Hakikat Menulis

390 31 14
                                    

Pada pembahasan pertama kali ini, kita akan membedah secara sederhana apa itu hakikat menulis.

Pengertian menulis menurut Wikipediaㅡmari kita ambil bagian-bagian yang pentingnya saja. Suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara.

Mari kita bedah, arti dari kata kegiatan. Definisi kegiatan memang banyak. Tapi, berdasarkan pengetahuan kita. Kegiatan itu adalah suatu aktivitas yang dilakukan dengan sadar dan kontinyu (terus menerus). Kegiatan berarti juga sebuah pergerakan. Terencana, tidak asal.

Lalu kata menciptakan, nah, ini apalagi. Yang namanya menciptakan bukan hanya butuh kemauan, pengetahuan dan wawasan saja. Bahkan kemampuan aja gak cukup guys. Menciptakan adalah sebuah proses yang sudah direncanakan dan dipersiapkan dengan matang. Menciptakan adalah sebuah ketotalitasan kita. Totalitas, ibarat udah nyebur jangan cuma setengah-setengah. Yah, intinya menciptakan itu modal utamanya adalah totalitas tanpa henti.

Berikutnya kata catatan. Namanya catatan di catat tiap terjadi suatu peristiwa. Semacam catatan kamu di sekolah sama guru BK. Atau catatan amalan selama hidup. Maksudnya, catatan memang terlihat remeh oleh beberapa orang. Tapi, gak, juga. Ini malah penting. Karena dengan adanya catatan kita bisa tahu banyak hal. Hal detail bahkan yang gak penting sekali pun bisa jadi penting. Catatan itu mencatat semua proses yang telah terjadi, ada perubahan atau enggak. Catatan ini seperti memberi filosofi untuk kita agar; lebih menghargai setiap peristiwa, kejadian dan proses dalam hidup.

Selanjutnya Informasi, nah. Yang namanya informasi harus bermanfaat. Menambah pengetahuan dan wawasan. Kurang lebih, kan, gitu. Yang tadinya gak tahu jadi tahu. Yang sudah tahu jadi makin tahu.

Dan yang terakhir media, media itu tempat. Sebuah tempat untuk mengeksplor apapun itu. Mempermudah kamu, bukan mempersulit. Dan, yang terpenting kamu harus bisa menggunakan dan memanfaatkan media itu dengan baik. Gak cuma baik, kamu juga harus bijak. Karena dengan adanya media segala sesuatu akan menjadi mudah terekspos.

Jadi, HAKIKAT MENULIS adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar dan terencana, terus menerus. Menciptakan karya tulis yang terencana alias gak ngasal. Dengan mengandalkan kemampuan kepekaan diri terhadap lingkungan sekitar. Baik itu peristiwa atau perasaan yang kita alami sendiri atau orang sekitar. Tidak hanya menghibur dan membuat baper, tapi juga informatif. Apapun itu informasinya. Mau versi kalian atau adopsi. Atau di combain, never mind selagi itu menambah wawasan dan pengetahuan serta bukan ngejiplak. Juga, dengan memanfaatkan media menulis yang ada dengan bijak dan bertanggung jawab.

Karena tulisanmu adalah rekam jejak, sekali terpublikasikan sudah bisa mengubah banyak pemikiran orang di luar sana. Bahkan mungkin perasaan mereka juga. Tulisan mungkin hanya sebuah untaian kata, tapi hal penting yang harus kita ingat. Yang membacanya itu adalah manusia. Seorang makhluk hidup. Bukan benda mati.

Majulah dan berkembang terus tanpa rasa gengsi dan malu. Jangan memikirkan omongan orang lain yang gak jelas.




Keep calm and be positive!
Also, Keep writing!

Menulis dan KamuWhere stories live. Discover now