3/Materi Sinopsis dan Blurb

35 6 0
                                    

Materi tanggal : 27 Agustus 2017
Pemateri : Camin Nacil dan Camin Friza
Topik : Sinopsis dan Blurb

"Mengenal Lebih Jauh Antara Sinopsis dan Blurb."

A. Sinopsis

Sinopsis adalah ringkasan cerita sebuah novel. Tanpa mengesampingkan unsur-unsur intrinsik dalam novel dan tetap memperhatikan keindahan kalimat penulisannya. Sinopsis berisi Awal cerita, konflik cerita, peyelesaian konflik. Sinopsis juga menjelaskan secara lengkap siapa tokohnya, karakter tokoh, setting.

Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli.

• Membaca naskah asli terdahulu untuk mengetahui kesan umum penulis.
• Mencatat gagasan utama dengan menggaris bawahi gagasan - gagasan yang penting.
• Menulis ringkasan berdasarkan gagasan-gagasan utama sebagaimana dicatat pada langkah ke dua. Gunakan kalimat yang padat, efektif, dan menarik untuk merangkai jalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yang menggambarkan karangan asli.
• Dialog dan monolog tokoh cukup ditulis isi atau dicari garis besarnya saja.
• Ringkasan / sinopsis novel tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan novel.

B. Blurb

Blurb atau wara adalah deskripsi promosional yang ada di sampul belakang buku. Isinya tentu saja potongan cerita isi buku, tanpa menceritakan ending cerita. Tren blurb jaman dulu, terlalu banyak mengungkapkan spoiler cerita. Namun sekarang, benar-benar disembunyikan, hanya dibahas sedikit, lalu ditulis dengan sangat cantik untuk menarik konsumen.

Blurb selain berfungsi sebagai daya tarik dan persepsi visual dari sebuah buku, juga merupakan bentuk komunikasi visual buku. Dengan adanya blurb, memungkinkan terjadinya komunikasi satu arah antara pengarang dan penerbit dengan pembaca.

Terdapat dua komponen penting yang terdapat pada sampul depan serta sampul belakang sebuah buku. Hal itu menjadi bagian sangat penting guna menarik minat para calon pembaca dan mengundang rasa ingin tau pembaca atas dari buku yang bersangkutan.

Pada sampul buku biasaya dipaparkan mengenai judul buku, anak judul, penulis, atau penerbit serta tahun terbit atau lebih dikenal dengan impresum buku. Sedangkan pada sampul belakang buku dapat kita temui tulisan - tulisan tentang isi dari buku.

Tulisan pada sampul belakang bisa berupa synopsis buku, biografi pengarang, atau komentar dari beberapa tokoh, baik dari segi isi, gaya bahasa, tampilan ataupun sosok pribadi pengarang. Sampul belakang ini biasa juga disebut dengan wara atau blurb.

Cara atau bentuk penyajian wara atau blurb baik dalam bentuk ringkasan atau synopsis buku maupun komentar tokoh tertentu pun dapat mempengaruhi pendapat pembaca tentang isi buku tersebut.

Pencantuman komentar tokoh pada buku dapat memberikan manfaat pada pembaca, antara lain :

1. Membantu memahami isi buku.
2. Sebagai sarana promosi.
3. Alat Bantu dalam kegiatan seleksi bahan pustaka.

Informasi yang biasanya terkandung didalam komentar tokoh pada blurb memberikan sumbangan penting bagi
1. Sebagai sarana dan daya tarik promosi buku
2. Untuk mendongkrak penjualan
3. Alat Bantu seleksi bahan pustaka

> Karakteristik Bahasa dalam Blurb

Secara garis besar, bahasa yang digunakan dalam blurb merupakan bahasa yang dapat mengkomunikasikan maksud dan keinginan dari pengarang serta penerbit, sesuai dengan kaidah tata bahasa Indonesia yang berlaku, akan tetapi untuk beberapa kasus terdapat berbagai penyimpangan pemakaian bahasa.

> Penggunaan bahasa dalam blurb, bersifat :

° Singkat, padat, jelas, sederhana dan lugas.
Hal ini sangat dipengaruhi oleh keterbatasan ruang pada blurb, serta latar belakang pembaca yang bersifat heterogen. Oleh karena itu penerbit harus mampu mengkomunikasikan isi buku, kekurangan dan kelebihannya dengan menggunakan bahasa yang singkat, padat, jelas, sederhana, dan lugas sehingga dapat dikonsumsi oleh pembaca dari semua lapisan sosial dan tingkat intelektual yang berbeda.

°Menarik
Dengan membaca blurb, diharapkan akan menimbulkan minat ataupun keinginan untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang buku tersebut. Oleh karena itu, bahasa blurb harus disajikan dengan semenarik mungkin.

°Mudah dipahami
Synopsis, biografi, ataupun komentar yang disajikan diharapkan mampu dipahami dengan mudah oleh pembaca. Sehingga fungsi blurb sebagai media promosi pun dapat dipenuhi. Pembaca dapat menangkap maksud tulisan pada blurb, meski pada kesempatan yang sangat terbatas.

Blurb yang berupa synopsis buku atau biografi pengarang, pada umumnya dalam pemakaian bahasa, bersifat lebih fomal serta sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang berlaku. Hal ini pun berhubungan dengan kemampuan penggunaan bahasa dari pihak editor dan pihak penerbit, karena blurb yang berupa synopsis isi dan biografi pengarang disediakan oleh pihak penerbit untuk kemudian di edit oleh pihak editor penerbitan. Berbeda dengan blurb yang mencamtumkan komentar dari beberapa tokoh atau lembaga yang relevansi dengan isi buku. Pada bagian ini, bahasa yang digunakan lebih variatif, tidak berpedoman apada Ejaan Yang Disempurnakan. Hal ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahasa oleh para tokoh yang memberikan komentar.

Revisi : Nacil

Wattpadesurd KnowledgeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang