15. Dialog

361 22 0
                                    

DIALOG

Dialog adalah sebuah percakapan yang dilakukan oleh dua tokoh atau lebih dengan maksud untuk tujuan jalannya cerita.

Dalam karya sastra dialog bertujuan untuk menggambarkan percakapan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita, dialog juga bisa memunculkan karakter dari masing-masing tokoh.

Dalam cerita terdapat istilah dialog tag.

Dialog tag adalah frase yang mengikuti dialog, yang menginformasikan idenditas si pengucap dialog. Jadi setelah dialog 'kan biasanya ada frase yang mengikutinya di belakang, semacam kata ucap, ujar, tukas, tutur, kata, ungkap, tanya dan sebagainya.

Frasa adalah gabungan dari dua kata atau lebih namun tidak dapat membentuk kalimat sempurna karena tidak memiliki predikat.

Atau gabungan dari dua kata atau lebih yang tidak dapat membentuk kalimat sempurna.

Contoh :
✔ Sedang makan
✔ Banting tulang
✔ Nasi goreng

Contoh dialog tag

A. "Hyun-jin, dia ada di sana," ucap Seung-woo.

B. Seung-woo berkata, "Hyun-jin, dia ada di sana."

Keterangan
✔ Jika dialog tag-nya ada di akhir, maka akhiri dialog dengan tanda baca koma seperti pada contoh (A)
✔ Jika dialog tag-nya ada di awal, maka akhiri dialog tag-nya dengan tanda koma dan akhiri dialog dengan tanda titik atau tanda tanya, jila dialognya berupa kalimat tanya. Dan jangan lupa, awali dialog dengan huruf kapital jika dialog tag-nya berada di awal seperti pada contoh (B).

Kita harus bisa membedakan mana yang dialog tag dan bukan.

Contoh :
(A) Tadi aku melihat Yong-hway bersama kekasihnya." Soo-young menatap Tae-yeon tajam.

(B) Mata Soo-young menatap Tae-yeon tajam. "Tadi aku melihat Yong-hwa bersama kekasihnya."

Contoh di atas itu bukan dialog tag. Melainkan kalimat aksi/aktivitas yang mendeskripsikan aktivitas lain si pengucap sambil mengucapkan dialog.

Perlu diingat juga, jika kalimat setelah dialog bukan dialog tag, maka harus diawali dengan huruf kapital walaupun dialog diakhiri tanda tanya sebelum ditutup dengan tanda petik.

Contoh :
(C) "Kau mencintaiku?" Mata Soo-eun menatap penasaran ke arah Dong-hae.

Jika dialog tag terletak di antara dua dialog?

Contoh :
(D) "Aku menyukaimu," ucap Dong-shin pada Ji-soo. Dong-shin menggenggam tangan Ji-soo. "Tanpa peduli apakah kau juga menyukaimu atau tidak, aku tidak bisa menghentikan perasaanku begitu saja."

Jika situasinya seperti itu, maka akhiri dialog pertana dengan tanda titik dan awali dialog kedua dengan huruf kapital seperti pada contoh (D).

(E) "Woo-yung!" teriak Jun-ho, "kau bertengkar dengan Hwang-min?"

Beda kasus kalau situasinya seperti di atas. Dua dialog di atas sebenarnya masih dalam satu kalimat atau kata lain dialog tersebut masih nyambung, cuma terpisah dengan dialog tag. Jika begitu, maka dialog pertama diakhiri dengan tanda koma begitu pula dengan dialig tag-nya, dan awali dialog kedua dengan huruf kecil seperti contoh (E). Dikarenakan sebenarnya dialog pertama dan kedua itu masih dalam satu rangkaian.

MATERI KEPENULISAN LCTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang