102. Mengatasi Overthingking

4.5K 600 39
                                    

Catatan: Di mulmed ada videonya, sumbernya sama.
Atau kalo pengen catet poin-poinnya, bisa baca juga sekalian.

🌝🌝🌝

Mengatasi overthinking bisa jadi salah satu hal yang sulit lo lakukan.

Biasanya dari pengalaman gue pas overthinking, sih jadi susah buat tidur. Lalu hal yang gue lakuin buat mengatasi overthinking tersebut cuma main hape, taruh hape, dan main hape lagi. Mungkin ada di antara kalian yang melakukan hal yang sama.

Dari pengalaman gue, overthinking bisa jadi kebiasaan yang buruk buat diri lo sob kalau terus dibiarkan. Kenapa? Karena hal tersebut bikin jam tidur gue berkurang. Alhasil, gue jadi gak fresh dalam menjalani sehari-hari dan berdampak dengan menurunnya produktivitas gue.  

🌸Jadi, sebenernya apa sih Overthingking itu?

Sebenernya gak ada definisi yang pasti tentang hal ini. Sederhananya, overthinking merupakan sebuah kebiasaan dimana seseorang mikirin sesuatu terus menerus seolah gak ada ujungnya. Padahal, lo sendiri gak milih buat ngelakuin hal tersebut.

Orang yang overthinking biasanya mikirin sesuatu yang telah terjadi dan akan terjadi. Hal tersebut mungkin dikarenakan adanya perasaan sakit hati, bersalah, malu, marah, sampai cemas sama hal di masa lalu ataupun hal yang akan datang. 

Tapi sebenarnya overthinking bukan merupakan suatu disorder atau gangguan lho. Overthinking merupakan suatu perilaku dimana lo ngelakuin hal itu berulang kali. Pada akhirnya berubah menjadi suatu kebiasaan yang terekam di alam bawah sadar lo. Tentu hal ini bisa jadi kebiasaan yang buruk, makanya lo harus bisa mengatasi overthinking tersebut.

🌸Tanda-Tanda lo Overthingking.

1. lo merasa cemas secara berlebihan

2. lo terlalu sering mikirin perkataan orang lain. 

Dalam kehidupan sehari-hari, bagian ini susah banget buat dihindari sih ya. Kayak lo pasti ketemu orang banyak tiap harinya. Dan ada beberapa dari mereka yang ngomentarin diri lo di hari itu. Selama komentarnya buat ngebantu diri lo lebih baik sih gapapa. Tapi gimana kalo komentarnya berbau negatif? 
Nah, kalo lo merasa terus mikirin perkataan mereka, tandanya ada perasaan insecure dalam diri lo. Kemungkinan lo punya kebiasaan overthinking kalo begini.

3. Lo takut buat mulai sesuatu hal. 

Lo takut buat melakukan kesalahan. Entah karena takut jadi bahan omongan orang lain, sampai takut diri lo gagal. Padahal lo sendiri belum tahu gagal atau enggaknya

🌸Bahaya Overthingking.

Lo mungkin sering dengar quotes tentang overthinking di media sosial. Seperti “overthinking kills your happiness”
Tapi lo sendiri mungkin masih belum paham apa sebenarnya bahaya dari kebiasaan satu ini. Jadi, apa sih bahayanya?

1. Overthinking meningkatkan peluang lo punya gangguan mental. Terdapat sebuah studi di 2013 yang diterbitkan oleh Journal of Abnormal Psychology yang mengatakan bahwa terlalu memikirkan kesalahan masa lalu bisa meningkatkan risiko gangguan mental. 

2. Overthinking membuat lo kesulitan dalam menyelesaikan masalah. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang overthinking merasa bahwa mereka sedang mencoba memahami dan memecahkan masalah mereka (Papageorgiou & Wells, 2001, 2003). Sayangnya, overthinking tersebut kelihatannya malah mengganggu penyelesaian masalah mereka lho. 

Trik Psikologi Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang