Penulis Menjawab

507 46 12
                                    


HafsahAzzahra09

Berapa lama waktu buat Kak Nay biar bisa ada di titik sekarang? Belajarnya, mencobanya, latihannya, ditolaknya. Mungkin bisa sedikit cerita?

Halo, Hafsah~

Untuk menentukan berapa lama sampai berada di titik sekarang itu agak sulit, sih, karena aku juga tidak pasti kapan memulai. Yang jelas, aku hobi menulis itu dari SD, dari cerpen-cerpen supersingkat yang berkembang menjadi novel dalam bentuk skrip drama waktu SMP.

Pas SMA, aku sudah mulai menentukan cita-cita: aku mau jadi penulis. Kemudian, waktu kuliah, aku baru punya keberanian dan jalan untuk mencoba mengajukan naskah ke penerbit.

Naskah pertamaku diterima. Beginner's luck, I believe. Tapi, setelah itu jalannya tidak gampang karena ada banyaaak banget penolakan setelahnya, dan kegagalan lainnya. Naskah pertamaku yang diterima tadi terbit setelah dua tahun menunggu, dan enggak bestseller, jelas. Aku bahkan enggak bisa menemukan review-nya di mana pun. Lalu, di antara puluhan kali penolakan, ada dua naskah lain yang diterima. Hanya diterima. Tidak pernah terbit sampai detik ini. Salah satunya aku tarik dan unggah di Wattpad agar bisa dibaca secara gratis. Judulnya The Tale of Rain.

Kemudian, aku juga sempat menyerah dengan cita-cita ini. Aku pikir mungkin jalanku bukan sebagai penulis, jadi aku menyibukkan diri dengan bekerja, mencari uang dengan profesi lain. Waktu aku memutuskan untuk memulai lagi di Wattpad, itu juga sulit. Aku sempat publish dan unpublish beberapa cerita karena enggak ada yang baca. Sampai salah satu ceritaku menjadi cukup meledak (bagiku, ya), dan yang lain lolos kompetisi Urban Romance Noura ini.

Jadi, jawabannya ya lama, sangat lama, bertahun-tahun.



aurynaulia

Apa yang Laudy alami selama pacaran sama Tiang? Paling sedih, paling bahagia, paling romantis.

Halo, Auryn~ Wah, menurutku kata paling-paling ini tergantung persfektifnya. Tergantung dari sudut pandang siapa, pembaca, penulis, atau Laudy?

Dari sudut pandang Laudy aja kali, ya. Momen paling sedih adalah saat dia bertengkar dan berjarak dengan Kian, saat melepaskan, tahu, 'kan? Yang paling bahagia mungkin adalah di bagian ending cerita Tiga Minggu ini? Yang paling romantis? Hmm, ada di bonus chapter, yang akan segera ada di versi novel Tiga Minggu. PO sebentar lagi. Siap-siap, ya!



arutale

Kak, seberapa galak bapaknya Laudy di mata Tiang?

Halo, Arutale~ Pertanyaan yang menarique. Seberapa galak Pak Bambang Herlambang? Wah, galak banget! Kian aja sampai takut. Tapi, kalau kamu penasaran banget, di versi novelnya bakal ada, lho, saat Kian harus mengakui hubungan mereka di depan bapaknya Laudy. Wah, gimana, tuh?!



aprianiwlndr01

Kak, adakah tips untuk terus konsisten nulis dan bagaimana cara Kakak menghadapi writer's block?

Halo, Apriani~

Pertanyaan yang cukup sulit buatku karena kadang aku sendiri masih struggle agar bisa konsisten menulis dan menghadapi writer's block.

Tapi, dari semua pengalaman, yang biasanya kulakukan saat menghadapi writer's block adalah rehat sejenak. Ada saat-saat aku merasa lelah menulis, jadi aku melakukan hal lain yang menyenangkan dan enggak menyentuh laptop selama berhari-hari. Nonton film, baca buku atau jalan-jalan biasanya juga memberi inspirasi.

[CAMPUS COUPLE] Naya Hasan - Tiga MingguDonde viven las historias. Descúbrelo ahora