19/Plot Twist

13 0 0
                                    

Pemateri : Caithlyn
Tanggal : 6 Mei 2018
Materi : Plot twist

PLOT TWIST

Plot twist adalah perubahan mendadak atau tajam dari arah plot atau cerita. Plot twist ini digunakan pada plot novel, film, serial televisi, komik, sampai video game. Biasanya plot twist ditujukan untuk menjaga tingkat ketertarikan pembaca, dengan mengungkapkan sesuatu yg tidak pembaca sangka.

Plot Twist ini mungkin tergolong umum yah untuk digunakan di cerita misteri, crime, suspense. Tapi, untuk diaplikasikan di genre-genre lain pun tentu sah-sah saja dan nggak ada larangan untuk hal itu. Bebas. Apalagi ketika kita menyusun alur yang monoton semi mainstream, adanya twist ini jelas bakal bikin cerita kita bertambah kadar kegeregetannya.

Twist ini nggak melulu harus diletakan di ending yah. Kita bisa taruh di tengah, sebelum konflik, atau setelah penyelsesaian konflik pertama, atau konflik kedua dan posisi-posisi lain sebagainya. Pokoknya, kita bisa sisipkan ini di mana-mana. Tapi, perlu diingat bahwa membuat twist jelas nggak semudah membuat cerita. Ketika kita gegabah, asal-asalan, nggak berpikir dengan matang. Salah-salah twist yang coba kita sugguhkan justru berefek blunder bagi kita.

Twist blunder itu yang kayak gimana?

Yaitu twist yang mengandung plot hole alias tidak konsisten, meninggalkan penjelasan yang lupa tidak dituliskan di awal sehingga karya tersebut terasa tidak matang. Alhasil bukannya menbuat pembaca tercengang, karya kita justru bisa jadi terkesan konyol. So, be careful!

▶ Berikut beberapa plot twist yang sering ditemukan :

1. Anagnorisis atau Pengungkapan

Mislanya, si Mas Badboy yang tajir itu ternyata dia punya kembaran. Dia tiba-tiba muncul waktu Mas Badboy hampir kehilangan napasnya.

2. Unreliable Narrator

Yaitu narator selama ini memberi info palsu dalam cerita. Atau melakukan manipulasi dan menyesatkan pembaca.

3. Deus ex Machina

Munculnya karakter, kejadian, alat baru secara mendadak demi menyelesaikan masalah. Contoh, ketika Mas Badboy sedang kesusahan tiba-tiba dia nemu botol yang dalamnya ada jinnya yang akhirnya membantu dia membereskan masalahnya. Btw, ini Mas Badboy-nya rasa aladin.

4. Chekhov's Gun

Di sini karakter yang di awal kayak nggak berguna ternyata justru orang yang penting dalam cerita.

5. Non-linear Narrative

Dengan cara ini karakter dan plot diungkapkan dengan tidak berurutan kronologinya. Teknik ini pembaca harus menyatukan kepingan-kepingan informasi secara berurutan agar bisa dimengerti. Twist-nya sendiri muncul dari hasil potongan-potongan informasi yang ditahan hingga klimaks.

▶ Berikut ada beberapa hal yg bisa dipertimbangkan agar plot twist yang kita buat bisa pas dan sesuai dengan tujuan cerita :

1. Buatlah plot twist yang unik. Plot twist harus dieksekusi dengan cerdas dan dipersiapkan dengan baik.

Udah nggak jaman keles Cinderella buluk dan lembek. Hari gini Cinderella tuh naiknya lexus. Makannya cokelat emas.

2. Kita harus menyamarkan twist tersebut supaya ketika terungkap semua akan masuk akal.

Dikit-dikit aja infonya pelan2 dibeberin. Jangan terlalu ngoyo, ntar salah-salah readera pusing karena terlalu banyak materi informasi yang disampaikan secara sekaligus.

3. Keberadaan plot twist harus dapat membuat cerita bergerak maju.

Jangan samapi plot twist ini malah membuat cerita kita berputar-putar atau malah mandeg. Hati-hati. Twist baik cuma alangkah lebih baiknya kalau kita sukses menyelesaikan naskah kita.

4. Plot twist menciptakan situasi menarik yang membuat pembaca penasaran. Jika pembaca bisa menebak twist yang kita buat sebelum saatnya, twist tersebut harus tetap bisa menghasilkan situasi yang menarik.

5. Plot twist adalah bagian dari cerita. Fokus membuat twist memang bagus tapi jangab sampai mengabaikan bagian lainnya.

Jangan lupa perhatikan juga karakterisasi, alur, setting jangan cuma fokus di twist.

Wattpadesurd KnowledgeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang