8/Materi Song Fiction

101 2 0
                                    

Nama Pemateri : Friza
Hari/Tanggal : Selasa, 6 Maret 2018
Materi : Song Fiction

Mungkin ada yang udah tau apa itu "Songfict?"

Jika ada yang belum,
Mari kita simak materi berikut ini :D

Songfict adalah singkatan dari "Song Fiction", artinya bikin cerita dari sebuah lirik lagu.

Song Fiction yang bakal gue bikin ada dua tipe yaitu:

♡ Alurnya mengikuti cerita yang ada di lagunya atau makna lagunya. Ini hampir kayak konsep video clip/music video gitu. Jadi, kalo baca cerpennya sambil dengerin lagunya bisa berasa kayak lihat video clipnya gitu.

♡ Alurnya diambil dari kutipan yang ada di lirik lagu. Jadi, gue bakal pilih kutipan/quotes dari lagu itu dan membuatnya jadi song fiction. Kalo yang ini mungkin bakal beda jauh sama alur cerita atau makna lagunya sendiri.

Tips untuk membuat Song Fiction :

1. Pilih dulu lagu apa yang kamu mau bikin jadi cerita.
Cari lagu yang kamu suka terus kira-kira kepikiran jalan ceritanya kayak gimana. Kalo mau sesuai pengalaman juga nggak apa, bebaskan kreasimu sebebas-bebasnya ! :D

2. Coba bikin cerita
Bikin cerita dari tiap part lagu itu. Biasanya sih tiap bait. Jadi lirik lagu-cerita-lirik lagu-cerita. Gitu aja sampai tamat. Tokohnya bebas, mau kamu sendiri atau mau sekalian bikin fan fiction? Hahaha. Yang penting nyambung dan tetep mengikuti jalan cerita.

3. Jangan takut gagal
Ngerasa susah aja atau belum bisa nyambungin ceritanya? Tidak masalah, namanya juga belajar. Pilih aja lagu yang menurut kamu gampang. Liat dulu bait satu liriknya gimana, terus pelajari artinya kira-kira gimana, terus ketik deh cerita sesuai kreasi. Hehehe.

Cara ini juga berguna kalau tiba-tiba disuruh ngarang. Namun bedanya, kalau disuruh ngarang buat tugas atau ujian, lirik lagunya di otak aja ya. Ceritanya tulis di kertas. Heheheh.

Wattpadesurd KnowledgeHikayelerin yaşadığı yer. Şimdi keşfedin