DEWASA

56 11 3
                                    

Kira-kira, kalian setuju dengan pernyataan bahwa dewasa tidak bisa diukur dengan tua atau muda seseorang?

Tapi, menurutku dewasa adalah diukur dari bagaimana mengambil keputusan dan mempertanggung jawabkan keputusan tersebut.

Tipu daya yang membuat kita selalu merasa cukup untuk disebut dewasa, hanya karena kita selalu merasa benar, hidup di lingkungan kurang bagus lalu kamu adalah satu-satunya orang yang bertahan dengan karaktermu, padahal untuk melakukan perubahan belum tentu tidak baik lho!

Karena sejatinya manusia tidak akan pernah merasa puas, bagaimana kalau kita menitik beratkan kehausan diri pada sesuatu yang baik? Sehingga kita tidak gampang puas dan akan terus memperbaiki diri.

Merasa diri paling baik karena hidup di lingkungan tidak baik.
- Itu hanya hal kecil dalam perubahanmu yang mungkin bisa membuat kamu tertipu.

Karena seorang Teman pasti akan berpengaruh besar terhadap perubahanmu, kalau kamu memilih untuk tetap berteman dengan orang yang membuat cara pandangmu memudahkan berbuat dosa walaupun dosa kecil, segera perbaikilah.

Teman adalah salah satu sarana terbesar kita untuk melakukan perubahan.

Selektif memilih teman, salah satu bentuk usaha untuk menjadi dewasa.

Coba lihat di sekeliling kita, ada yang sudah tua tapi masih terlihat manja dan kekanakan? Mereka bilang manja adalah suatu karakter dalam dirinya, huft. Memangnya bersifat manja wajib di segala situasi?

Ada yang masih muda, tapi gagasannya luas, tidak mudah terombang-ambing pergaulan, mampu menekan suatu keputusan, mereka bilang bahwa dewasa adalah ketika kita mampu mengoptimalkan kemampuan diri, tanpa harus merugikan orang lain.

Dewasa itu perlu kesadaran, dan ketikhlasan.

Nonsense TaleWhere stories live. Discover now