Unsur-unsur Menulis Part II

207 23 20
                                    

Tulisan itu rekam jejak. Sekali dipublikasikan, tak akan bisa kau tarik. Tulislah hal-hal berarti yg tak akan pernah kau sesali kemudian.

Helvy Tiana Rosa

Kali ini, yuk, kita bersama-sama membedah satu-persatu unsur-unsur dalam menulis baik itu unsur intrinsik dan ekstrinsik, part II nih.

Check this out, guys!

Platform Online Menulis

Yang pertama:

Wattpad, merupakan situs/aplikasi yang khusus diperuntukkan bagi pembaca atau penulis. Dalam wattpad terdapat banyak sekali tulisan fiksi maupun nonfiksi dari berbagai jenis genre seperti romantis, fantasi, horor, random, humor, puisi, spiritual, dan masih banyak yang lainnya.

Dan, menurut saya wattpad ini wadah yang cocok bagi kita para pecinta menulis maupun membaca. Kalau kita sudah memiliki banyak karya di sini ditambah para pembaca dan pengikut yang banyak. Kesempatan untuk menerbitkan buku dan mendapatkan royalti bisa di raih.

Asalkan dengan tekad kuat dan kompetensi yang mumpuni. Namun, sekali lagi. Inti fungsi dari wattpad adalah untuk menyajikan bacaan gratis yang sudah atau belum dipublikasikan secara umum sebelumnya.

Yang kedua:

Storial.co, kurang lebih sama dengan wattpad. Wadah untuk menulis maupun membaca dengan isi cerita dan tulisan yang memiliki berbagai genre. Storial.co ini memberi ruang bagi kita semua untuk mulai menekuni dunia kepenulisan secara serius.

Karena bedanya, kalau di storial.co ini ada para editor yang mengawasi karya-karyamu. Ada juga klasifikasi cerita terbaik, cerita terpopuler atau cerita pilihan editor minggu ini. Semuanya dipilih melalui pemilihan yang objektif dan ada ketentuan tertentu pastinya yang hanya editor dan timnya tahu.

Kabar gembiranya, storial.co ini adalah buatan anak bangsa! Ada beberapa event menarik berhadiah juga, mantap cuy! Selain itu kalian pun bisa mendapatkan royalti, lho. Tentunya dengan beberapa persyaratan yang berlaku. Kalau ingin lebih tahu lengkapnya bisa buka websitenya aja atau download appnya, modelnya memang seperti blog, asyik, kok.

Yang ketiga:

Cabaca, merupakan platform yang menyediakan akses baca yang mudah dan murah. Siapa saja bisa baca 3 bab pertama secara GRATIS sebelum memutuskan untuk membeli bab-bab selanjutnya. Saya sendiri salah satu pembaca di cabaca, bacaan di sini berkualitas dan seru.

Nah, jadi untuk 3 bab setelahnya itu berbayar. Seperti ada sistem pembayaran beli melalui pulsa, berupa poin kerang kalau di sana. Misal kalau mau beli 150 kerang berapa bayarnya, gitu. Jadi, kamu bisa beli novel secara online malalui pulsa.

Tapi, serius, walau berbayar juga puas. Karena bacaannya berkualitas. Gak hanya dari kerapihan tapi kontennya juga menarik. Gimana caranya untuk daftar jadi penulis di sana?

Buka websitenya aja langsung dan baca persyaratannya, ya. Keuntungan menjadi penulis di sini selain punya wadah untuk berkarya, akan dilibatkan dalam sistem yang lebih transparan, mendapatkan royalti hingga 60%, serta sederet keuntungan lainnya! Boleh, tuh, dicoba!

Yang keempat:

Novel Nusantara, situs web novel online dimana pembaca dapat menikmati keragaman cerita dari berbagai penjuru nusantara. Warna-warni fantasi, tangis haru roman, hiruk pikuk metropop, derai tawa komedi, semua untuk pembaca Indonesia. Novel nusantara ini menyediakan fasilitas bagi penulis juga, lho!

Kalian bisa daftar menjadi penulis di sini. Dengan ketentuan dan persayaratannya tentunya. Gak sulit, mudah, kok. Buka aja webnya langsung dulu jika ingin tahu informasi lengkapnya. Kita juga bisa berpartisipasi dalam beberapa event menulis berhadiah di sana, berdiskusi maupun berbagi tips kepenulisan.

Menulis dan KamuWhere stories live. Discover now