[11]; Bertamasya

5 0 0
                                    

#Akan direvisi
#Bersifat sementara hanya untuk lolos seleksi

Pesona keindahan pariwisata di provinsi Jawa Barat memang layak diperhitungkan. Kecantikan panoramanya yang terbalut dalam kemegahan gunung dan danau menjadikan provinsi ini banyak diserbu wisatawan, tak hanya dari wisatawan domestik saja, melainkan sudah merambah ke mancanegara.

Salah satu kabupaten di Jawa Barat yang wajib dicoba selain Bandung adalah Kuningan. Meskipun kabupaten ini tidak seluas Paris Van Java, keragaman pariwisatanya menyajikan pesona yang menakjubkan. Banyak kawasan di Kuningan yang tidak hanya berfungsi sebagai penghilang lelah, namun bisa dijadikan media untuk memperoleh edukasi.


Bagi Anda yang ingin berlibur ke Kuningan, pasti tidak akan dibuat menyesal saat singgah ke berbagai tempat wisata tersebut. Pasalnya, setiap wisata akan menciptakan moment tersendiri yang membekas di hati. Berikut 16 Tempat Wisata di Kuningan yang layak Anda kunjungi.

1. Telaga Nilem Kuningan

Lokasi: Desa Kadeula, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Ciledugnews21.blogspot.com
Ingin menghilangkan penat dari rutinitas kerja, cobalah berkunjung ke Telaga Nilem Kuningan. Tempat wisata ini banyak digemari pengunjung karena lanskapnya yang sedap dipandang. Apalagi, keindahan tersebut berkolaborasi secara eksotis dengan panorama alam yang tampak natural. Anda juga bisa berenang di dalam danau sambil menikmati keelokan karang yang berkombinasi dengan jernihnya air.

Untuk masuk ke sini, harga tiketnya relatif terjangkau sehingga dijamin ramah di kantong. Fasilitasnya juga terbilang lengkap, ada kamar mandi, gazebo, dan musala. Jika Anda lapar atau ingin membeli oleh-oleh, mampirlah ke beberapa kedai di sekitar tempat wisata tersebut.

2. Lembah Cilengkrang

Lokasi: Pajambon, Kec. Kramatmulya, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Kaskus.co.id
Di Lembah Cilengkrang Anda akan berkesempatan untuk bertemu Elang Jawa yang keberadaannya semakin langka. Tempat wisata ini selain mengenalkan Elang Jawa, juga menyajikan keindahan yang wajib dieksplorasi. Lokasinya terletak di Desa Pejambon, Kecamatan Kramatmulya.

Karena letaknya yang berlokasi di lembah, tempat ini sangat cocok untuk ditelusuri. Pepohonannya yang hijau bakal menyuguhkan spot-spot cantik untuk selfie dan hunting. Di sana, Anda akan menemukan dua curug menawan, namanya Curug Sawer dan Curug Sabuk. Cobalah juga untuk berendam di pemandian air panas alaminya. Bagi yang senang menghayati alam, wajib mencoba hiking dan camping.


3. Balong Cigugur Kuningan

Lokasi: Babakanmulya, Jalaksana, Sadamantra, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Travelingyuk.com
Kuningan juga punya tempat wisata yang menyediakan terapi pijat, namanya Balong Cigugur Kuningan. Lokasinya berada di Desa Cigugur. Uniknya, di sini yang melakukan pijat adalah para ikan Nilem Mangut. Anda hanya perlu memasukkan kaki ke dalam air dan biarkan ikan melaksanakan kewajibannya.

Selain mendapatkan sensasi nyaman dari si ikan, panorama alamnya juga terlihat natural. Tampak asri dengan kombinasi air tenang yang sedap dipandang. Sangat cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga karena tempat ini juga ramah untuk anak-anak.

4. Gunung Ciremai

Lokasi: Kab. Kuningan dan Kab. Majalengka, Provinsi Jawa Barat. – Image Credit by Superadventure.co.id
Bagi Anda yang suka ketinggian dan gemar mendaki, sempatkanlah berkunjung ke Gunung Ciremai. Gunung ini dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat dan sering dijadikan sasaran bagi penikmat alam. Nuansanya yang sejuk dijamin bikin Anda betah berlama-lama di sana.

Apalagi ada kawah yang bisa dijumpai ketika Anda sudah berada di ketinggian. Kini kawah tersebut diberi nama Gua Walet. Untuk mencapai ke tempat wisata ini, Anda bisa memilih empat jalur yang ada, tergantung dari mana awal pemberangkatannya. Pastikan saat mengunjungi gunung ini kondisi badan sedang fit. Selain itu, siapkan segala hal yang dengan cermat.

5. Palutungan

Lokasi: Desa Cisantana, Kec. Cigugur

Masih membahas tempat wisata yang ada di Gunung Ciremai. Bedanya, tempat wisata ini terletak di kaki Gunung Ciremai. Di sana, akan ada banyak panorama menawan yang pastinya wajib ditelusuri. Di berbagai kawasannya, Anda akan sering melihat pemandangan yang tampak asri dengan kesejukan suasananya.


Pepohonannya yang hijau akan memanjakanmu dari kelelahan. Selain itu, Anda juga bisa menjumpai dua curug eksotis, namanya Curug Ciputri dan Curug Landung. Dengan panorama yang menakjubkan, Anda bisa mengincar beragam spot-spot menarik untuk hunting dan selfi.

6. Situ Cicerem

Lokasi: Jl. Kaduela, Kaduela, Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Travelingyuk.com
Kuningan memang surganya telaga, kali ini tujuannya ada di Situ Cicerem. Masyarakat luar Kuningan lebih mengenalnya dengan sebuatan telaga biru karena airnya yang jernih sehingga tampak kebiru-biruan. Di sana, Anda akan melihat panorama dari kedalaman danau saat memandangnya dari atas danau.

Airnya yang segar membuat beberapa ikan di dalamnya tampak ikut senang. Apalagi, ikan-ikan tersebut memiliki warna yang bervariasi sehingga mampu mempercantik tampilan danau. Jika Anda penasaran dengan keindahan yang ada di dalam danau, Anda pun bisa berenang dan menyelam di sana. Perlu diperhatikan juga bahwa kedalaman danau ini mencapai 4-5 meter.

7. Situs Purbakala Cipari

Lokasi: Jl. Museum Purbakala, Cipari, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Tempat.me
Ingin mencoba wisata bersejarah yang mengedukasi, situs purbakala cipari jawabannya. Tempat wisata ini cocok dikunjungi bagi siapa saja yang haus akan ilmu pengetahuan. Di sana, Anda tidak akan bosan mendapatkan pembelajaran sejarah tentang masa Megalitikum yang memang melegenda. Selain itu, Anda juga akan merasakan perjalanan misteri dengan menyaksikan benda-benda kuno tersebut.

BACA:  Pesona Keindahan Alam Geopark Ciletuh di Sukabumi
Selain dihadirkan dalam museum, beberapa peninggalan manusia purba juga ditampilkan di alam terbuka. Lokasi situs purbakala ini terletak di Desa Cipari, Kecamatan Cigugur. Bisa ditempuh dari lokasi kaki gunung Ciremai. Bisa dikunjungi dari hari Senin sampai Sabtu.

8. The Mountain Recreation

Lokasi: Jl. Raya Cirendang-Cigugur, Cipari, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Travelspromo.com
Wahana seru yang cocok digunakan sebagai rekreasi keluarga adalah The Mountain Recreation. Lokasinya terletak Jalan Raya Cirendang-Cigugur. Tempat wisata ini menyediakan beragam zona permainan air yang pastinya tidak akan bosan dikunjungi anak-anak.

Meskipun berkonsep waterpark, harga tiket masuknya terjangkau. Apalagi sudah dilengkapi theater 3 dimensi yang menjadi hiburan tersendiri bagi anak-anak. Setiap objek wisata yang ada di sini pastinya memberikan kenyamanan, terlihat dari adanya lifeguard yang terpasang di masing-masing wahananya. Fasilitasnya juga lengkap, ada musala, toilet, dan food court.

9. Sangkan Resort Aqua Park

Lokasi: Jl. Raya Bandorasa, Bandorasa Wetan, Kec. Cilimus, Kab. Kuningan, Jawa Barat. – Image Credit by Justmuha.com
Ada satu lagi Objek Wisata di Kuningan yang tidak kalah hebat untuk dijadikan rekreasi keluarga, namanya Sangkan Resort Aqua Park. Tempat wisata ini merupakan tempat favorit yang banyak diincar pengunjung. Keistimewaannya terletak di aneka wahana permainan air yang beragam.

Di sana ada beragam wahana permainan air yang tidak hanya bisa dicoba untuk anak-anak, tetapi orang dewasa juga bisa merasakan sensasi tersebut. Dimulai dari octopus slide yang mirip lintasan berbentuk gurita, lalu juga ada kolam ombak yang akan membawa pengunjungnya merasakan sensasi gelombang pasang. Ada juga raft slide, yaitu seluncuran dengan tinggi 12 meter, cocok bagi Anda yang ingin memacu adrenalin.

https://www.itrip.id/tempat-wisata-kuningan

Tapak Tilas Untuk BerkaryaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang