!! Liat-liat kalo nyebrang bego!" Teriak Kevin dari gerbang sekolah, ngeliat Anthony yang lari ngacir ke mini market depan sekolah mereka.

Anthony memang paling malas pakai kacamata, jadi kalau sudah kelar kelas, kacamatanya dia simpen di tas. Jalan dengan mata burem, bahkan nyebrang tanpa lihat kanan-kiri, kebiasaan buruknya. Demi ngejar Rian yang sudah ada di sebrang duluan, dia main ngacir aja nyebrang dan hampir keserempet sama motor.

"Lu bedua ya, emang apa salahnya sih pelan-pelan kalo mau nyebrang!" Kevin ngomel-ngomel, yang diomelin masih asik milih ice cream.

"Gua mau pedelpop rainbow aja." Kata Anthony.

"Idih Nik, ada magnum ya, malah milih pedelpop," jawab Rian heran. Di tangannya sudah ada magnum gold dua biji.

"Pin, mau apa? Dibayar pake duit Koko." Anthony dengan seenak udelnya malah nawarin Kevin ice cream.

"Magnumlah gua, gila aja gretongan milih yang murah," Kata Kevin yang langsung semangat ngaduk-ngaduk kulkas gede yang isinya ice cream dari berbagai produk di mini market. Rian ngedengus. Makanya dia tidak pernah takut sama omelan Kevin. Disogok makanan juga diem.

Kebiasaan mereka tuh kalo pulang tapi tidak langsung pulang, nongki dulu di sekolah. Kadang makan mie ayam deket sekolah, beli cilung sampe ceban, atau dijajanin Ko Marcus kaya gini.

"Mi aceh kuy?" Kata Kevin tiba-tiba sambil gigit-gigitin magnum yang tinggal batangnya doang.

"Makan mulu njir pikiran lu." Rian sudah gerah banget sama Kevin yang dikit-dikit ngajak makan, dikit-dikit kulineran.

"Ngapain dong? Bosen nih." Keluh Kevin sudah kaya belatung nangka yang tidak bisa diem.

"Gua kayaknya mau ke tongkrongan dah, sekalian daftar les. Lu jadi gak Koh, les bareng sama anak-anak?" Tanya Fajar.

Anak kelas tiga sudah pada mulai daftar bimbel sana-sini, buat persiapan SNMPTN. Si Anthony dengan gobloknya daftar bimbel sampe daerah yang jauh dari rumahnya, ngikutin Rian, tapi bedanya rumah Rian memang daerah sana. Kalo Kevin sudah daftar bimbel di dekat sekolah, bareng sama anak-anak eskul badminton.

"Siapa aja emang yang di sana Jay?" Marcus sebenarnya sudah dapat duit buat daftar bimbel dari maminya, tapi sampai sekarang tuh anak belum daftar bimbel juga.

[TAMAT] Masih SMA! Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang