104. Membaca Pikiran?

5K 689 74
                                    

Ini bukan trik yang kita sampai bisa dengar kata hati seseorang, ya. Ini semacam cara untuk mengetahui kira-kira apa yang seseorang rasakan.

Ku bongkar disini, jangan kasih tau syapa-syapa ini rahasya🤫

RANDOM

1. Nada bicara dan tempo bicara.  

🍈  Tempo bicara yang cepat menandakan orang tersebut sedang insecure.

((((((Aku pernah dibilangi temenku pas kita lagi ngobrol, "Kamu cepet banget, sih ngomongnya." Aku langsung mak jeduarrr "Hah, iya kah?"
Kalo aja aku gak dikasih tau temenku waktu itu, aku nggak pernah tau kalau cara ngomongku gitu 🤣 Dan sejak saat itu aku mencoba melatih diri ngomong dengan santuy🤧
Sekarangpun aku tahu, kalo itu karena emang aku orangnya pemalu, sih.)))))

🍈  Nada bicara yang mengeras artinya mereka sedang menantang/ defensif.

2. Fokus perhatian. 

🥗 Biasanya kalau orang itu mengalami distraction. Seperti teralihkan pandangan orang itu sedang memikirkan satu hal.

3. Repair word.   Mrs_Salmon

🥬  Pernah gak teman kalian ketika ditanya A jawabannya B terus diganti C. Yap, sudah pasti mereka berbohong kepada anda.

4. Mengulang kata.

🍞 Orang itu sedang dalam masalah seharusnya kita menjadi pendengar yang baik.

5. Status di medsos.

🍣  Hal ini paling mudah, kumpulkan data dan scrolling. Kamu akan mudah membaca pikiran orang tersebut dari segi psikis.

6. Dari mimik muka.

🌮   Emang kadang ada yang bilang orang yang tersenyum bukan berarti tidak menangis, dan tertawa bukan berarti bahagia. Tapi sebagian besar anak-anak dan remaja masih gampang dibaca dari mimik mukanya. Senang ya sumringah, sedih ya mewek. Sampai kira-kira pertengahan SMA apalagi masuk dunia kerja, baru deh banyak orang pintar menutupi perasaanya. Mungkin itu juga bagian dari menjadi dewasa sih.

"Semakin kamu dewasa, semakin kamu dituntut untuk selalu terlihat baik-baik saja. Meski faktanya sebaliknya."

(((Eaa, malah bikin quotes)))

7. Dari tarikan nafas.

🍠 Ini enggak terlalu akurat, tapi mungkin bisa dijadikan pedoman beberapa kasus. Kalau nafasnya lebih cepat dan terburu-buru (padahal tidak habis lari, olah raga, atau asma) biasanya kata-katanya bohong, makanya dia mau cepat-cepat menyelesaikan kata-katanya, atau tidak tertarik mengikuti pembicaraan sampai habis, jadi dia menjawab seadanya. Kalau tarikan napasnya normal, berarti dia ada dalam suasana nyaman, enak untuk diajak ngobrol dan diskusi. Kalau lebih pelan, itu tandanya ngantuk

8. Dari gerakan reflek berulang.

Misalnya seperti hentakan kaki, jari tangan mengetuk-ngetuk meja tanpa sadar. Biasanya orang itu juga lagi bosan dan ingin cepat membuang waktu. Contoh lain : bertopang dagu, memutar-mutar pensil.

9. Main hape waktu kumpul.

Bukan bahasa tubuh sih, tapi sebenarnya kalau kita lagi bertemu teman dan ada yang main hape, bukan berarti dia memang lebih suka main hape. Sebagian besar karena bingung mau ngomong apa, atau karena kebiasaan 3 menit cek hape. Jadi kalau bisa, setiap ada teman anda yang lagi mau pegang hape saat waktu acara kumpul, ajak saja bicara, itu tanda dia sedang on untuk ngobrol offline. (kecuali telepon penting dari kantor atau keluarga loh ya).

👀MATA.

👁👁 Jika terus-terusan berkedip cepat menandakan stres/tekanan/ketidaknyamanan. Tapi jika orang itu jarang berkedip (lama sekali berkedipnya) berarti dia sedang berusaha mengontrol/meredam emosinya (poker face).

👁👁 Menatap mata lawan bicara dalam-dalam menandakan mereka tertarik dan memperhatikan secara serius.

👁👁Sering membuang pandangan dari lawan bicara berarti terganggu fokusnya, bosan, tidak nyaman, atau menyembunyikan perasaan yang sebenarnya.

👄Bibir

💄Menggigit bibir bawah berarti mereka sedang cemas, stres, tidak nyaman. Tapi jika lawan bicaranya adalah orang yang menarik, berarti hatinya sedang gelisah karena melawan emosi rasa suka/nafsu terhadap lawan bicaranya itu. (ini tidak sadar)

💄Mengecilkan bentuk bibir (mirip manyun) berarti indikasi kebencian/jijik, ketidaksetujuan, ketidakpercayaan.

💄Menutup mulut (selain karena ngantuk/bersin dll) berarti mereka menyembunyikan sesuatu/emosi yang sebenarnya (entah menyembunyikan senyum miris/senyum 'jahat' dll).

💄Bibir mengarah ke atas (melengkung U) dan mungkin jari ke dagu = sedang berpikir keras atau sedang membuat keputusan (penting).

Bonus : Apa artinya saat orang melakukan duck face?

Universal: neurotic (cenderung tukang gelisah dan moody)

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Universal: neurotic (cenderung tukang gelisah dan moody).

Perempuan: Flirty (menggoda), senang menyenangkan orang lain/periang, dan mungkin seorang ekstrovert.

Laki-laki: kecenderungan narsis dan ekstrimnya seorang psikopat.

Studi Sainsnya kalau tidak percaya  :

https://www.psychologytoday.com/us/blog/mind-change/201510/me-myselfie-and-i
And
https://www.businessinsider.com/what-duck-face-reveals-about-your-personality-2016-7

👐Tangan.

🖕Melipat tangan di dada berarti sedang bersikap defensif atau tertutup. Jika gebetanmu sering melipat tangannya saat berbicara di depanmu, itu tanda yang negatif (dia tidak percaya kamu, gelisah, dan mungkin ingin segera menjauh darimu).

🖕Berkacak pinggang = terbuka terhadap lawan bica, tapi suka kontrol dan siap mendominasi. Ini tanda orang agresif juga (soal komunikasi dalam konteks ini)

🖕Menyembunyikan tangan di belakang = mungkin bosan, cemas, tidak percaya, bahkan mungkin sedang marah.

🖕Fidgeting (mengetuk-ngetukkan jari atau bermain-main jari) = sedang bosan, tidak sabar, atau frustrasi.

Mau magrib malah ngantuk ...

17 : 17 WIB

Bareng kucing tidur.
Sen, 23 November 2020

Trik Psikologi Where stories live. Discover now