14/Materi Dialog Tag (2)

7 1 0
                                    

Nama Pemateri : Firda
Hari/Tanggal : Senin, 23 April 2018
Materi : 1. Dialog tag dalam kalimat
2. Dialog tag di antara 2 dialog

***

Dialog tag adalah sebuah frasa yang mengikuti dialog. Berfungsi sebagai penjelas dari si pengucap dialog.

1. Dialog tag dalam kalimat

Oke ada beberapa contoh.

(a) "Semuanya pasti pergi," ucap Friza.

(b) Friza berucap, "semuanya pasti pergi."

Nah frase sejenis ucap Friza dan Friza berucap inilah yang namanya dialog tag, frase yang mengikuti dialog, dan berfungsi untuk menginformasikan identitas si pengucap dialog kepada pembaca. Dialog tag biasanya ditandai dengan kata-kata seperti "ujar", "kata", "pekik", "tukas", "sambung", dll.

Nah, kalau dialog tag ini letaknya di akhir dialog, akhiri dialog dengan tanda koma seperti di contoh (a). Sementara kalau dialog tag-nya berada di awal kalimat, gunakan tanda koma setelah dialog tag, dan akhiri dialog dengan tanda titik seperti di contoh (b). Selain itu, ingat bahwa tanda baca yang mengakhiri dialog harus diletakkan sebelum tanda petik penutup.

Kadang ada beberapa frase yang disalah artikan sebagai dialog tag. Coba bandingkan dialog (a) dan (b) dengan dialog (c) dan (d).

(c) "Persediaan susu pisangmu kubuang." Friza menatap Rifqi lurus.

(d) Friza menatap Rifqi lurus. "Persediaan susu pisangmu kubuang."

Kalimat sejenis "Friza menatap Rifqi lurus" di (c) dan (d) ini BUKAN dialog tag. Kalimat tersebut hanya kalimat yang dipakai untuk mendeskripsikan aktivitas Friza yang lain sambil mengatakan dialog tsb.

Kalau kalimat yang mengikuti dialog BUKAN dialog tag, akhiri dialogmu dengan tanda titik seperti di contoh (c). Kalau kalimat tersebut ada di awal (sebelum dialog, seperti di contoh (d)), gunakan tanda titik untuk mengakhiri kalimat tersebut, baru berlanjut ke dialog.

2. Dialog tag di antara dua dialog

Nah, coba perhatikan contoh.

(e) "Persediaan susu pisangmu kubuang," kata Friza. "Kamu tahu kenapa?"

Ada saatnya, dialog tag diletakkan di antara dua dialog yang masih diucapkan oleh orang yang sama. Kalau kasusnya begini, akhiri dialog tag-mu dengan tanda titik, baru setelah itu tuliskan dialog keduamu, seperti di dialog (e).
Jangan lupa, dialog kedua tetap diawali dengan huruf besar.

Beda ceritanya kalau kedua dialog itu sebenarnya tersambung, tapi terpisah oleh dialog tag. Biasanya ini menandakan bahwa ada jeda/pemotongan dalam pengucapan kalimat tersebut. Contohnya kaya dialog (f) di bawah ini.

(f) "Mana aku tahu! Yang kutahu kamu nggak suka susu pisang, Friza! Tapi," kata Rifqi, "kenapa... kenapa tega kayak gitu?!"

Nah, kalau begini kasusnya, gunakan tanda koma setelah dialog tag, dan gunakan huruf kecil untuk mengawali dialog kedua. Hal ini dikarenakan dialog kedua sebenarnya masih merupakan bagian/masih satu kalimat dengan dialog pertama.

***

Wattpadesurd KnowledgeWhere stories live. Discover now