Family

1.5K 253 13
                                    

Warn!Non-baku

BoyxBoy

Ryeonseung with SonLeeNam

Typo bertebaran

Jangan lupa vote dan comment.

.

.

.


"kak, mau makan mcd?" tanya youn

"hm," yang ditanya cuma ngegumam, sengaja gak mau buka suara biar air matanya gak keluar. malu dibilang cengeng.

"esa sama dodo, mau?" sekarang giliran yang lebih muda ditanya sama seungyoun.

"mau pi,"

"yaudah, ayo ke mcd!"

dohyon dan eunsang lari kecil ngedahuluin papa dan papinya biar cepet masuk ke mcd sedangkan dongpyo ngikutin adek-adeknya dengan langkah lemes yang dia punya, mood dongpyo bener-bener jelek, dia pengen pulang trus tidur, bukannya nambah waktu di luar.

"dongpyo kayanya kesel abis aku marahin, tadi keterlaluan ya?" tanya seungyoun begitu ngeliat ketiga anaknya udah jalan agak jauh di depan

"ngga, biasa anak-anak kalau kemauannya gak diturutin bakal ngambek," jawab seungwoo, ngusap punggung youn, berusaha nenangin yang lebih muda supaya tidak terlalu kepikiran bab anak mereka yang lagi dalam mode ngambek.

beberapa menit yang lalu, seungwoo, youn, dan tiga anak-anak mereka belanja ke hyper buat menuhin kebutuhan bulanan yang mulai abis.

dongpyo misahin diri dari orang tuanya, ngeliat-liat rak hyper siapa tau ada barang yang bisa narik perhatian dia.

dan bener aja, dia ngeliat sepatu, pelan-pelan ngedeketin papa-nya, ngasih tau kalau dia pengen sepatu itu tapi sayangnya gak dibolehin sama papi-nya karena baru dua hari lalu dongpyo beli sepatu.

papinya emang selalu ngajarin buat gak terlalu boros tapi mungkin youn pas itu lagi capek-capeknya, akhirnya bentak dongpyo sampai anaknya kaget dan hampir nangis.

dari situlah, dongpyo milih buat diem dan cuma ngekorin keluarganya, bahkan waktu seungwoo nawarin jajan ke anak-anaknya pun, dongpyo milih buat ngejauh, pura-pura milih padahal gak ngambil apapun.

"do, tanyain kak pyo mau pesen apa," ujar seungyoun yang lagi ngantri bareng eunsang.

dohyon ngangguk, langsung nanyain kakaknya yang masih diem mainin kunci mobil di atas meja.

"kak pyo mau pesen apa?" tanya dohyon

"es— terserah aja do," dohyon yang dasarnya udah laper, milih buat lari nyamperin papinya, ngasih tau jawaban kakaknya tanpa tau kalau papinya natap dongpyo pakai tatapan sendu.

sayangnya, seungwoo nangkep tatapan youn. dia tau anak pertamanya lumayan cengeng, persis kaya seungyoun, jadi dia ngusak pelan rambut dongpyo, narik perhatian anak itu.

"ngga mau pesen es krim, kak?"

dongpyo ngegeleng, kepalanya nunduk.

"marah sama papa?"

dongpyo geleng lagi

"sama papi?"

gak ada jawaban apa-apa, seungwoo senyum tipis, tangannya ngacak rambut dongpyo, dia tau anaknya udah nangis tapi sengaja di biarin karena marahnya dongpyo itu nangis.

beberapa menit kemudian, keadaan masih sama. dohyon nyamperin seungwoo, "pa, disuruh papi minta dompet," dan langsung di serahin tanpa babibu.

"pesenin papa es krim 2 ya, do"

"dodo juga mau"

"iya pesen aja"

dongpyo nelungkupin tangannya di atas meja, pura-pura tidur, dia mikir mungkin makanannya dia kali ini juga gak akan sesuai sama kemuannya, jadi dongpyo bisa kasih itu ke dohyon atau bungkus aja biar dia makan pas di rumah kalau laper tengah malem.

"ini es krimnya," dodo naruh dua cup mc flurry oreo di atas meja sementara di tangannya ada es krim cone yang udah abis seperempatnya.

"makasih do,"

"sama sama" anak itu pergi lagi nyamperin papinya yang masih nunggu pesenan mereka, itung-itung bantu bawa biar papi atau kak esa nggak kerepotan.

"kak, makan dulu es krimnya, papa pesen dua nih" seungwoo ngeguncang pelan lengan anak pertamanya.

"ngga pa, buat dodo atau esa aja"

"papa pesennya buat kamu, makan gih, gak baik nganggurin makanan"

agak ragu, dongpyo ngambil es krim yang di sodorin seungwoo, masukin satu suapan ke dalam mulutnya, membiarkan rasa dingin nyebar di dalam sana.

"gimana? udah dingin? udah reda marahnya?" tanya seungwoo, dongpyo ngangguk pelan.

"maafin papi ya kak? papi lagi capek, gak marah kok, papa berani jamin. pyo udah gede, pasti paham kalau orang capek pasti kadang gak sengaja ngelakuin sesuatu tanpa sadar, papi juga gitu, papi sayang banget sama dongpyo sama kayak papa sayang sama dongpyo," sambungnya.

dongpyo diem natap seungwoo dan nunduk gak lama kemudian.

"kak, ini mainannya, masa gak bisa gerak sih?!" eunsang duduk di samping dongpyo, nyerahin mainan kids meal hadiah dari mcd trus mainin punyanya sendiri yang sama-sama gak bisa gerak

"punya dodo juga gak bisa, iklannya nipu banget ah gak suka" dohyon nyahut dan ngegeletakin mainannya gitu aja, milih buat cepet-cepet ngambil makanannya

"pyo, masih marah sama papi?" tanya seungyoun, tangannya sambil ngebagiin makan buat seungwoo, dongpyo, eunsang, dan dohyon.

"ngga, maafin pyo yang ngambekan ya pi,"

"papi juga minta maaf, minggu depan kalau nilai uts pyo bagus, kita beli sepatu yang pyo mau, gimana?" dongpyo ngedongak, natap papinya dengan mata berbinar.

"beneran pi?"

"iya, dodo sama esa juga, kalau utsnya bagus bakal dapet hadiah dari papi, dari papa juga biar adil" jawab youn, nyubit pinggang seungwoo yang lagi asik makan sama dohyon

"aduh,"

"bener kan, pa?"

"hah? iya bener haha..." seungwoo ngeliatin youn, nuntut penjelasan tapi gak ditanggepin, salah sendiri orang lagi nenangin anaknya yang ngambek malah ditinggal makan, seungwoo kira cuma dia yang laper apa?

"oke, pyo maafin papi dari hati yang terdalam" seungyoun senyum lebar ngedenger jawaban dari anak sulungnya.

"kak pyo jangan ngambek ya, tau gak, mukanya kak pyo mirip bebek karetnya dodo," ejek eunsang, ditanggapi tawa renyah oleh keempatnya kecuali dohyon yang terlalu sibuk menggigit burger ditangannya.

End.

Maaf ya ngga ada lucu atau gemes atau something specialnya, ini ide yang tiba-tiba muncul setelah buka twitter, nemu doa yang bisa menyampaikan rindu dan...

dear papa, choco's miss you.

—choco, 11.10.2019.

Thinking Out LoudTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang