18. CERMIN

415 15 0
                                    

Pengertian Cermin

Cermin (cerita mini) bisa disebut juga Fiksi mini yang dalam bahasa Inggrisnya adalah Flash Fiction. Merupakan cerpen singkat atau cerita kilat namun tetap merujuk pada satu jenis tulisan yang sama.

Fiksi mini/cermin adalah karya fiksi yang sangat singkat bahkan lebih ringkas dari cerpen. Panjang fiksi mini itu sendiri berkisar rata-rata 250 - 1000 kata, yang jelas berbeda dengan cerpen pada umumnya.  Sementara cerpen berkisar antara 1000 - 10.000 kata.

Seiring berjalannya waktu, muncul beberapa tulisan fiksi mini yang lebih pendek dari 250 kata. Terbayang nggak? Apa yang bisa ditulis dengan kurang dari 250 kata. Sulit? Hmm... Nyatanya tulisan seperti itu sekarang lagi populer dan banyak digeluti oleh beberapa orang.

Karena keterbatasan kata dalam fiksi mini, penulis merasa tertantang untuk menyelesaikan sebuah cerita tanpa menghilangkan poin-poin penting dari isi cerita tersebut. Meski sangat singkat, fiksi mini merupakan cerita yang utuh, bukan penggalan.

Selain itu, fiksi mini juga harus ada pembangunan dalam cerita seperti awalan/pembukaan, isi, penutup. Fiksi mini juga memiliki unsur-unsur intrinsik karya sastra di dalamnya seperti penokohan, latar, konflik, juga penyelesaian masalah.

Lalu apa bedanya antara fiksi mini dan cerpen?

Bedanya ada di panjang tulisannya. Selain itu, pemilihan kata yang tidak bertele-tele dan langsung to do point. Maka dari itu fiksi mini lebih terbatas kata-katanya dibandingkan dengan cerpen yang jauh lebih panjang.

Tutor : Wilda

MATERI KEPENULISAN LCWo Geschichten leben. Entdecke jetzt