H - 5 (Jujur)

18.3K 1.8K 200
                                    

"Udah ngomong ke Mark?" Tanya Jaemin. Dia kasih sekaleng soda ke Haechan yang saat ini lagi duduk diem.

Sodanya diambil, tapi ga diminum. Cuma di genggam aja. Ga ada selera makan lagi rasanya.

"Chan?" Jaemin negur lagi. Pelan, dia duduk di samping Haechan.

"Ga tau, Na." Haechan jawab bingung. Mukanya bingung. Keliatan resah luar biasa. "Gue kudu gimana ini." Dia balik gigitin kuku ibu jarinya.

Haechan tadi siang balik ke rumah sakit dengan wajah kalut. Tarik Jaemin dan Renjun ke ruangan sepi, dia cerita dengan suara tersendat. Jaemin sama Renjun cuma bisa diem aja dengernya, ngasih ruang buat Haechan cerita segalanya. Renjun balik jaga ke UGD, sementara Jaemin nemenin Haechan yang masih kacau. Jaemin jadi ga tega liat Haechan kayak gini.

"Kayak yang pernah lu bilang ke gue, Chan." Jaemin kasih senyum. "Kasih tau semuanya ke Mark. Jangan bohong lagi. Jangan rahasia lagi. Kalau lu anggap Mark sepenting itu sampe lu ninggalin Ko Jhonny buat ngejar Mark. Sampe lu ga makan dari siang gini. Berarti Mark emang ambil bagian penting di hidup lu." Jaemin tepuk bahu Haechan akrab. "Mark pasti ngerti, kok. Percaya sama gue. Dia bukan tipe kayak gitu."

Haechan masih resah. Saran Jaemin masuk ke telinganya, dicerna otaknya, tapi hatinya masih setengah jalan.

"Oke. Nanti gue omongin." Haechan suara. Gelisah.

Jaemin ngangguk. "Jangan dipegang dua-duanya, Chan." Ucapnya lagi. Kasih saran. "Lebih baik nyakitin salah satu aja, kalau disakitin dua-duanya yang ada mereka pergi; ga ada yang bakal bantuin lu berdiri lagi."

Dan, omongan Jaemin yang satu itu benar-benar nusuk otak Haechan. Bikin hatinya desir nyeri. Sadar kalau dia ga bisa pegang mereka berdua di saat yang bersamaan.

Haechan harus pilih salah satu.

.

"Jisung nanyain kamu."

Jaemin sama Jeno lagi neduh di pelataran supermarket. Untung ada bangkunya. Mereka duduk di sana nunggu ujan berhenti. Tadinya saling diem. Pas Jaemin keluar dari rumah sakit, dia ga bisa nahan senyumnya pas liat Jeno udah ada di depan parkiran. Seolah tau Jaemin ga bawa mobilnya dan siap dijadiin tebengan sama si Jaemin.

"Kabar Jisung gimana? Flunya udah sembuh?" Jaemin nanya.

Ada empat bangku, dan Jaemin ga ngerti kenapa dia malah milih duduk di samping Jeno. Makin mepet. Aroma parfumnya lebih nenangin dari aroma hujan.

"Udah." Jeno kasih jawaban. "Tadi pagi sebelum berangkat kerja dia nanyain kamu. Kangen, katanya. Pingin diajak jalan-jalan lagi."

Jaemin ketawa kecil. Jeno ikutan.

"Nanti deh kapan-kapan aku mampir." Kata Jaemin. Dia usap telapak tangannya bersamaan. Dingin. "Udah lama juga ga jalan-jalan sama Jisung."

Peka. Jeno berdiri. "Aku beliin kopi ya."

Jaemin belum jawab, tapi Jeno udah masuk ke dalam supermarket. Dia beli kopi hangat siap saji. Dia sendiri kayaknya beli teh. Udah jadi rutinitas sekali. Cuma butuh lima menit, Jeno udah balik lagi duduk di sampingnya. Ngasih kopinya ke Jaemin yang diambil dengan seneng.

"Kalau," Jeno berhenti sebentar, sesap tehnya, terus lanjut. "Kalau kamu mutusin buat ga dateng, jangan lupa buat mampir ke rumahku sesekali ya."

Jaemin gigit bibir dengernya. Dia minum kopinya pelan.

"Tengok Bunda, tengok Jisung juga. Karena gimanapun, kamu pernah jadi bagian dari keluargaku." Jeno ucap santai sekali. Seolah tak ada luka. Padahal Jaemin yakin sekali Jeno butuh banyak keberanian buat ngomong sejujur ini sama Jaemin. "Bunda udah anggap kamu anaknya sendiri. Jisung udah anggap kamu kayak kakak sendiri. Keluargaku udah suka banget sama kamu. Sampe kadang mereka heran, kok kamu mau sama aku, haha."

Elegi [NOMIN]Место, где живут истории. Откройте их для себя