08. Tipe-Tipe Vomments Dikit

3K 610 155
                                    

Pernah ngerasa kesel gara-gara vote dan comment kalian dikit? Kalo pernah, berarti kalian normal. Kalo gak pernah sama sekali, ada dua perkiraan yang menggambarkan diri kalian:

1.Kalian munafik sama hati sendiri.
2.Kalian nulis 100% karena hobi, gak menuntut vomments.

Kalo boleh jujur sih, niat gue nulis di wattpad gak sepenuhnya karena hobi. 20% karena gue mau nyari pembaca, mau banyak yang baca. Kalo gak mau banyak yang baca, nulis di memo aja. Kalo handphone lo rusak, ceritanya ilang deh. Hehe.

Kalian pasti pernah, udah capek nulis panjang-panjang, udah capek berkencan seharian dengan AC biar dapet ide yang bagus, tapi vote dan comment nya malah sedikit. Nyesek cuy.

Padahal, klik vote itu gak sesusah mencari upil. Comment itu gak serumit petualangan Nobita dan kawan-kawan di dunia purba. Vote dan comment itu gampang banget.

Tapi kalo buat gue pribadi, lebih baik gak vomment sih daripada dia cuma kepaksa. Kan rasanya seperti ditusuk pedang Mas Kulin kalo pembaca gak ikhlas memberi vomment.

Jadi daripada banyak cincong, dianjurkan untuk membaca tipe-tipe vomments berikut ini dengan mengucap doa dulu sebelum membacanya demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

1.Vomments Drama Pintu Tobat Indosiar.

Kenapa gue kasih nama begitu? Karena tipe vomments yang satu ini kebanyakan drama.

"Kak, ceritanya bagus banget😍 Keren! Dilanjut ya kak."

"Hehe, makasih!"

"Sama-sama^^ Btw, follback dong Kak."

"Oh, iya."

Gue yakin, itu yang ngomong 'oh, iya' pasti gak ikhlas banget nge-follback si tukang drama. Ibarat kalian udah nemu Raisa lagi belanja, taunya itu cuma awkaron dengan lubang idung supernya.

2.Vomments Ala-Ala Ngeden.

Kenapa namanya kayak gitu? Karena kalo lagi ngeden, berarti lo lagi berusaha buat ngeluarin kue sekuat tenaga. Tapi karena mandet-mandet, kue nya jadi susah dikeluarin.

Vomments yang kadang-kadang rame terus tiba-tiba sepi bisa diibaratkan dengan acara ngeden. Karena pada saat itu, vomments kalian lagi mandet-mandet.

Gue saranin buat nulis chapter DILARANG NGEDEN biar pembaca-pembaca yang khilaf kembali bertaubat dan gak terus-terusan jadi silent readers.

3.Vomments Takis

Kenapa namanya vomments takis? Karena sekarang, Takis udah bubar. Otomatis, studionya udah kosong dan terasa hampa tanpa alunan musik Candu.

Sama halnya kayak vomments yang ada di cerita lo. Sunyi, sepi, senyap. Kayak gak ada harapan sama sekali. Gak ada yang rela komen dan vote walaupun lo udah modif setiap bab dari cerita lo sampai sedahsyat bibir awkaron.

Kadang, pembaca yang gak ngasih apresiasi di cerita bagus diakibatkan gara-gara rating nya masih di perut ibu, belum dilahirkan. Jadi bisa dibilang, mereka dibutakan rating. Kalau cerita itu bagus tapi vote dan comment nya dikit, terus rating nya jadi anjlok, pembaca jadi gak mau baca.

Tentang pembaca yang kayak gini bakal gue tulis di bagian selanjutnya.

4.Vomments Kurang Gizi.

Maksud dari judul vomments sejenis ini adalah, vote cerita kalian lagi ceking-cekingnya. Sedangkan views nya udah sebuncit perut gorila. Otomatis vote dan views kalian jadi gak seimbang, ngeselin banget.

Biasanya vomments tipe begini bisa hadir di muka bumi karena cerita lo kurang dianggap bagus sama pembaca. Jadinya mereka cuma sudi baca. Ogah nge-vote.

5.Vomments Mimi Peri.

Gue kasih nama vomments mimi peri karena vomments sejenis ini didapatkan dari hasil feed back.

Jadi nanti di kolom komentar dia komen gini:

Hai Kak, aku udah vote semua cerita Kakak. Feed back dong? Makasih😊😊😊😊😊💖❤💕💞😉

Dan dia pun ngasih emot sebanyak-banyaknya biar kita tunduk dan mau ngelakuin apa yang dia minta.

Kalau enggak kayak gitu, pasti dia ngepromosiin ceritanya di wall orang. Kayak misalnya: 'Hai nathayakhaira! Baca ceritaku yuk, blablabla' bleh. Udah kayak promosi Ramayana. Atau promosi Matahari Store menjelang lebaran? Entahlah, gue lelah.

Terus, kenapa nama vomments nya Mimi Peri? Gak ada nama yang berkelas dikit, gitu?

Jadi, Mimi Peri itu kan cowok. Tapi dia nutupin kejantanannya pake gaun ala-ala Cinderella yang sebenernya dijahit pake daun pisang. Kayak ala-ala kamuflase gitu.

Sama halnya kayak vomments tipe ini. Dia vomments nya banyak, tapi hasil dari promosi sekaligus feed back. Kalo dia gak ngelakuin kedua hal itu, dijamin lapaknya sepi.

SEKIAN YANG BISA GUE TULIS💖📝
JANGAN LUPA VOTE DAN COMMENT BIAR KARANGAN INI LEBIH CEPAT UPDATE!
salam gabut,
nathaya

Instagram: @nathsfk @storyaries
Ask.fm: @nathayakhaira

Numpang promo discount 50% all item khusus underwear.

(Un)Helpful Book to Read In Case You BoredTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang