Dimana Sih Lokasi Desa Penari Itu?

8K 272 12
                                    

Aku mulai penasaran sebenernya dimana sih lokasi desa penari itu?

Aku mulai mencari tahu dari berbagai clue yang @simpleman tulis di ceritanya. Biarpun beliau mengatakan itu hanya gambarannya aja, dan lokasi tersebut di samarkan, tetapi netizen mulai bertanya-tanya dan menebak dimana lokasi desa penari tersebut. Dari semua tebakan itu, menurut @simpleman ada tebakan netizen yang benar soal lokasi desa penari tersebut, tetapi beliau tidak memperjelas / tidak memberi tahu dan tidak membenarkan dimana lokasi desa penari tersebut berada. Karena amanah yang beliau jaga untuk menyamarkan lokasi tersebut. Beliau hanya mengklarifikasi bahwa benar ini kisah nyata dengan detail yang beliau rangkum tidak beliau lewatkan. Hanya beberapa anak yang ikut dalam KKN desa penari itu di singkat menjadi 6 orang, yang notabene kisah aslinya terdapat lebih dari 6 orang.

Menelusuri dari berbagai clue tersebut kita mulai dari Hutan D yang berada di Jawa Timur.

Tiga hutan yang berada di Jawa Timur ini disebut-sebut merupakan lokasi paling identik setting cerita KKN di Desa Penari yang tengah viral di Media Sosial.

Tiga hutan yang terletak di Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso daerah paling timur Pulau Jawa ini memang terkenal seram dan tangker.

Dimanakah lokasi hutan yang identik dengan cerita KKN di Desa Penari itu?

Kota S diyakini oleh netizen yakni adalah Surabaya, ini berdasarkan perbincangan antara yang sempat menyebutkan satu diantara kosakata yang terkenal di Jawa Timur, "cuk. sepedaan tah" kata Wahyu.

Kata cuk sendiri memang lazim digunakan oleh orang-orang di Surabaya.

Sementara untuk lokasi kabupaten tempat KKN banyak yang berdebat antara Bondowoso ataukah Banyuwangi, kenapa Bondowoso atau Banyuwangi? ini berdasarkan percakapan antara Widya dan Ayu.

"nang kota B, gok deso kabupaten K***li** , akeh proker, tak jamin, nggone cocok gawe KKN"
(di kota B, disebuah desa di kabupaten K*******, banyak proker untuk di kerjakan, tempatnya cocok untuk KKN kita).

Penulis juga menyebutkan desa tempat KKN tersebut dengan inisial W, "sampailah mereka di Desa W****, tempat mereka akan mengabdikan diri selama 6 minggu ke depan"

Lokasi tempat KKN tersebut menurut penulis juga letaknya tak jauh dari sebuah hutan atau alas berinisial D.

"Mobil berhenti di jalur masuk hutan D, menempuh perjalanan 4 sampai 5 jam dari kota S"

Hutan D banyak yang menduga itu merupakan hutan Dadapan yang letaknya berada di Kabupaten Bondowoso.

Viralnya cerita KKN di Desa Penari membuat Netizen bersepkulasi dimana lokasi-lokasi tersebut.

Kunci pertama adalah, harus disepakati bahwa "kisah nyata" tersebut terjadi di Jawa Timur yang dikuatkan dengan penggunaan kata "REK' atau "AREK" sejak cerita dimulai. No debate for this.

Kunci kedua adalah, para mahasiswa KKN itu adalah dari kampus di kota S yang sudah bisa dipastikan adalah Kota Surabaya. Salah satu petunjuk adalah cuplikan kisah versi Widya (bagian 1) sebagai berikut:

"cuk. sepedaan tah" kata Wahyu, spontan. Saat itu ada yang aneh entah disengaja atau tidak, ucapan yang di anggap biasa di kota S, di tanggapi lain oleh lelaki-lelaki itu, wajahnya tampak tidak suka, dan sinis tajam melihat wahyu.

Sudah pada tau kan kalo yang biasa bilang "cak-cuk-cak-cuk" semacam itu adalah para Bonek. Ya memang sih, Arema juga suka gitu. Tapi kan kota mereka berawalan huruf M, bukan S.

Kunci keempat adalah KKN dilaksanakan di kota B dan ada 2 kota yang namanya berawalan huruf B di atas yaitu Bondowoso dan Banyuwangi. Dari sini nama Bondowoso harus dicoret karena nggak cocok dari keseluruhan cerita di bagian 1 maupun bagian 2.

KKN Desa PenariWhere stories live. Discover now