01.Tipe-Tipe Ranking Naik Turun

14.5K 1.3K 252
                                    

Wattpad emang labil. Kalo wattpad itu manusia, kayaknya dia masih ABG yang lagi kesengsem karena jatuh cinta.

Kadang-kadang, kelabilan wattpad bisa bikin sebagian kecil author nangis darah. Gak tau sih kalo author lain, gue sih nangis ingus bukan nangis darah.

"Mbak, emang wattpad ngelakuin kejahatan apa sama lo sampai dibilang labil gini?"

Oke, disini gue gak bermaksud memojokkan wattpad sampai ke Ujung Berung. Tapi kalo wattpad merasa sakit hati karena omongan jari ini, ditunggu aja vlog nangisnya.

Kenapa disini gue bilang wattpad itu labil? Karena rangking cerita di wattpad itu doyan berubah-ubah. Berubahnya juga drastis. Stok ingus gue hampir abis begitu ngeliat buah hati kesayangan malah tenggelem sama lautan cerita lain.

Kadang Rank #80 in teen fiction, terus naik lagi jadi Rank #293. Jauh banget, Ciomas-Cibodas aja kalah jauhnya.

Jadi kalau kalian masih anak baru wattpad seperti gue, dipersilakan untuk membawa tolak angin dan minyak kayu putih karena perjalanan anda di wattpad akan sangat jauh👀

Enggak deng, canda.

Kalo kalian gak mau rangking ceritanya naik turun syantik seperti itu, gue punya beberapa tips yang entah bisa membantu kalian atau justru menyesatkan kalian.

Lebih ke membantu, sih. Sans aja.

Jadi, begini cara-caranya:

1.NULIS YANG RUTIN, RAPI, BENER, DAN SESUAI KBBI.

Menurut gue selaku Ketua Organisasi Penghilang Nangis Ingus, percuma kalo cerita kalian bagus, tapi update nya se-windu sekali. Se-lustrum sekali. Bahkan, se-abad sekali.

Ini agak ke matematika ya.

Gue pernah menambahkan cerita seseorang ke perpustakaan. Ceritanya bagus banget, gak boong. Bikin penasaran dan bikin greget.

Tapi begitu tahun 2017, gue mengetuk palu untuk memutuskan bahwa cerita itu akan dihapus dari perpustakaan.

Kenapa? Kenapa, Mas?

Penulisnya jaraaaaaaaaaang banget update. Pergantian tahun aja kalah lamanya sama dia. Mending sih ya, kalo ada tulisan bahwa ceritanya di pending dulu. Tapi ini enggak. Gak memberi kepastian sama sekali. Bikin gue galau, gundah, merana.

Tapi untungnya gak bikin gue jadi goyang dumang gara-gara stress kangen sama tokohnya.

Makanya, nulis itu harus yang rutin. Gak cuma kalo lagi mood. Ini sih cuma sekadar saran biar readers kalian gak pada kabur-kaburan kayak anak ayam. 'Cuma saran' ya.

Kecuali kalo kalian emang stuck sama ceritanya, atau lagi ada kepentingan lain. Kalian boleh tuh ninggalin cerita itu buat sementara, tapi jangan lupa beri informasi bahwa cerita sedang di pending biar readers gak merasa di PHP in.

Yang kedua, nulisnya harus rapi dan bener. Kalo kalian nulis asal-asalan, ngalor ngidul gak tau kemana, lambat laun cerita kalian bakal gulung tikar.

Kalo mau alur ceritanya rapi, gue saranin pake outline aja biar kalian gak stuck di tengah-tengah cerita. Outline itu rangka cerita, rangka kejadian. Kalo udah menyiapkan outline, ceritanya lebih tertata rapi.

Tapi bagi kalian yang lebih suka berimajinasi, dan imajinasinya emang luas banget, gue saranin pake teknik let it flow aja.

Let it flow itu teknik mengembangkan imajinasi. Dimana imajinasi kalian lagi berlayar luas, langsung tuangkan tuh alur imajinasinya didalam cerita. Gue sih lebih suka pake cara ini, soalnya lebih bebas dan gak merasa terpenjara banget.

Yang ketiga, nulisnya harus sesuai KBBI. Kalo penulisan kata-katanya bener dan berkaidah, pasti ceritanya lebih enak dibaca. Penulisan yang bener itu adalah salah satu jimat untuk menarik minat readers supaya membaca cerita kalian.

Gue rekomendasiin sih, sering-sering buka web KBBI.com atau sinonimkata.com. Kedua web itu membantu banget, bisa menambah wawasan seputar dunia penulisan.

2.ALUR CERITA HARUS MENARIK, ENGGAK COPAS DARI ORANG LAIN.

YANG SUKA PLAGIAT ANGKAT IDUNGNYA! 👐

Diplagiatin itu gak enak, tau. Coba bayangin deh. Kalian udah repot-repot mikirin alur cerita, udah berakit-rakit ke Ciliwung buat ngerangkai kata-kata yang pas, terus diplagiatin orang seenak jidat... Rasanya?

Nyesek.

Kalo cerita kalian lebih kreatif dan beda dari yang lain, lama-kelamaan ceritanya bakal muncul ke tepian dan ranknya bisa jadi rank #8 atau rank #1! Lumayan kan, buat disombongin ke musuh.

Buat cara-cara membuat cerita yang kreatif dan unik, bakal gue bahas di part selanjutnya. Kalo bahas disini, agak out of topic ya.

STAY TUNE!

JANGAN LUPA VOTE DAN COMMENT BIAR LEBIH CEPAT UPDATE🔥

(Un)Helpful Book to Read In Case You BoredWhere stories live. Discover now