30. Blurb & Cara Membuat Blurb yang Menarik

182 13 0
                                    

BLURB

Blurb adalah penjelasan singkat mengenai isi buku yang terletak di back cover buku.

Tujuannya adalah untuk menarik minat pembaca dalam menentukan keputusan membeli. Karena itulah blurb harus dibuat semenarik mungkin, karena blurb merupakan deskripsi promosional suatu buku.

Dalam penelitian, hanya butuh waktu beberapa detik saja untuk membuat calon pembaca memutuskan membeli sebuah buku. beberapa detik tersebut biasanya didorong oleh sebuah cover (front cover dan back cover) serta judul yang menarik.

Cara Membuat Blurb yang Menarik

1. Kaitkan dengan fenomena atau isu terkini
Pada sebuah novel kamu bisa kaitkan dengan isu memudarnya karakter, budaya, kearifan lokal, dan sisi liar pembaca. Tentunya dalam mengaitkan isu ini tidak boleh sembarangan.

Memilih isu haruslah cerminan dari nsakah kalian. Apabila di dalam naskah kalian tidak bisa dihubungkan ke isu terpanas, tidak perlu khawatir karena masih ada banyak cara dalam menulis blurb.

2. Kutipan dari naskah
Ini adalah cara menulis blurb yang paling mudah. Untuk memberikan kutipan naskah, kalian tidak boleh memilihnya secara asal. Kutipan dari naskah itu haruslah berisi adegan atau dialog yang akan menimbulkan rasa penasaran di benak pembaca. Bisa juga, diambilkan dari sebuah adegan yang genting, tetapi tidak menggambarkan keseluruhan cerita.

3. Tulislah dengan padat
Dalam menulis blurb, janganlah bertele-tele, melainkan langsung kepada intinya. Usahakan juga untuk tidak mengulang kata-kata yang sama, kecuali preposisi. Pilih juga diksi yang membuat pembaca tertarik.

4. Promosi
Boleh juga untuk menyisipkan beberapa kata promosi untuk novel.

Promosi ini bisa berisi kelebihan novelmu, kenapa novelmu layak dibaca, dan seterusnya. Contoh: "telah dibaca sekian juta kali" atau "sebuah novel yang memandang korupsi dari kacamata paling buram". 

Kalau menulis tema yang sudah banyak digarap, sisipkan perbedaan dalam novelmu yang tidak akan ditemui pembaca dalam novel lain atau tekankan pada sudut perbedaan novelmu.

MATERI KEPENULISAN LCWhere stories live. Discover now