Q&A Lima Kesalahan yang Sering Ditemukan pada Bab Pertama

376 25 0
                                    

Q1 : Apakah boleh dalam hal pergeseran sudut pandang kita memakai keterangan seperti point of view?

A1 : Boleh, justru disarankan. Biar pembaca tau. Pergeserannya jangan kecepetan ya. Misal, baru beberapa paragraf si Paijo, trus paragraf selanjutnya ganti si Jubaedah, eh tau-tau ganti ke Butet. Kalo gini pembaca bisa bingung. Kan ini bab pertama, baiknya sih kita fokus dulu ke tokoh utama. Biar nyantol dulu gitu.

Q2.1 : Apa saja contoh pembuka cerita klise yang tidak mainstream?

A2.1 : Sebenernya semua pembuka yang klise bisa beda ditangan yang beda pula. Tergantung cara penulis mengeksekusinya. Kalo dari versiku bisa dari aksi duluan. Misal si tokoh lagi di jalan menuju ke suatu tempat atau lagi dikejar anjing. Dari dialog juga bisa. Kalo dialog, usahain yang berkarakter. Kita mau nunjukin emosi tokoh yang lagi menggebu-gebu juga bisa.

Q2.2 : Cara supaya deskripsi di bab pertama dan yang lainnya bisa terkesan sama pembaca, bagaimana?

A2.2 : Balik lagi ke 'momen yang pas' tadi. Bikin beberapa opsi. Kalaupun pembukanya mainstream, tiap penulis kan punya gayanya sendiri. Inget ya, jangan terlalu detail mendeskripsikan sesuatu yang nggak begitu berhubungan dengan cerita. Biarin pembaca yang make imajinasinya, kita cukup nuntun mereka aja.

Q3.1 : Kalo bab pertama boleh ga kalo ga sampe seribu kata?

A3.1 : Untuk saat ini nggak ada batasan sih. Setau aku loh ya, aku bisa aja salah. Mau lebih juga boleh asal nggak bocorin isi cerita. Kalo aku saranin, yang pendek aja dulu, trus dibikin gantung. Kalo mau panjang sekalian, berarti bab berikutnya juga sepanjang bab pertama.

Q3.2 : Lebih baik mengisi bab pertama dengan banyak narasi sedikit dialog atau banyak dialog sedikit narasi atau 50:50 agar menarik minat pembaca?

A3.2 : Baiknya keduanya seimbang. Kebanyakan narasi, bikin muntah. Kebanyakan dialog, bikin cepet bosen.

Q3.3 : Contoh bab pertama yang baik itu yang memuat apa saja sih, Kak?

A3.3 : Tokoh utama, tujuan tokoh, hambatan/konflik yang akan dihadapi tokoh dalam mencapai tujuannya (kalo yang ini jangan terlalu detail), latar tempat, waktu dan suasana.

Q4.1 : Ada tips, biar lebih luwes ketika bikin bab pertama nggak?

A4.1 : Apa yak? Asalkan ada outline, udah bakalan terarah sih. Oh iya, kamu harus nemuin 'momen yang pas' dulu, kan udah ada di atas. Saranku ya cuma itu. Outline dan momen yang pas. Kita tau momen yang pas itu bisa dari konflik. Kamu bayangin aja dulu, kalo awalnya gini bakalan nyambung nggak ya sama konflik nanti? Jadi pastiin 'momen yang pas' itu nggak jauh-jauh banget dari konfliknya nanti.

Sebelum bikin cerita itu kusaranin bikin outline sampe ending deh. Dari karakter, perkenalan konfliknya kek gimana terus penyelesaiannya dan endingnya happy or sad, biar lebih mudah.

Q4.2 : Aku biasanya juga bikin, tapi kadang nggak tahu bab ini mau diisi apa. Malah udah kepikiran bab selanjutnya duluan. Paham nggak?

A4.2 : Iya, ngerti. Kalo aku jadi kamu sih, aku bakalan tulis dulu bab selanjutnya, biar nggak lupa. Nah, baru abis itu dipikirin lagi buat bab yang sekarang. Tapi hati-hati ya, jangan sampe ada plot hole.

Q5 : Kalau bab pertama terbagi menjadi dua bab gimana?

A5 : Saking panjangnya kah? Nggak apa kok. Tandain aja kalo ini tuh masih termasuk dari bab sebelumnya, misal bab 1 part 1 atau 1.1. Ini mending dua, aku pernah baca yang prolognya aja dibagi jadi empat subbab :v

Q6.1 : Apakah bagus di bab pertama langsung muncul konflik utama?

A6.1 : Kalo bisa ngarahinnya, sah-sah aja. Malah kalo untuk genre action/thriller, yang kyek gini lebih terasa. Tapi usahain pembaca tetep dibikin penasaran alias kasih bumbu-bumbu misteri :v kalo gini, harus siap plot twist.

Q6.2 : Hooh, tapi agak susah nentuin plot twist....

A6.2 : Intinya plot twist tuh dateng dari sesuatu yang nggak diduga-duga sama pembaca. Ini sih emang pengertiannya, ehehe. Bisa dari kemunculan tokoh baru, flash back, atau tokoh yang sebelumnya cuma numpang lewat ternyata nyimpen semua jawabannya :v

Q6.3 : Kalau nulis konflik di bab pertama harus bener-bener rinci atau sedikit tapi membuat pembaca penasaran akan kelanjutan cerita?

A6.3 : Ya pelan-pelan dong. Kan nggak seru kalo semua dibongkar di bab pertama.

Q6.4 : Bab awal udah diawali dengan konflik, bab kedua bagusnya santai atau tegang?

A6.4 : Hmm, kalo di bab sebelumnya masih belum nyimpulin konflik itu sendiri, boleh dilanjut di bab kedua. Inget aja, bab pertama isinya tuh tokoh utama, tujuan tokoh utama (ini bisa secara bertahap), hambatan yang bakalan dihadapi alias konflik (dijelasin dikit aja) sama latar. Kalo di satu bab dirasa udah cukup jelasin itu, mau dibikin santai bisa. Tapiiii, berangsur-angsur. Kalo tiba-tiba, tar pembaca nggak paham alurnya.

Q7 : Apa prolog dan bab pertama beda? Kalo iya, apa bedanya?

A7 : Hmm, menurutku beda sih. Prolog kan kita kyak jelasin ke pembaca konfliknya bakal gini-gini, tokoh utamanya si anu. Nah kalo bab pertama, kita kembangin lagi si tokoh, konflik juga dibikin menanjak tiap babnya.

Q8 : Bagaimana jika bab utama hanya mengenalkan satu tokoh saja? Apakah masalah?

A8 : Nggak dong. Bisa aja kan si tokoh utama ini adalah satu-satunya survivor di suatu tempat yang udah terinfeksi virus zombie? Di situ kita bisa deh kembangin konfliknya. Misal, akhirnya dia ketemu manusia lain mungkin?

Q9 : Lebih bagus pakai prolog atau tidak?

A9 : Tergantung penulisnya sih. Tergantung penerbit juga. Tapi biasanya cerita-cerita yang dilirik penerbit pasti ada prolog.

Q10.1 : Bagaimana kalau penulis mau memberi gambaran awal cerita dg puisi/sajak/sejenisnya?

A10.1 : Boleh kok. Asal tersampaikan maknanya dan sesuai jalan cerita. Untuk sudut pandang orang pertama bisa diterapin nih.

Q10.2 : Kalau penulis mau gambaran awal ceritanya puisi atau sajak bisa di taruh di prolog?

A10.2 : Bisa. Tapi masa mau puisi/sajak doang? Minimal kan pembaca harus tau ini ceritanya bakal kyek gimana.

Intinya, penulis itu harus bisa mengendalikan imajinasi pembacanya. Tarik ulur aja, kayak ngasih harapan ke si doi. Penulis itu harus bisa menjungkirbalikkan emosi pembacanya.

MATERI KEPENULISAN LCDär berättelser lever. Upptäck nu