🍒 Pembantu Baru Ibu

2.2K 210 201
                                    

a stories by @MarentinNiagara

✏✏

Hidup berkecukupan, keluarga utuh yang begitu menyayangi. Siapa yang tidak menginginkan hal itu.

Namun sayang setelah ayahanda meninggal Sopran, Alto dan juga Tenor harus hidup hanya bersama seorang ibu. Memiliki rumah makan dan juga galery batik peninggalan ayahnya cukup membuat Candrasjahti Nalendra kuat melanjutkan kehidupannya bersama ketiga putranya.

Sopran Nalendra, putra pertama yang akhirnya membantu sang ibu untuk memajukan usahanya. Sementara sang ibu yang mengurus restoran mereka. Sopran lebih sering bekerja untuk galery batiknya.

Laki laki ini bahkan telah mahir menorehkan canting untuk meliukkan tangannya di selembar kain yang siap untuk dia coreti.

Wajah yang selalu datar dan jarang tersenyum membuatnya begitu memberikan batas kepada lawan jenis. Apalagi setelah kisah cinta pertamanya dengan Ningsih kandas sepuluh tahun silam. Dia lebih suka bermain dengan karya karyanya dibandingkan dengan mengurus sebuah komitmen yang pada ujungnya akan menimbulkan kekecewaan.

Hingga akhirnya sang ibu lebih memilih diam dan menyerahkan urusan jodoh ditangan Allah dan juga anak yang akan menjalani takdirnya.

Alto Nalendra, putra kedua ini masih kuliah di tingkat akhir. Dibandingkan dengan kakanya dia lebih luwes kepada orang terutama perempuan, bahkan bisa dikatakan bahwa Alto lebih sering membuat hati para wanita merana. Pasalnya, wajah yang paling tampan diantara kedua kakak dan adiknya membuat dia suka sekali membuat dan gonta ganti pacar.

Belajar di Institut Kesenian membuat dirinya begitu dekat dengan dunia seni peran yang kini sedang di dalaminya.

Tenor Nalendra, putra ketiga yang baru saja masuk kuliah dengan label mahasiswa baru ini tergolong di panggil sebagai mahasiswa yang serius. Kecintaannya terhadap teknologi dan sosial media membuatnya sangat mahir membuat beberapa program yang berguna untuk restoran dan juga galery milik keluarganya.

Beberapa kali dia memposting ke laman sosial medianya dan membawa pengaruh yang positif hingga akhirnya seluruh keluarga memutuskan untuk juga berbisnis online selain memiliki toko offline.

Tenor ini pendiam, namun lebih fleksibel jika dibandingkan dengan sang kakak pertama. Dia masih bisa bergaul dengan seorang wanita meski diantara mereka tidak memiliki hubungan yang lebih selain pertemanan.

Suatu hari mbok Jum, pembantu rumah yang biasa membantu Sjahti dalam mengelola kebersihan rumah dan juga juru masak andalannya meminta izin untuk pulang ke kampung karena dia akan menggelar hajatan yaitu menikahkan putrinya.

Tentu saja, sepeninggal mbok Jum ketiga arjuna Sjahti ini harus bisa bertanggung jawab dengan semua keperluan pribadinya sendiri. Seperti merapikan kamar tidur dan mencuci pakaian. Termasuk pakaian dalam mereka.

"Mbok, pulangnya mengapa lama?", tanya Alto yang merasa sangat tertekan dengan peraturan baru yang diberikan oleh ibunya selama mbok Jum pulang kampung.

"Iya Den, maaf. Kalau di kampung itu banyak acaranya. Apalagi simbok ini kan orang jawa yang masih nguri uri kebudayaan jawa, jadi masih banyak prosesi yang harus dilakukan menjelang mantu."

"Tapi dua bulan itu lama loh mbok."

"Iya sekalian simbok istirahat to. Wong selama Aden kecil sampai segede ini simbok terus yang jagain Aden dan keluarga."

Kumpulan CerpenWhere stories live. Discover now