Widya : lanjutan 2

17.2K 693 7
                                    

Cerita tentang Nur dan Widya tentang suara gamelan di sepanjang perjalanan tadi masih awalnya saja. Ibarat sebuah kopi masih sampai di rasa yang paling manis, belum sampai di rasa yang paling pahit.

Widya memang percaya terhadap hal-hal yang ghaib, itu ada di dalam ajaran agamanya, namun baru kali ini ia merasakan langsung pengalaman itu. Meski hanya sekedar suara. Berbeda dengan Nur temannya, ia mengaku melihat yang tidak seharusnya ia lihat. Mungkin Nur lebih sensitif.

Memang sejak awal, Nur yang paling berbeda di antara yang lain. Hanya dia seorang yang mengenakan jilbab, dibandingkan dengan Ayu dan dirinya sendiri. Nur yang paling religius, karena setahu Widya sendiri, Nur jebolan pondok pesantren ternama di kota "J". Terlepas dari itu semua, pengalaman KKN ini, tidak akan pernah di lupakan oleh semua rombongan ini.

"Nur" kata Widya masih menenangkan. "Nur bisa ndak, cerita ini ojok sampe nyebar yo gok arek2, kan gak enak, nek sampe kerungu ambi warga deso, opo maneh kita disini iku tamu, insyaallah, kabeh lancar, nggih" (Nur, bisa gak cerita ini jangan sampai menyebar ke teman-teman. Kan jadi gak enak, kalau sampai warga desa dengar, apalagi kita disini itu sebagai tamu, insyaallah, semua akan baik-baik saja. ya..) Nur mengangguk, meski enggan menjawab kalimat Widya, dan malam itu, tanpa terasa di lewati begitu saja.

Keesokan harinya, rombongan sudah berkumpul. Sesuai janji pak Prabu, hari ini akan keliling desa melihat semua proker yang sudah di ajukan oleh Ayu tempo hari. Sekaligus, meminta saran untuk Proker individu yang harus di kerjakan oleh satu anak sendiri-sendiri.

"ngene iki, walaupun saya tinggal nang kene, aku yo pernah kuliah loh dek, sarjana lagi" kata pak Prabu, bahasanya medok, campur-campur antara bahasa jawa dan bahasa indonesia. Mendengar itu, Wahyu menimpali.

"iku lo, rungokno bapak'e, walaupun wong deso, gak lali kuliah"
(itu loh, dengarkan bapaknya, walaupun rumahnya di desa, tidak lupa kuliah) Wahyu melanjutkan. "bapake ambil apa dulu? perhutanan ya?"

"bukan" kata beliau santai. "pertanian" "Lah ra onok sawah nang kene, piye toh pak" (lah, disini gak ada sawah, gimana sih pak?)

"ya, memangnya sampeyan pikir hanya karena ambil pertanian harus terjun ke sawah" jawaban pak Prabu sontak membuat tawa pecah.

Widya melirik Nur, dia sudah bisa ceria lagi. Melupakan sejenak kejadian semalam. Sampailah mereka di pemberhentian pertama. Sebuah pemakaman desa.

Aneh.

Itu yang pertama kali di pikirkan Widya, atau mungkin serombongan orang. di setiap Nisan, di tutup oleh kain hitam. Pemakamanya sendiri, di kelilingi pohon beringin, dan di setiap pohon beringin, ada batu besar di sampingnya. Disana, ada lengkap, sesajen di depannya.

Nur yang tadi ikut tertawa, tiba-tiba menjadi diam. Ia menundukkan kepalanya, seolah tidak mau melihat sesuatu. Pagi itu tiba-tiba terasa gelap di dalam pikiran Widya.

"ngapunten pak, niki nopo nggih kok" (mohon maaf pak, ini kenapa ya kok)

Belum selesai Widya bicara, pak Prabu memotongnya,

"saya tau, apa yang adik mau katakan, pasti mau tanya, kok patek (nisan) nya, di tutupi pakai kain, gitu to?" Widya mengangguk.

Rombongan menatap serius pak Prabu, terkecuali Wahyu dan Anton, terdengar mereka sayup tertawa kecil.

"ini itu namanya, Sangkarso. kepercayaan orang sini. jadi biar tahu, kalau ini loh pemakaman" terang pak Prabu, yang jawabanya sama sekali tidak membuat serombongan anak puas. Sampai-sampai Wahyu dan Anton walaupun pelan sengaja menyindir. Namun pak Prabu bisa mendengarnya.

"wong pekok yo isok mbedakno kuburan karo lapangan pak" (orang bodoh juga bisa membedakan kuburan dan lapangan bola pak)

Pak Prabu yang awalnya tersenyum penuh dengan candaan, tiba-tiba diam. Raut wajahnya berubah dan tak tertebak. "semoga saja, kalian tahu yang di omongkan ya"

Kalimat pak Prabu seperti penekanan yang mengancam. Setidaknya itu yang Widya rasakan. Sontak Bima langsung merespon dengan meminta maaf, namun Wahyu dan Anton memilih diam setelah mendengar respon pak Prabu.

"mongo pak, bisa lanjut ke tempat selanjutnya"

Tempat berikutnya adalah Sinden (Kolam tempat air keluar dari tanah) pak Prabu mengatakan bahwa Sinden ini bisa di jadikan Proker paling menjanjikan. Tidak jauh darisana ada sungai. Inginnya pak Prabu, Sinden dan sungai bisa di hubungkan, jadi semacam jalan air.

Tanpa terasa, hari sudah siang. Ayu dan Widya sudah memetakan semua yang pak Prabu tunjukkan, memberinya sampel warna merah sampai biru, dari yang paling di utamakan sampai yang paling akhir di kerjakan. Namun, tetap saja. Selama perjalanan, Widya banyak menemukan keganjilan.

Keganjilan yang paling mencolok adalah, tidak satu atau dua kali, namun berkali-kali ia melihat banyak sesajen yang di letakkan di atas tempeh, lengkap dengan bunga dan makanan yang di letakkan disana. Di tambah bau kemenyan, membuat Widya tidak tenang.

Setiap kali mau bertanya, hati kecilnya selalu mengatakan bahwa itu bukan hal yang bagus. Nur, setelah dari Sinden ia ijin kembali ke rumah, karena badannya tidak enak, dengan sukarela Bima yang mengantarkanya. Jadi, observasi hanya di lakukan oleh 4 orang saja.

Kemudian, sampailah di titik paling menakutkan "Tapak Tilas" kalau kata pak Prabu. Sebuah batas dimana rombongan anak-anak dilarang keras melintasi sebuah setapak jalan yang di buat serampangan di kiri kanan, ada kain merah lengkap di ikat oleh janur kuning layaknya pernikahan.

"kenapa tidak boleh pak?" Tanya Ayu penasaran.

Pak Prabu diam lama, seperti sudah mempersiapkan jawaban namun ia enggan mengatakanya.

"iku ngunu Alas D****** , gak onok opo-opo'ne, wedine, nek sampeyan niki nekat, kalau hilang, lalu tersesat bagaimana?"
(itu adalah hutan belantara, gak ada apa-apanya, hanya mempertimbangkan, takutnya kalau kalian kesana, hilang, tersesat, lalu bagaimana?)

Sekali lagi, jawaban itu cukup membuat Widya yakin itu bukan yang sebenarnya. Namun, perasaan merinding melihat jalanan setapak itu, nyata.

Lanjut gak?? jadi cuma ngasih tau. Cerita ini sangat panjang, karena gw harus menulis sedetail mungkin setiap kejadian selama 6 minggu itu. Gw gak mau kehilangan setiap detail pengalaman si pencerita. Btw, waktu denger ini, gw itu lemes tiap ingat waktu di ceritain lebaran lalu

Lanjut >>>
.
.
.
.
Sumber cerita :
http://twitt.com/@simpleman

KKN Desa PenariWaar verhalen tot leven komen. Ontdek het nu