11. Perbedaan Blurb dan Sinopsis

311 14 0
                                    

PERBEDAAN BLURB DAN SINOPSIS

BLURB
Blurb adalah penjelasan singkat mengenai isi buku yang terletak di back cover buku. Tujuannya adalah untuk menarik minat pembaca dalam menentukan keputusan membeli. Karena itulah blurb harus dibuat semenarik mungkin, karena blurb merupakan deskripsi promosional suatu buku.

Blurb sangat penting bagi seorang calon pembaca. Ketika ingin membeli sebuah buku dan ternyata dalam toko buku tersebut banyak sekali buku yang sejenis. Maka blurb menjadi pertimbangan utama dalam memilih. Setelah membaca blurb, dalam hitungan menit kita pasti bisa langsung memutuskan buku mana yang akan dibeli.

SINOPSIS
Sinopsis adalah ringkasan cerita sebuah novel. Sinopsis itu ibarat pemendekan sebuah novel, tanpa mengesampingkan unsur-unsur intrinsik dalam novel dan tetap memperhatikan keindahan kalimat penulisannya. Sinopsis itu menceritakan cerita secara lengkap. Awal cerita, konflik, dan peyelesaian konflik. Sinopsis juga menjelaskan secara lengkap siapa tokohnya, karakter tokoh, dan setting.

Biasanya sinopsis dibuat oleh penulis ketika ingin menyerahkan naskahnya kepada penerbit. Selain itu, sinopsis juga sering dibuat oleh para pembaca buku yang sudah menamatkan buku yang mereka baca. Hal ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada orang lain, mengenai buku yang mereka baca.

MATERI KEPENULISAN LCWhere stories live. Discover now