stressor

1.7K 290 31
                                    


Stress, kalian pasti pernah ngerasain stres, kan? Sumber stress itu sendiri disebut stressor. Ngeliat jeongin di club semalem gue anggep sebagai stressor karena sekarang gue pusing banget mikirin apa yang jeongin sembunyiin. Kalau dia cuma sekedar minum mungkin gue ga bakal se-stres ini mikirinnya. Ini masalahnya dia ketemu sama preman yang gue ga tau siapa. Pas ditanyain malah ga mau jawab. Terlebih lagi anak dibawah umur kaya jeongin dapet akses darimana sampe bisa masuk. Kata jisung club semalem bukan sembarangan club. Anak dibawah umur kaya jeongin ga mungkin bisa masuk tanpa orang dalem. Siapa yang berani-beraninya ngebiarin dia masuk.

Selain itu, gue jadi kepikiran sama bangchan. Semalem gue ga dapet apa-apa selain neglihatin dia make out sama cewe. Isi kepala gue yang udah penuh jadi tambah penuh. Mau meledak rasanya. Belum lagi gue lupa sama tugas mata kuliah perilaku abnormal anak dan remaja yang di kumpulin besok pagi. Untung nya hari ini ga ada kelas, jadi gue bisa ngebut ngerjainnya.

Sejak masuk jurusan ini dan belajar perilaku abnormal, gue jadi sadar betapa pentingnya untuk merhatiin pertumbuhan anak sejak dini. Untuk setiap detil pertumbuhannya itu penting. Karena setelah gue baca jurnal-jurnal buat tugas ini gejala abnormalitas anak itu banyak yang baru keliatan pas usia sekolah padahal gejala nya udah ada sejak usia dini.

Selesai nugas gue scroll timeline dan ada postingan dari akunnya bangchan, dia nyebarin pamphlet acara, tentu aja captionnya dengan tutur kata yang sopan. Persona yang dia bangun di universitas emang bener-bener baik. Kadang gue juga meragukan omongan orang terdekatnya perihal ke-tidak-berakhlak-nya dia. Kalau kalian liat dia dikampus, bangchan bener-bener keliatan kaya panutan seluruh universitas.

Satu notifikasi gue dapet. Tebak dari siapa?

Bener, dari bangchan.

Liat notif udah kaget, pas baca isi nya lebih kaget lagi.

"gue didepan rumah lo. Gue mau nunjukin sesuatu. Bawa jaket"

Takut di bohongin, gue ke jendela dan bener aja, bangchan udah didepan rumah sama mobilnya. Gue buru-buru turun dan bawa jaket. Pas udah sampe depan mukanya barulah gue kepikiran, "kok gue nurut?"

Ga banyak omong dia langsung ngisyaratin gue untuk masuk. Beruntung jeongin lagi ga ada dirumah.

"mau kemana?" gue nanya.

"semalem gue liat lo di club ngapain?"

Gue diem sebentar, ga mungkin kan bilang kalau gue ngikutin dia?

"mau mergokin adek gue"

Bangchan terkekeh, "kaya nya alasannya ga cuma itu"

Gue lupa, dia senior gue, mahasiswa psikologi terbaik diangkatannya. Observasinya pasti udah lebih tajam dan akurat dibandingin gue yang baru belajar ini. Gue ga nanggepin lagi omongannya, cari aman sih lebih tepatnya.

"gue mau nunjukin sisi bangchan si brengsek, yang buat lo penasaran ini" ujar nya.

.

.

Sekarang udah jam 11 siang, tadi kita drive thru mekdi buat makan siang.

"udah belajar abnormal dewasa,kan?" tanya nya. Gue reflek ngangguk sambil ngunyah big mac yang dibeliin bangchan.

"lo bisa observasi gue dari sekarang. Menurut lo, gue ini normal bermasalah atau abnormal?"

"mampus" –gue masih noob.

Untuk menyatakan seseorang itu abnormal ga sembarangan, kita biasanya berpaku sama DSM-V—semacam manual yang ngebantu kita buat diagnosa. Jadi disetiap gangguan itu ada kriteria-kriteria yang harus terpenuhi, ada jumlah minimal criteria yang harus lo rasain sebelum bisa negakin diagnosis nya.

Psyche ● [ chan × hyunjin ]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang