토론 Pembahasan

7.3K 844 168
                                    

Di part ini aku bakal jelasin dari pertanyaan" seputar cerita yang kalian belum pahami atau masih bingung. Jadi simak baik" oke. Karna di part ini juga bakalan ada penjelasan tentang kata kunci yang bikin kalian pusing (?) Dsb.

.
.
.

Pertama kita bakal bahas sesuatu yang kalian belum pahami di story ini.

1. Aq juga masih bingung bedanya alter ego, bipolar sama self harm, trus ada Schizofernia juga.. Itu bedanya gimana sih?

Alter ego, dari sumber media yang aku dapet alter ego itu pembentukan kepribadian yang baru dalam satu jiwa. Sejurus dengan kepribadian ganda atau multiple personality disorder.

Bipolar disorder, sejauh ini kita pasti tau bipolar itu identik dengan sikap yang moodyan. Atau orang yang mengalami perubahan mood yang turun atau naik drastis. Menurut pandangan sikologis cukup berbahaya, karna kalau orang itu tiba" merasa semangat... saking semangatnya dia bisa gak tidur selama beberapa hari karna bawaannya seneng, lalu saking ngerasa semangatnya dia gak sadar kalau sebenarnya itu berbahaya buat dia. Contoh : saking semangatnya dia naik sepeda, lalu mengayuh sepeda dengan kebut" tan dan gak sadar ada sesuatu seperti motor atau mobil dan berkahir dia (?) Ada banyak macam kemungkinan, jadi aku kasih tanda tanya. Terus perubahan mood drastis seperti rasa sedih yang tiba-tiba muncul, depresi atau bahkan saking depresinya bisa memicu bunuh diri.

Self Harm/Self Injury, pasti kalian udah gak asing ama kata ini. Banyak anak muda sekarang yang ngelampiasin apapun ke diri sendiri yang berujung fatal. Biasanya faktor karna beban berat yang menimpa permasalahan hidupnya seperti keluarga/hubungan cinta atau apapun lainnya. Kalo menurut aku pribadi kayanya hampir semua penyakit yang menjurus ke kepribadian pasti ada kaitannya dengan self harm, yah aku kurang tau juga sih, cuman itu menurut pandangan aku. Karna temenku ada yang self harm jadi aku sedikit ngambil pelajaran dari dia.

Schizofrenia, Gara-gara aku bikin cerita ttg skizo ini aku banyak belajar dari penyakit skizo ini. Kalo menurutku ini penyakit terseram. Menurutku loh ya menuerutku, gak tau kalo kalian.  sebelumnya maaf bagi kalian yang punya penderita ini. Kalo seandaikan tokoh seungmin disini malah membuat kalian terpancing atau membuat kalian down dan ngerasa sebagainya. Aku gak berniat seperti itu, tapi aku pingin kalian punya pandangan lain untuk bisa keluar dari lingkar merah.... gak semua keburukan berakhir dengan buruk. Asal kalian ada niat dan usaha pasti semuanya bisa teratasi meskipun takdir kita pada akhirnya gak ada yang tahu.

Oke, skizofrenia itu gangguan halusinasi, delusi/waham. Halusinasi biasanya terjadi si penderita mendengar ada seseorang yang membisikinya lewat indra pendengaran/telinga. Biasanya ini terbagi jadi dua yang pertama itu berwujud suara dan yang kedua itu berwujud teman khayalan yang dia ciptain sendiri.

Lalu ada delusi/waham. Ini si penderita memiliki keyakinan sendiri bahwa apa yang dialaminya itu benar" terjadi dan yakin kalau itu memang ada. Padahal yang kita tahu sebenarnya semuanya itu salah....

Jadi perbedaan alter ego, bipolar, skizo, selfharm itu jelas berbeda. Mereka memang sama" berhubungan ttg kejiwaan tapi efek yang ditimbulkan pun berbeda.

.
.
.

2. Tentang penyakitnya Felix sejak kapan dia menderita nya dan penyebab nya apa aku masih kurang ngeh

➡ soal felix maaf banget nggak aku jelasin kenapa felix bisa menderita penyakit kanker paru" ini. Karna ya aku cuman memfokuskan sama seungmin yang bener" jadi tokoh utama disini. Jujur itu juga soal felix yang menderita penyakit, aku buat dadakan dan ada kepikiran buat nambahin konflik diantara mereka, jadi tanpa sengaja dan sedikit sengaja aku melibatkan felix dalam konflik permasalahan.

We Are Teen Detektif- StrayKids ✔ (Terbit)Where stories live. Discover now