konseling

2.3K 488 73
                                    

Hari kamis pun tiba, hampir aja gue lupa kalau hari ini ada sesi konseling sama kak chan. Tadi dia nelpon buat ngingetin, katanya sih ga perlu buru-buru soal nya santai ga ada dosen yang ngeliatin. Karena udah dibilang gitu gue juga jadi nyantai. Manja dulu sama bunda sampe bikin jeongin gumoh. Bunda Cuma terkekeh geli aja pas liat jeongin ngatain gue. Jarang banget ada momen kaya gini, jeongin biasanya jarang dirumah, kalau dirumah pun dia dikamar mulu, mentok mentok main di kamar gue. Kadang kasian aja sama bunda sendirian.

Tentang papa, beliau kerja di luar kota, pulang kerumah pas weekend aja.

Kalau papa pulang, gue biasanya menyibukkan diri dikampus, dan bakal nginep di kosan nya jisung. Gue—takut.

"bun udah jam 9, hyunjin pergi dulu ya. Adek , kakak pergi dulu, baik baik sama bunda" pesen gue ke jeongin.

.

.

Normal POV

Sejak kemarin, jeongin memutuskan untuk mulai mendekatkan diri ke Bunda nya. Dia duduk di sebelah bunda, "bun, boleh jeongin baring di paha bunda?" tanya nya ragu.

Bunda senyum , "boleh dong dek, kamu sekarang kan anak bunda, lain kali jangan izin lagi ya sayang" jawab bunda lembut. Jeongin pun menempatkan kepala nya diatas paha sang bunda. Tangan bunda terulur untuk mengelus surai anak tiri nya.

"bunda, ga papa kak hyunjin feminim?" tanya nya.

"kalau dia macho bunda malah ga kenal sama dia—"bunda terkekeh. "—sebagai seorang ibu, bunda akan menerima apapun keputusan kakak mu selagi dia masih tau batasannya."

"bunda—kenapa mau nikah sama papa? Kalau jeongin jadi bunda, jeongin ga bakal mau" ujarnya. Dia tau betul bagaimana tabiat ayah nya.

"hyunjin butuh seorang ayah, dan kamu juga butuh seorang ibu." Jawab bunda. Sebenarnya jeongin tidak puas dengan jawaban sang bunda.

"bun, kalau papa berulah, jangan ragu buat minta cerai. Nanti jeongin ikut bunda, biar bunda sama kakak ada yang jagain"

Wanita yang tahun ini menginjak usia 47 tahun itu tersenyum. Ia menjawil hidung anak bungsu nya, "jeongin juga , kalau lagi ada masalah jangan sungkan untuk cerita ke bunda atau ke hyunjin ya. Ga semua masalah bisa selesai dengan tinjuan"

Jeongin mengangguk, ia memiringkan tubuhnya untuk memeluk perut sang bunda. Sudah lama sekali rasanya sejak ia memeluk seorang ibu. Mama jeongin meninggal ketika usia nya 10 tahun.

.

.

Hyunjin pov

Nyampe kampus gue langsung ke lab psikologi. udah rame yang nunggu disana, di keramaian itu gue nyari jisung, dia juga kebagian hari ini. Dan sudut mata gue ngeliat jisung lagi ngobrol sama kak minho. Bukan nya jisung sama kak irene? Atau tukeran ?

Karena ga mau ganggu , gue duduk di salah satu bangku yang kosong , ada beberapa temen seangkatan juga. Gue nge-chat kak chan , ngasih tau kalau gue udah sampe. Ga lama setelah chat di read , dia nyamperin gue. Penampilannya rapi ga kaya biasanya. Ya emang udah syarat praktikum sih.

"kalau udah siap langsung aja ayo" , gue pun ngangguk dan ngikutin dia ke salah satu bilik. Dalam lab ini ada banyak bilik, ga kaya anak ipa yang lab nya banyak cairan kimia , tabung reaksi dan lainnya. Di labpsi Cuma ada meja sama kursi.

Kak chan tampak gugup, tapi emang dasarnya dia udah pro jadi keliatan tenang. Dia ngeluarin hp sama note kecil. "karena masih praktikum , konseling nya Cuma 45 menit. Dan bakal gue rekam. Gpp kan?"

"iya kak, gpp"

Dia neken tombol record terus memulai salam dan perkenalan, tentu aja tutur kata nya jadi sopan.

"kamu bisa menceritakan masalah kamu" ucap nya.

Gue narik napas sebelum ngomong, dan gue ceritain semuanya, dari awal , dari gue mulai nyobain baju bunda sampe detik ini.

"gue ga mau bunda kecewa lagi,kak. Gue mau menghilangkan feminin ini tapi gue ga bisa. Udah segala cara gue coba tapi gue malah stres, frustasi lalu balik lagi kaya dulu"

"udah pernah kamu membicarakan hal ini ke bunda?" tanya nya. Gue menggeleng. Bener juga, gue sama sekali belum pernah ngomongin ini ke bunda.

Yang waktu itu juga gue Cuma nangis tanpa ngejelasin apapun ke bunda.

"hyunjin, kamu bisa mulai membicarakan ini sama bunda mu, kamu ga perlu jadi orang lain untuk membahagiakan nya. Kalau jadi dirimu sendiri cukup , kenapa nggak? Bunda kamu pasti bakal ngerti"

"dan kalau pun kamu pengen berubah, proses nya ga secepat membalikkan telapak tangan. Kamu harus menguatkan niat kamu, lalu berkomitmen dengan diri sendiri, yakin kan kalau kamu bisa"

"makasih kak, gue bakal nyoba ngomong ke bunda nanti" dia ngangguk terus nutup sesi konseling nya.

"hyunjin tunggu didepan ya, jangan pulang dulu" ujar nya.

Gue keluar lab, terus ke toilet mau cuci muka. Toilet di lab ga segede toilet lainnya di kampus. Pas buka pintu , gue kaget. gue yakin 100% mata gue masih sehat. Gue ngeliat kak minho narik jisung masuk ke salah satu bilik toilet. Kaya nya dia kaget karena gue tiba-tiba masuk.

Setelah cuci muka , gue iseng agak nunduk buat ngeliat celah kaki yang emang keliatan. Ada dua pasang sepatu. Dan salah satu sepatunya gue tau banget. Itu punya jisung. Dia ngebordir nama 'Han' di sisi sepatu nya—biar ga ilang katanya.

Abis itu gue keluar, nutup pintu nya sengaja agak di kencengin biar mereka tau gue udah keluar. Gue sama sekali ga mempermasalahkan hubungan sesama jenis, tapi mungkin jisung belum siap buat ngasih tau siapapun.

Keluar dari toilet , kak chan udah duduk di bangku depan lab. Ada dua kantong palstik. Salah satu nya plastik mcd , satu nya lagi kresek item.

"makasih kak"

Sebelum gue turun , dia nahan gue. "hyunjin , gapapa kok jadi beda." Ujarnya. Gue senyum. Terus ngomong makasih lagi sekalian pamit , "makasih kak chan, duluan ya"

Tadinya mau nungguin jisung, tapi takut dia malu dan malah ngediemin gue. Jadi gue duluan ke taman deket fakultas, mau menyantap mcd gratisan. Rame anak kelas gue yang sama sama lagi menyantap mcd. Gue pun duduk di meja yang sama dengan Yeji, kembaran gue. Bercanda. Kita satu tutor , jadi gue cukup dekat sama yeji. Selama rangkaian ospek semua maba di bagi kedalam beberapa peer group dengan satu tutor. Nah gue sama yeji ini satu peer group.

"di op-in siapa?" tanya nya sambil nikmatin potongan ayam mcd.

Sebelum makan , gue ngebersihin tangan dulu pake hand sanitizer,  "sama kak chan, lo sama siapa?"

"sama kak changbin. Kok bingkisan lo banyak, dapet apa aja nih?" tanya nya , tangan kiri yeji ngambil kresek item dari kak chan, isi nya ada silverqueen , pepero, sama susu kotak rasa coklat. Ada sticky note nya.

Dibacain tuh sama Yeji , "makasih hyunjin udah mau jadi op gue. Semangat terus. Kalau butuh temen cerita , gue bakal siap jadi pendengar lo,kok"

Yeji terus diem, gue neguk cola sebelum ngomong, "kenapa diem? Ada yang salah?"

"gue sepupunya kak chan, kalau dia ngedeketin lo jangan mau" ujar nya serius. Gue agak merinding , soal nya mata nya nyeji jadi sinis ala ala pemeran antagonis.






"dia itu definisi sesungguhnya dari kata brengsek"




ΨΨΨ



Istilah istilah yang aku gunakan adalah istilah yg dipke di kampus ku. Aku ga tau di unv lain menggunakan istilah yg sama atau ngga.


Karakter jeongin disini adalah karakter adik yang aku idam kan, aku adalah anak bungsu yg sebener nya pengen punya adek, hanya saja disaat aku mengerti, mama udah keburu menopause 😂


Aku pernah jadi op konseling, satu pesan dari si akang yang sampe sekarang belum berani aku lakukan adalah 'bicara' lebih banyak dengan mama papa. Aku takut menambah beban mereka dengan keluh kesah ku----tolong jangan ditiru.

Psyche ● [ chan × hyunjin ]Where stories live. Discover now