04.Tipe-Tipe Kepengaruh Penulis Lain

5.8K 838 139
                                    

Biang kerok yang satu ini paling sering menimpa gue. It feels like, "Wah, cerita dia rame banget kalo genrenya horror. Next time pake juga deh."

Tapi selang beberapa hari kemudian setelah cerita tersebut dimulai, perasaan gue kembali berbicara, "Kayaknya asikan teenfict sih. Tapi horror punya dia bisa rame gitu. Ramenya nanti kali ya? Tungguin aja, deh."

Dan sampe kapanpun lo nunggu, mau sampe doi lo kawin lari sama Suneo, khayalan itu gak bakal kejadian kalo kalian gak berusaha jadi diri sendiri.

Kalo jiwa raga lo udah mengabdi, berbangsa, berpancasila, dan benegara sama genre teenfict misalnya, ya udah. Pake genre itu seusai kemampuan lo.

Okelah, kalo emang ada dorongan buat nge-kost bentar di genre lain. Asalkan itu karena hati dan bukan karena pengaruh orang lain, do it.

Inget. Do it. Bukan duit.

Dan, jangan lupa buat bayar kost itu pake alur dan kata-kata yang rapi. Kalo ceritanya ngasal, sama aja kayak lagi ngeden tapi yang keluar malah udara. Sia-sia perjuangan lo ngibrit ke kamar mandi dan buka celana.

Nah, kalo tipe yang kedua. Kepengaruh sama penulis lain karena vote dan inline comment dia banyak.

Tbh, gue juga sering sih ya kayak begini. Sering banget malah, sepuluh jari gue gak cukup buat ngitung berapa kali pernah kayak gini.

Tapi kalo dipikir dua kali, pokoknya pikir aja terus sampe otak lo bisa dipake buat ngerebus cumi, kepengaruh sama hal yang begituan gak ada gunanya.

Kalo kata awkaron sih, tak berguna.

Apalagi kalo kepengaruhnya sampe bikin kalian down, badmood, bahkan sampe eneg buat nulis-nulis lagi.

Don'ts, baby.

Kalo mau, kalian intropeksi diri. Apa sih yang bikin dia sukses kayak begitu? Pake jimat dari Kakek Sugiono, Eyang Subur, apa Gaga Muhammad?

Eits, bukan kayak gitu ya. Sori aja.

Coba simak baik-baik cara dia bercerita. Apa cara dia menggambarkan suasana mudah dipahami pembaca? Abis itu, bandingkan sama cerita lo. Bagusan mana?

Kalo nyatanya bagusan punya dia, dipersilakan untuk menyengir nampilin gigi. Jangan lupa sikat gigi dulu. Kalo nyengir keliatan giginya kuning, kan MALU.

Terus yang kedua, simak cara dia merangkai satu persatu kata. Apa menarik? Atau malah terkesan monoton? Kalo emang menarik dan enak dibaca, lo gak perlu lagi bertamasya keliling Venus buat nyari alesan kenapa cerita dia laku.

Tapi kalo monoton?

Mungkin dia sedang hoki, kawan. Yang tabah ya, sobat. Gue disini selalu ngedukung apa yang lo lakuin. Lain cerita kalo lo ngisep ganja, gue sih ogah ngedukung. Mohon maaf aja.

Waks.

Yang ketiga, simak tanda baca dan ejaan didalam cerita dia. Apakah semuanya benar dan sesuai dengan EYD? Apakah sesuai dengan KBBI? Kalo jawabannya adalah 'tidak', silakan joget-joget sarimin karena penulisan lo lebih bener daripada dia.

Tapi kalo jawabannya adalah 'ya', dipersilakan untuk karaoke Despacito bersama Olaf.

Yang keempat sekaligus yang terakhir, kalian perhatiin cara dia berkomunikasi sama pembacanya. Dia ramah gak, sih? Apa malah dingin banget kayak cowok-cowok wattpad yang tak lain dan tak bukan adalah calon suami kita semua? Apa dia bisa bikin pembacanya nyaman?

Abis itu, bandingkan sama cara lo berkomunikasi dengan pembaca.

Intisari dari semua penjelasan yang gue jabarkan adalah, perbanyak intropeksi diri, cuy.

Flashback lagi ke letak-letak kesalahan kalian ada dimana. Jangan suka malu-malu singa gitu deh ah, masa mau sukses malah ngerasa gengsi.

Oke, kita beralih ke tipe yang ketiga. Tipe yang satu ini, disebabkan karena penulis udah sukses duluan daripada lo.

Dan pastinya, lo ngerasa ditikung banget. Tikungan tajam bor, udah kayak tikungan Bogor-Ciawi. Kalo emang gak mau ditikung, kenapa gak mempertahankan sedari awal?

Karena bukan cuma doi yang bisa ditikung orang. Jaman sekarang, teknik penikungan udah secanggih Esia Hidayah.

Kalo kalian juga mau sukses, caranya bukan mengiri. Tapi yaaa, BERUSAHA. Kalau kata quotes ala-ala generasi younglex; if you want to be a writer, write.

Kalau kalian mau jadi penulis, maka menulislah. Klise banget sih keliatannya. Tapi apa lagi coba kunci jadi penulis?

Masa lo mau jadi penulis, tapi yang lo lakuin malah ngafalin baju-baju Nobita yang nyatanya kagak pernah ganti? Berlogika dikit.

Selain itu, menulis itu juga harus dari hati. Okelah, kalo emang mau pake iming-iming biar nulisnya tambah semangat. Misalnya; "Kalo tulisan gue bagus, nanti karyanya bakal disukai banyak orang dan jadi best seller! Aamin."

Tapi saran gue, jangan terlalu terpaku sama iming-iming itu. Nanti tujuan menulis kalian jadi 90 persen beda. Tujuan kalian menulis didominasi sama keinginan biar jadi terkenal, bukan lagi karena hati dan hobi.

Kalo emang karya kalian banyak disukain, anggep aja itu sebagai bonus. Anggep aja itu jalur evakuasi biar otak kalian bisa mengungsi ke tempat yang lebih menenangkan. Gak perlu lagi tuh berakit-rakit ke Danau Toba buat nyari alur, judul, dan tokoh.

Sekarang, gue mau ngebagi kunci sukses jadi penulis:

JADI DIRI SENDIRI.
PERCAYA DIRI.
OPTIMIS.
NO COPY PASTE.
KREATIF.
NO PAKE ACARA DOWN SEGALA.

Sejujurnya, cuma tiga dari lima poin yang udah gue lakukan. Sisanya, cukup sulit ya.

Tapi berusaha itu ibarat obat. Meskipun pahit, tetep ada khasiatnya. Jangan pernah bosen buat berusaha, dan hindarilah yang namanya putus asa.

-Nathaya Teguh (Gue Cucu Virtualnya Mario Teguh)

OKE. SEKIAN YANG BISA NATHAYA SAMPAIKAN. SEMOGA BERMANFAAT BUAT KALIAN SEMUA!

JANGAN LUPA BUAT DI VOTE DAN DI COMMENT SERAMAI-RAMAINYA BIAR CERITA INI LEBIH CEPAT UPDATE🎉

SALAM GABUT!
-NATHA.

Ehm, anyway. Badan saya gendutan nih. Tapi anehnya, dompet saya malah kurusan.

Ada yang tau gak akun instagram yang isinya solusi penggemuk dompet?

Kalo ada, komen dibawah aja ya. Xixi.



(Un)Helpful Book to Read In Case You BoredWhere stories live. Discover now