10. Desain Graphic

314 11 0
                                    

PENGERTIAN DESAIN GRAPHIC

Di era modern seperti sekarang ini, hampir semua hal yang seringkali kita lihat untuk menyampaikan informasi sudah berbentuk visual atau digital. Dan semua itu tidak terlepas dari yang namanya Graphic Design atau Desain Grafis. Desain grafis sekarang ini telah dijadikan sebagai solusi yang terbaik untuk digunakan dalam membuat berbagai macam hal yang bersifat visual communication. Seperti saja contoh kecilnya adalah poster yang mana sekarang ini sudah banyak dibuat menggunakan desain grafis secara digital.

Tak hanya poster, bahkan foto dan juga lukisan sekarang ini sudah banyak dikembangkan atau disempurnakan dengan adanya desain grafis sehingga membuat foto dan juga lukisan atau gambar menjadi terlihat lebih menarik berkat olahan melalui desain grafis tersebut. Nah, sebenarnya apa yang dimaksud dengan desain grafis itu? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan mengenai desain grafis berikut ini.

Apa Itu Desain Grafis?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai hal-hal yang menyangkut tentang desain grafis, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan desain grafis. Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis. Kata desain sendiri memiliki arti yaitu sebuah proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan grafis sendiri memiliki arti yaitu titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak.

Jadi dengan pengertian yang sudah dituturkan di atas tadi, dapat diartikan bahwa desain grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.

MATERI KEPENULISAN LCWhere stories live. Discover now