Pengantar Menulis

959 95 2
                                    

Kali ini saya kembali lagi dengan buku bergenre non fiksi kategori buku panduan. Menulis dan Kamu.

Berawal dari keresahan sendiri, akhirnya buku ini pun tercipta. Melihat banyak ketertarikan menulis semakin meningkat namun masih banyak pula yang bingung dan tidak tahu harus memulai dengan apa dan bagaimana ketika memutuskan diri untuk berkecimpung di dalam dunia literasi dan sastra menulis.

Adapun berbagai kendala yang dihadapi seperti terbentur biaya; tak bisa ikut kelas menulis dan workshop kece yang berbayar, ada pula yang terbentur dalam waktu, kesibukan, namun tetap ingin menulis. Buku ini nampaknya pas untuk menjadi kawan diskusi dan penuntun langkah ke arah yang lebih pasti.

Buku ini ditujukan untuk membantu dan membimbing siapapun yang tertarik dalam hal kepenulisan. Membahas secara sederhana dan jujur, baik dari unsur intrinsik maupun ekstrinsik menulis, disajikan dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti.

Dengan mengambil materi kepenulisan dasar dan pokok juga motivasi menulis yang insyaallah akan sedikit membantu untuk mempermantap laju dalam menulis.

Dalam KBBI Edisi Kelima, menulis memiliki banyak arti. Di antaranya yaitu, kegiatan yang melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisan.

Menulis bukanlah kegiatan yang sulit ataupun mudah. Menulis adalah kegiatan yang bernilai 'relatif' bagi setiap penulis. Jika sang penulis memiliki komitmen dan motivasi yang kuat, maka mudah baginya melahirkan banyak karya. Sebaliknya, jika komitmen dan motivasi menulisnya kurang maka sudah dipastikan akan ada selalu 'macet' di perjalanan.

Menulis tidak hanya sebatas menuangkan ide dalam sebuah tulisan, namun, menulis juga memiliki aturan-aturannya sendiri. Seperti penulisan yang benar sesuai aturan tata bahasa yang ada (EBI; Ejaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar).

Penggunaan tanda baca pun harus diperhatikan, kata sambung, imbuhan dan masih banyak lainnya. Bahkan hal-hal yang mungkin terlihat sepele seperti kerapihan paragraf, pemakaian huruf kapital.

Lalu, bagaimana dengan maksud niat dan komitmen dalam menulis itu? Apakah menulis hanya cukup membutuhkan niat dan komitmen? Apakah dalam menulis hanya mementingkan aturan saja? Baik, semuanya akan terjawab dalam setiap bab dalam buku ini.

Sudah banyak buku mengenai panduan menulis yang beredar di zaman now. Namun, tak ada salahnya jika mampir membaca buku karya saya yang satu ini.

Saya menyadari bahwa saya bukanlah penulis hebat yang sudah melahirkan banyak karya yang 'Best Seller' seperti judul buku saya di atas. Diterbitkan, dicetak ribuan, bahkan hingga difilmkan. Ketiga hal itu bagi saya hingga kini masih menjadi doa dan salah satu motivasi terkuat yang selalu menemani langkah. Saya pun masih banyak kekurangan dalam banyak hal, seorang fakir ilmu yang hanya ingin berbagi; itulah saya.

Saya akan memberikan perspektif berbeda dalam buku ini tentang makna 'best seller' yang tidak banyak orang tahu. Membuka cakrawala wawasan dan ilmu lebih luas, juga mempertajam kepekaan dalam menulis. Ya, menulis merupakan kegiatan yang membutuhkan tingkat kepekaan 'tidak biasa' dalam aspek manapun. Baik dalam unsur intrinsik mau pun ekstrinsik.

"Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri," J.K. Rowling.

Harapan saya, semoga buku ini dapat membantu membangun kepahaman dan memberikan langkah-langkah menulis yang mudah diterapkan langsung dalam praktiknya.





Halo Selamat datang di Lapak Afnan Syahirain. Terima kasih karena sudah meluangkan waktu untuk membaca karya saya yang satu ini.

Mari saling menghargai sesama penghuni dunia wattpad dengan meninggalkan votes atau pun comment di setiap part yang telah dibaca.

Saya terbuka dengan kritik dan saran yang sopan dari sesama penghuni dunia wattpad. Dalam karya saya kali ini pun saya membuka sesi diskusi, jika ada yang ingin ditanyakan langsung saja tanyakan di kolom komentar atau kalau malu-malu bisa langsung kirim pesan personal pada saya.

Jika merasa tertarik dan penasaran dengan karya saya yang satu ini. Silakan ditambahkan dalam daftar bacaan atau perpustakaan pribadi agar dapat dibaca kapanpun tanpa perlu bingung membuka profil buku akun saya.

Gak mau cuma kamu seorang yang mendapatkan panduan menarik dalam karya ini? Silakan share atau rekomendasikan kepada para sahabat.

Wattpad: @afnansyhrn
Instagram: @afnan_syahirain

Harapan saya semoga karya saya ini dapat memberikan manfaat. Menambah pengetahuan juga pemahaman serta mudah untuk dipraktikan sehingga mampu meningkatkan kemampuan. Aamiin

Mohon doa dan dukungannya!
Semoga saya bisa selalu memberikan yang terbaik! Aamiin.

Terima kasih

Menulis dan KamuWhere stories live. Discover now